Mengintip 7 Surga Tersembunyi di Kepulauan Maluku - Reservasi Travel Blog

Mengintip 7 Surga Tersembunyi di Kepulauan Maluku

Travel Destinations141
Mengintip 7 Surga Tersembunyi di Kepulauan Maluku

Travel Blog Reservasi – Di kawasan timur Indonesia tersebar beberapa gugus kepulauan cantik yang menawarkan keindahan alam. Salah satunya adalah Kepulauan Maluku, yang terbagi menjadi 2 provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara.

Baca Piknik ke Maluku Belum Sah Tanpa 6 Oleh-oleh Ini

Selain keindahan laut dengan keanekaragaman hayatinya, gugus Kepulauan Maluku menyimpan 7 surga tersembunyi berikut ini. Simak deh satu per satu, dijamin bikin kamu nggak tahan ingin segera berlibur ke sana.

Pulau Bair, Maluku Tenggara

Nggak perlu jauh-jauh ke Papua untuk menikmati keindahan Raja Ampat. Kepulauan Maluku punya Pulau Bair di kota Tual, kawasan Maluku Tenggara. Perairan di sekitar pulau ini sangat jernih dan tenang, asyik buat berjemur dari pagi hingga sore hari.

Pulau Bair disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Maluku. Untuk sampai ke sana para pengunjung harus menaiki speed boat dari pulau Kei Kecil. Meski letaknya agak tersembunyi, kini sudah banyak penginapan murah di sekitar sana yang bisa kamu sewa.

Danau Laguna, Ternate

Masih wisata air, mampir deh ke Danau Laguna di Ternate yang sering disebut sebagai danau uang seribu. Pemandangan danau dan gugus pegunungan di sekitarnya ini sempat muncul di pecahan uang seribu seri lama.
Jaraknya hanya 30 menit berkendara dari pusat kota Ternate. Cukup dengan berjalan menanjak sejauh 500 meter, pengunjung akan sampai di puncak bukit Danau Laguna. Dari ketinggian ini terpampang pemandangan indah kota Ternate serta 2 gunung ikonik yaitu Maitara dan Tidore.

Gong Perdamaian Dunia, Ambon

Beralih ke ibu kota Maluku, kamu bisa mampir ke Gong Perdamaian Dunia yang terletak di pusat kota Ambon. Gong Perdamaian ini didirikan di banyak kota, termasuk Jepara dan Bali. Gong yang dibangun di Ambon sebagai simbol perdamaian dan berakhirnya konflik antar suku di Ambon.

Pantai Liang, Ambon

Keindahan laut di Kepulauan Maluku memang nggak perlu diragukan lagi, salah satunya Pantai Liang yang terletak di Ambon. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Ambon, pantai ini sempat dinobatkan sebagai yang tercantik di Indonesia versi UNDP-PBB pada tahun 1990.

Nama asli pantai ini adalah Hunimuna, namun lebih dikenal sebagai Pantai Liang oleh wisatawan. Lokasi tepatnya ada di Salahutu, Maluku Tengah. Dengan ombak yang relatif tenang, Pantai Liang aman untuk bermain-main air. Di sekelilingnya juga sudah terdapat fasilitas ruang ganti yang memadai.

Air terjun Hoko, Kei Besar

Gugusan Kepulauan Kei bisa dibilang sebagai surga tersembunyi paling indah di timur Indonesia. Pesona kepulauan ini baru terekspos di awal tahun 2016, diikuti dengan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata.

Salah satu destinasi wisata favorit di Kepulauan Kei adalah air terjun Hoko. Letaknya ada di Desa Hoko, pulau Kei Besar bagian utara. Air jernih nan segar terjun ke bawah menuju kolam batu alami yang berwarna kebiruan. Berada di sana bak mengunjungi negeri dongeng, keindahan luar biasa yang benar-benar memanjakan mata.

Gua Hawang, Kei Kecil

Dari Kei Besar mari bergeser ke Kei Kecil yang nggak kalah menarik untuk dieksplor. Tepatnya di Desa Letvuan, terdapat sebuah kolam alami berwarna biru jernih. Airnya bersih dan segar, membuat para pengunjung nggak percaya surga seindah ini tersembunyi di balik gua.

Kolam alami dengan hiasan stalaktit dan stalagmit ini berada di dalam Gua Hawang. Aliran airnya berasal dari mata air Evu, dengan kedalaman bervariasi dari 1 – 3 meter tergantung kondisi cuaca.

Di balik keindahannya, ada mitos mengerikan tentang gua ini. Kata ‘Hawang’ sendiri berarti setan, sesuai dengan legenda seorang pemburu dan anjingnya yang mengumpat rasa air dengan kata-kata kasar.

Penunggu gua nggak menyukai perbuatan pemburu itu, lalu dikutuklah dia menjadi batu yang menjadi tempat bersemayam roh-roh jahat atau hawang. Batu terkutuk itu benar-benar ada lho! Ada 2 batu besar dan kecil di salah satu sisi kolam, yang dipercaya oleh masayarakat sebagai wujud sang pemburu dan anjing piaraannya.

Benteng Belgica, Pulau Neira

Wilayah Indonesia timur menjadi sasaran bangsa Portugis pada masa penjajahan silam. Nggak heran di kawasan ini banyak berdiri benteng-benteng peninggalan Portugis dengan arsitektur bergaya Eropa.

Salah satu benteng megah itu terletak di Pulau Neira. Benteng Belgica dibangun pada abad ke-16 atas perintah Gubernur Jenderal VOC, Pieter Both. Kini Benteng Belgica menjadi destinasi wisata favorit di Maluku yang jadi sasaran pengunjung. Bahkan sudah dicalonkan masuk daftar Situs Warisan Budaya UNESCO sejak tahun 1995 lho!

Kamu yang mengaku doyan traveling, wajib banget nih mengunjungi surga-surga tersembunyi di Kepulauan Maluku.

Baca Pesona Wisata Pulau Bair Tual Maluku yang Disebut Raja Ampat Maluku

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *