Mengintip Bidadari Kayangan di Danau Biru Sanghyang Heuleut Bandung - Reservasi Travel Blog

Mengintip Bidadari Kayangan di Danau Biru Sanghyang Heuleut Bandung

Travel Destinations94
Mengintip Bidadari Kayangan di Danau Biru Sanghyang Heuleut Bandung

Travel Blog Reservasi – Bandung memang jadi destinasi wisata akhir pekan favorit, khususnya bagi warga Jakarta.

Jika ke Bandung, mungkin kamu bisa coba melipir ke Bandung Barat. Bandung Barat tak hanya punya Kawah Putih Ciwidey, Curug Bugbrug Cisarua, atau Stone Garden, namun kini ada Danau Biru Sanghyang Heuleut.

Tempat bidadari turun dari kayangan

Konon kabarnya, jika diartikan per-kata, arti nama Sanghyang punya arti “tempat yang suci”, sedangkan “Heuleut” artinya “selang waktu antara dua kata”.

Warga sekitar percaya jika tempat ini dahulunya sering dikunjungi oleh para bidadari jika ingin mandi. Para bidadari tersebut dipercaya turun dari Kayangan dengan menggunakan pelangi yang sangat indah yang ada di tempat ini.

Tak hanya dipercaya sebagai tempat para bidadari, namun Danau Biru Sanghyang Heuleut juga dipercaya sebagai tempat Dayang Sumbi, Ibu Sangkuriang mengambil air untuk minum, mandi dan mencuci pakaian.

A photo posted by Budi Ryan (@budi_ryan) on

Bagaimana cara untuk ke Danau Biru Sanghyang Heuleut Bandung?

Untuk sampai ke Danau Biru Sanghyang Heuleut Bandung memang tak mudah, karena kamu harus hiking sekitar 1,5 – 2 jam dari tempat parkir yang lokasinya dekat dengan PLTA Saguling.

Lokasi danau yang diyakini sebagai danau purba karena bisa dilihat dari formasi bebatuan ini berada di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Jika kamu dari Bandung, kamu bisa menuju Padalarang lalu lanjutkan perjalanan kamu hingga sampai ke daerah Cipatat hingga ketemu  gerbang masuk PLTA Saguling yang berada di sisi kiri jalan.

Kamu bisa jadikan Power House PLTA Saguling sebagai patokan perjalanan kamu. Saat kamu sudah berada di power house kamu bisa parkir kendaraan kamu di sini dan siaplah untuk hiking hingga sampai ke Danau Biru Sanghyang Heuleut.

Baca juga danau indah lainnya di Indonesia:

A photo posted by Aries Rafly (@ariesrafly) on

Biar liburan kamu tambah seru, cek tips ini:

  • Sebaiknya gunakan masker atau penutup hidung karena jika kemarau dikhawatirkan berdebu dan bisa menggagu perjalanan kamu.
  • Sebaiknya bawa perbekalan makanan dan minuman
  • Harap berhati-hati, karena perjalanan menuju ke Danau Biru Sanghyang Heuleut sedikit licin.
  • Harap taati peraturan yang ada di sana.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *