Menggugah Selera, 8 Makanan Khas Kalimantan Selatan Ini Wajib Dicoba - Reservasi Travel Blog

Menggugah Selera, 8 Makanan Khas Kalimantan Selatan Ini Wajib Dicoba

Travel Destinations30
Menggugah Selera, 8 Makanan Khas Kalimantan Selatan Ini Wajib Dicoba shutterstock

Travel Blog Reservasi – Berwisata ke suatu tempat terasa kurang lengkap tanpa mencicipi makanan khas. Seperti saat berkunjung ke Kalimantan Selatan, provinsi yang beribukota di Banjarmasin ini punya sederet makanan khas yang menggugah selera.

Baca 10 Spot Wisata di Kalimantan, Nggak Kalah Cantik Sama Derawan!

Jangan cuma mengenal Soto Banjar, cobain deh 8 makanan khas Kalimantan Selatan di bawah ini. Namanya hampir sama seperti makanan khas Kalimantan barat. Ada aneka olahan ikan patin sampai asinan kulit cempedak yang punya cita rasa otentik. Penasaran?

Amparan Tatak

Diawali dari camilan manis, kue amparan tatak sangat populer di Kalimatan Selatan. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras, santan dan isian pisang atau nangka. Semua bahan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.

Manday

Makanan ringan selanjutnya adalah manday, hasil fermentasi kulit cempedak yang memiliki cita rasa asam dan gurih. Orang Kalimantan Selatan biasa menyebut cempedak sebagai tiwadak, jadi jangan bingung jika penyebutannya berbeda.

Proses fermentasi manday menggunakan bantuan garam lalu didiamkan dalam wadah yang tertutup rapat dan kering. Lamanya fermentasi bisa disesuaikan selera masing-masing, makin lama prosesnya akan menghasilkan rasa lebih asam.

Manday biasanya disajikan dengan menggoreng atau dibakar. Tapi ada juga yang menjadikannya sayur gulai dengan tambahan bumbu rempah. Unik ya kuliner yang satu ini!

Gangan Humbut

Di Kalimantan Selatan ada sayur bercita rasa manis yang jadi teman makan nasi. Gangan Humbut dibuat dari inti pohon kelapa yang bertekstur agak lunak, orang sana biasa menyebutnya humbut.

Pada zaman dahulu, gangan humbut dijadikan menu wajib di acara hajatan seperti pernikahan, pesta adat dan sebagainya. Budaya ini masih dilestarikan beberapa masyarakat hingga kini.

Patin Baubar

Budidaya ikan patin di Kalimantan Selatan tersebar di banyak tempat. Nggak heran banyak kuliner khas daerah ini yang berbahan dasar ikan patin, salah satunya patin baubar. Ikan patin diolah dengan campuran bumbu dan rempah lalu dibakar sampai matang.

Patin baubar biasanya disajikan tanpa sambal, karena bumbu olesannya sudah bercita rasa pedas. Tinggal siapkan nasi hangat, mantap banget buat menu makan siang!

Iwak Pakasam

Belum puas degan patin baubar, cobain lezatnya iwak pakasam yang dibuat dengan proses fermentasi. Bahan bakunya bisa menggunakan ikan gabus, patin, atau sepat.

Sama seperti manday, pembuatan iwak pakasam juga menggunakan garam. Bedanya, ada penambahan beras tumbuk atau disebut sebagai samu yang dibalurkan di seluruh permukaan ikan.

Gangan Asam Banjar

Masih berbahan baku ikan, icip juga segarnya gangan asam Banjar yang terbuat dari ikan gabus atau patin. Dimasak dalam kuah kuning, bumbu meresap sampai ke bagian terdalam daging ikan.

Patin dan gabus punya tekstur daging yang lembut, sehingga mudah diolah menjadi apa saja. Gagan asam Banjar paling cocok disantap siang hari, kuah segarnya bikin ingin nambah terus!

Ketupat Kandangan

Nggak perlu menunggu Lebaran untuk menyantap ketupat di Kalimantan Selatan. Di sini ada makanan khas Kalimantan Selatan ketupat kandangan yang pedagangnya banyak tersebar di mana-mana. Berbeda dengan pada umumnya, ketupat khas Kalimantan Selatan punya tekstur lebih keras.

Seporsi ketupat kandangan ini berisi potongan ketupat, ikan berbumbu dan telur lalu disiram kuah santan yang gurih dan kental. Cocok buat sarapan juga nih!

Soto Banjar

Ini dia makanan khas paling populer dari Kalimantan Selatan. Soto Banjar sudah terkenal sampai ke seluruh pelosok negeri sebagai salah satu varian soto yang menambah kekayaan kuliner Nusantara.

Keunikan soto Banjar terletak pada kuah beningnya dan kucuran jeruk limau yang membuatnya makin segar. Disajikannya juga bukan dengan nasi, tapi bersama potongan ketupat dan sate kerang.

Sudah punya rencana berkunjung ke Kalimantan Selatan dalam waktu dekat? Jangan sampai melewatkan kelezatan 8 makanan khas Kalimantan Selatan di atas ya!

Baca Hutan Mangrove Singkawang, Harta Karun Tersembunyi di Kalimantan Barat

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *