close

Menikmati Pagi Hari di Pantai Drini

panti-drini-gunungkidul-yogyakarta

Travel Blog Reservasi – Ada banyak pantai di Selatan Yogyakarta, terutama di Kabupaten Gunungkidul. Meski banyak yang terkenal seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Krakal atau Pantai Baron, namun masih ada satu pantai lagi yang perlu teman – teman traveler ketahui. Apakah teman – teman traveler sudah tahu dengan Pantai Drini? Katanya sih di sini sunrisenya cantik dan fasilitas disekitarnya cukup lengkap. Makanya biasanya, Pantai Drini ini adalah salah satu tempat favorit berlibur di Yogyakarta.

Pun biasanya sunrise itu biasanya lebih terkenal dengan suasana segar dan identik dengan daerah pegunungan. Namun di pantai ini, Pantai Drini, Di Yogyakarta, teman – teman traveler dapat menikmati sunrise yang mempesona. Lebih menyenangkannya lagi, di Pantai Drini sudah terdapat gardu pandang yang memang disediakan buat pengunjung.

Pantai Indah di Gunungkidul

pantai drini
Pantai Drini Saat Surut

Pantai Drini, yang berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memang begitu menarik perhatian siapapun (Peta Lokasi Pantai Drini Di Google Maps). Sejuk semilir udara pantai yang segar nan nyaman, juga pemandangannya yang istimewa membuat siapapun terlena. Pasir putih bersih Pantai Drini juga menjadikan pantai ini serasa seperti pantai pribadi. Pun sebenarnya tidak terlalu sepi karena sudah populer sih.

Untuk yang pertama kali berkunjung ke pantai ini pasti agak susah menemukan lokasi tepatnya. Karena lokasinya memang tidak terlihat langsung dari sisi jalanan. Karena itu banyak wisatawan yang melewatkan kunjungan ke pantai Drini. Padahal kalau dilihat lebih detail lagi, lokasinya berada di antara Pantai Kukup dan Pantai Krakal loh.

Dari jalanan utama, teman – teman traveler harus masuk lagi sekitar 400 meter untuk menuju Pantai Drini. Untuk ukuran pantai yang menyenangkan, tarif berlibur ke Pantai Drini pun tidak terlalu mahal kok. Teman – teman traveler cukup membayar uang parkir dan sewa gazebo dengan harga IDR 10.000 jika mau. Gazebo yang disewakan tadi berada di dekat bibir pantai ini.

Sudah Tersedia Fasilitas Wisata

pantai drini
Gazebo sekitar Pantai Drini

Selain itu, di Pantai Drini juga terdapat beberapa warung makan yang enak loh. Beberapa diantaranya banyak yang menyediakan aneka hidangan seafood segar. Tentunya berlibur di Pantai Drini sambil menikmati seafod bisa begitu menggugah selera dong. Menyenangkannya lagi, harga makanan tidak terlalu mahal dan bisa menyesuaikan dengan selera dan kantong teman – teman traveler.

Harga seafood yang cukup terjangkau di Pantai Drini ternyata karena di dekat sini terdapat TPA. Karena itu teman – teman traveler bisa juga membeli langsung di tempat pelelangan ikan, buat yang ingin mengolah seafood sendiri atau untuk dibawa pulang. Selain itu disini juga ada olahan ikan asin yang khas, dan tidak bisa ditemukan di tempat lain karena hanya diproduksi di Pantai Drini.

Selain seafoodnya, yang membuat Pantai Drini istimewa adalah pulau kecil yang ada di dekat pantai ini. Secara unik pulau kecil yang juga dikenal dengan Pulau Drini ini membagi pantai menjadi dua bagian. Akibat pembagian ini juga arus di kedua sisi begitu berbeda. Salah satu sisi pantai begitu tenang dan lembut, sementara pada sisi lainnya berarus laut keras dan garang. Sehingga cukup berbahaya jika digunakan untuk berenang. harus berhati – hati ya kalau berenang di Pantai Drini.

Pulau Drini pun juga bisa dinaiki oleh pengunjung. Caranya, untuk naik ke atas Pulau Drini, teman – teman traveler hanya harus merogoh uang sebesar IDR 1.000 kalau sedang ada yang menjaga. Tetapi seringnya jika tidak ada yang menjaga pulau, teman – teman traveler bebas naik turun ke pulau ini. Namun ketika air laut sedang pasag, akses ke Pulau Drini akan tertutup air laut. Sehingga tidak sepanjang waktu pulau bisa diakses, harus jeli dan berhati – hati aja setiap waktu. Agar teman – teman traveler bisa naik turun dengan selamat.

Air di Pantai Drini cenderung dangkal pada sisi pantai dan tenang, juga ombaknya tidak terlalu besar karena terpecah oleh karang Pulau Drini. karena itu teman – teman traveler bisa bermain air laut dengan aman dan nyaman di tempat ini. Meski harus tetap berhati – hati karena cuaca biasanya tidak bisa diprediksi.

Sebagai salah satu destinasi favorit di Yogyakarta, di Pantai Drini sudah terdapat beberapa penginapan. Jadi jika teman – teman traveler ingin menginap di sini, kalian tidak perlu jauh-jauh mencari penginapan di Yogyakarta. Dan kalau menginap di dekat sini, ketika pagi menjelang dan cuaca sedang cerah coba naiklah ke Pulau Drini. Kalau beruntung, dari pulau itu teman – teman traveler akan bisa melihat sunrise yang cantik Pantai Drini, yang tidak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Ngrenehan yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Tags : Gunung KidulPantaiYogyakarta

1 Comment

Leave a Response