7 Langkah Jitu Menjaga Semangat Puasa Tetap Membara

7 Langkah Jitu Menjaga Semangat Puasa Tetap Membara

Travel Tips126
7 Langkah Jitu Menjaga Semangat Puasa Tetap Membara Shutterstock

Travel Blog Reservasi –  Bulan Ramadan sudah memasuki hari keberapa nih? Apakah puasamu masih lancar tanpa kendala? Rasa malas memang nggak bisa dihindari dari menjalani rutinitas, termasuk berpuasa selama sebulan penuh ini. Godaan terus datang silih berganti, dari foto makanan di Instagram, ajakan bergosip, sampai mood yang naik-turun.

Apa yang kamu lakukan ketika semangat puasa mulai luntur? Nggak usah bingung, delapan langkah mudah di bawah ini bisa kamu terapkan agar semangat puasa terjaga tetap membara.

Baca Traveling Saat Puasa? Wajib Terapkan 6 Trik Ini

Ciptakan suasana sahur yang nyaman

Bisa dibilang, penentu semangat puasa seharian adalah saat sahur. Apa yang kita konsumsi dan bagaimana suasana yang tercipta. Fungsi sahur seperti sarapan di hari-hari biasa, momen kita memulai hari untuk beraktivitas.

Makanya penting banget nih menyiapkan suasana sahur yang nyaman dan menyenangkan. Pastikan asupan gizi lengkap, makan bersama anggota keluarga yang lain, atau menonton acara sahur di televisi yang bernuansa komedi. Buat perantau jangan khawatir, awali santap sahur dengan menelepon keluarga di rumah biar nggak terasa sepi.

Perhatikan asupan air putih

Jumlah konsumsi air putih yang dianjurkan adalah delapan gelas per hari. Meski berpuasa, kamu tetap wajib menerapkan anjuran ini. Atur pembagian minum dari berbuka hingga sahur, misalnya seperti ini: 1 gelas saat berbuka + 2 gelas saat makan malam + 1 gelas sebelum tidur + 1 gelas saat bangun tidur + 2 gelas saat santap sahur.

Jangan menabung utang tidur

Sering mengantuk di siang hari saat puasa? Bisa jadi menabung utang tidur adalah penyebabnya. Metabolisme tubuh kita berubah saat puasa, pencernaan justru lebih aktif di malam hari. Hasilnya, sel-sel lebih sibuk bekerja dan menghilangkan rasa kantuk. Barulah setelah sahur terasa mengantuk, terlebih di siang hari.

Untuk mengantisipasi hal ini, usahakan untuk tetap menjaga pola tidur. Berhenti makan pada pukul 8 atau setelah tarawih. Imbangi juga dengan membatasi penggunaan gadget agar tubuh bisa rileks beristirahat. Semakin lama begadang, makin banyak juga utang tidur yang ingin kamu penuhi di siang hari.

Hindari tidur setelah sahur

Kembali tidur selepas makan sahur juga bisa memcu rasa malas. Lebih baik menyibukkan diri dengan membaca, jalan-jalan di sekitar rumah, atau kegiatan apapun yang membuat tubuh bergerak. Baru nanti di siang hari ambil jeda waktu 30-60 menit untuk tidur siang. Cara ini lebih baik untuk menjaga staminamu.

Atur ritme kegiatan di siang hari

Saat berpuasa, kita harus lebih pintar mengatur ritme kegiatan. Jangan fokuskan pekerjaan berat di siang hari, usahakan merata sehingga tenaga dan mood nggak terforsir. Apalagi buat para pekerja kantoran nih, berpuasa justru membuatmu lebih bijak mengatur waktu dan efisiensi kerja.

Ajak teman berbuka dan ibadah bersama

Melakukan sesuatu sendirian kadang membuat kita merasa sepi dan kurang bersemangat. Sama seperti puasa, makanya kadang kita perlu mengiakan tawaran buka bersama. Setelah itu bisa dilanjut dengan shalat tarawih dan tadarusan bersama teman-teman. Pasti rasanya lebih semangat kan?

Konsumsi makanan manis saat berbuka puasa

Sering dianggap sepele nih, anjuran berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis itu ada gunanya lho! Proses pembakaran gula dalam tubuh berlangsung paling cepat dibanding nutrisi lain seperti protein dan lemak.

Ketika berbuka puasa, tubuh kita dalam keadaan lemas dan butuh cadangan energi cepat untuk mengembalikan stamina yang hilang. Maka dari itu dianjurkan mengonsumsi makanan manis. Selalu sediakan kurma atau coklat saat buka puasa, agar mood dan tenagamu segera membaik.

Yuk, praktekin biar puasa nggak kendor sampai Lebaran nanti! Jangan lupa cari tiketnya di Reservasi.com.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *