close

70 Persen Alami Kecelakaan, Pahami 7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor agar Selamat di Perjalanan

mudik-dengan-sepeda-motor-1
Shutterstock

Travel Blog ReservasiMudik dengan Sepeda Motor memang murah dan terbilang anti macet untuk jalur darat. Namun, sebelum memilih mudik dengan sepeda motor pahami dulu risiko yang akan dihadapi.

Pasalnya angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran 2016 menurut data Kemenhub mencapai angka 2.979 kecelakaan. Dari angka tersebut hampir 70 persen melibatkan pengguna sepeda motor. Untuk hindari kecelakaan di jalan raya, berikut 7 tips mudik dengan sepeda motor seperti dihimpun Reservasi dari berbagai sumber (15/6/2017).

Baca 12 Tips Mudik Naik Pesawat Anti “Jet Lag” Agar Nyaman di Perjalanan

1. Motor hanya untuk 2 penumpang

shutterstock

Jangan pernah paksakan diri untuk pulang kampung dengan keluarga menggunakan sepeda motor. Terlebih jika pulang kampung dengan balita. Cuaca panas, hujan dan kondisi lalu lintas mudik berbeda dengan lalu-lintas saat sehari-hari.

Utamakan keselamatan keluarga. Lebih baik gunakan moda transportasi lain atau mengikuti program mudik gratis. Pemerintah dan swasta sudah menyediakan beberapa pilihan transportasi mudik seperti pesawat, kereta api, bus, hingga kapal laut untuk mengangkut pemudik dari ibu kota ke daerah.

2. Siapkan kondisi motor dengan baik

Kondisi motor yang prima sangat menunjang selama perjalanan mudik. Pemeriksaan motor bukan sebatas penggantian oli mesin saja. Kondisi ban, lampu atau kelistrikan juga kelengkapan standar sepeda motor sudah sepenuhnya dipenuhi demi keselamatan di jalan.

Jangan sungkan untuk memberitahukan mekanik di bengkel bahwa kamu akan menggunakan sepeda motornya untuk mudik sehingga mekanik bisa memberikan perhatian lebih untuk menyiapkan sepeda motor kamu.

Agar tidak repot dengan gonta ganti ban, baiknya menggunakan ban tubeless sehingga lebih mudah saat ban bocor di jalan. Kamu juga bisa menggunakan cairan anti bocor sehingga tidak menyita waktu untuk menambal saat dalam perjalanan.

Baca Gerbang Tol Salatiga, Jalur Mudik Terbaru seperti di Luar Negeri

3. Bawa perlengkapan motor standar

Lengkapi perlengkapan motor standar seperti kaca spion, lampu-lampu dan utamanya pajak motor harus hidup. Pastikan membawa beberapa busi cadangan dan peralatan secukupnya seperti obeng kunci-kunci agar tidak kesulitan saat membutuhkan di perjalanan.

4. Bawa perlengkapan pelindung diri

shutterstock

Salah satu hal yang harus diingat, saat kecelakaan pengendara akan langsung merasakan body contact dengan tubuh entah itu tabrakan atau jatuh. Jadi, alat safety standar seperti helm, sepatu, jaket dan sarung tangan sudah wajib digunakan selama perjalanan mudik dengan sepeda motor.

Standar keselamatan pun harus diberikan setara bagi penumpangnya. Baiknya menggunakan helm full face dibandingkan dengan helm half face yang kurang melindungi kepala dan wajah secara keseluruhan.

Kotak obat P3K juga harus dibawa. Bisa ditempatkan di bagasi motor atau di dalam tas ransel. Jangan membawa barang berlebihan. Pastikan duduk nyaman dan tidak terhalang dengan tas yang disangkutkan di stang kemudi.

klik halaman selanjutnya…

Tags : LebaranMudik

Leave a Response