Inilah Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Tertarik?

Inilah Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Tertarik?

Travel Inspirations129
Inilah Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Tertarik? shutterstock

Travel Blog Reservasi – Entah mengapa, momen Ramadan selalu menjadi momen paling membahagiakan bagi umat Muslim, tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Mungkin karena momen ini bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga, yang tadinya renggang bisa semakin dekat dan yang tadinya dekat jadi tambah dekat. Momen pendekatnya apalagi kalau bukan momen buka puasa.

Baca Absen Dulu Nih, Menu Favorit Buka Puasa Orang Indonesia

Ngomong-ngomong tentang buka puasa, menu apa yang paling kalian sukai? Kolak, sup buah, seafood, gorengan ditambah air kelapa muda atau ada menu lain? Kalau kalian bosan dengan menu buka puasa yang gitu-gitu saja, bagaimana kalau kalian cobain salah satu menu buka puasa paling unik di dunia? Pasti pada penasaran kan seperti apa bentuk makanannya? Langsung Reservasi.com bahas ya.

1. Fesenjan – Iran

Menu buka puasa paling unik pertama adalah Fesenjen. Menu ini bisa kalian temukan di negara Iran dan sekitarnya. Daging ayam atau bebek yang sudah empuk nantinya akan dicampurkan bersama sirup dan kenari. Sajikan menu ini dengan nasi yang masih hangat. Yum, enak!

2. Malpuas – India

Malpuas lebih ke menu makanan ringan yang bisa kalian temukan di India, Bangladesh, dan Pakistan. Menu ini disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap menu utama yaitu nasi biryani.

Tambahkan tepung, susu, dan air pada pisang atau kelapa yang sudah dihancurkan. Kalau tidak suka pisang atau kelapa, kalian bisa ganti dengan nanas atau mangga ya.

3. Harira – Maroko

Sudah pernah cobain daging kambing belum? Pastinya sudah ya! Tapi daging kambing yang dicampurkan ke makanan khas Maroko ini wajib kalian coba! Daging kambingnya bukan dibakar atau dipanggang, tapi direbus dan dijadikan sup, lalu dicampur dengan rempah-rempah untuk menambah cita rasa makanan.

Harira menjadi menu buka puasa primadona penduduk asli di Maroko karena cita rasanya sangat lezat dan gurih. Apalagi karena racikan bumbunya berasal dari rempah-rempah pilihan.

4. Ful Medames – Iran

Sejak Firaun berkuasa di Mesir, menu Medames ini sudah ada, lho! Medames adalah menu buka puasa paling unik yang diwariskan dari dulu sampai sekarang.

menu buka puasa paling unik
shutterstock

Menu ini terbuat dari bahan-bahan alami yang pastinya mudah didapatkan yaitu bawang putih, kacang-kacangan, bawang merah, dan minyak sayur. Sebelum dimasak, kacang-kacangan harus direbus dulu sampai mendidih baru dicampurkan dengan bahan lain. Penasaran sama rasanya? Silahkan dicoba!

5. Lahm Lhalou – Arab

Kepingin menu buka puasa yang manis tapi berbeda dari biasanya? Kalian bisa cobain Lahm Lhalou, salah satu menu buka puasa paling unik yang menggunakan daging domba sebagai bahan utamanya.

Menu ini salt-free atau sama sekali tidak pakai garam, jadi cocok buat kamu yang kurang suka makanan yang asin. Sebagai pelengkap, daging domba yang sudah masak akan disirami dengan potongan jahe, kismis, jeruk, dan kacang almond.

6. Pakora – India

Kalian pada tahu jamur crispy kan? Nah, Pakora ini mirip banget sama jamur crispy di Indonesia. Tapi bahan utama untuk meracik Pakora bukan jamur lho, tapi sayur-mayur dan rempah-rempah yang diselimuti dengan adonan tepung terigu, habis itu digoreng deh!

Pakora biasanya disajikan bersama saus, mayonaise, atau kecap untuk menambah cita rasanya. Meskipun Pakora sudah populer di kalangan masyarakat, tapi menu ini sangat sulit ditemukan bahkan di negara asalnya sendiri yaitu India.

menu buka puasa paling unik
shutterstock

7. Kolak – Indonesia

Walaupun kolak tidak setenar menu buka puasa paling unik di atas, setidaknya kolak menjadi salah satu menu andalan masyarakat Indonesia saat waktu berbuka tiba. Menu ini diisi potongan ubi, pisang, dan gula aren yang dicampurkan menjadi satu dalam satu panci. Ketika airnya sudah mendidih, angkat kolak dan sajikan di mangkuk. Santap selagi masih hangat bersama keluarga tercinta.

Aneka menu buka puasa paling unik di atas bisa kalian jadikan referensi kalau suatu saat kalian bingung mau menyajikan menu apa saat buka puasa tiba. Untuk tutorial cara memasaknya, kalian bisa cari sendiri di Google atau Youtube. Selamat berkreasi!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *