close

Mengenal Motion Sickness dan Cara Menghindarinya

motion sickness

Travel Blog Reservasi – Mendekati akhir tahun, pasti banyak yang sudah membuat rencana untuk liburan. Apalagi sekarang sudah mulai banyak bermunculan promo tiket pesawat dari berbagai maskapai.

Nah, berbicara soal liburan, pasti akan berhubungan dengan yang namanya perjalanan. Beberapa dari kita termasuk beruntung jika tidak pernah bermasalah dengan perjalanan jauh baik di darat, laut, maupun di udara.

Namun, untuk sebagian orang, perjalanan jauh akan sangat menyiksa karena harus mengalami motion sickness atau mabuk perjalanan.

Apa sebenarnya motion sickness itu?

Jika diterjemahkan secara langsung dari Bahasa Inggris, motion sickness adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pergerakan. Memang, motion sickness atau mabuk perjalanan ini akan muncul ketika seseorang berada di sebuah kendaraan tertutup yang melaju dengan kencang.

Tanda-tanda awal seseorang mengalami hal ini adalah merasa pusing, mual, bahkan hingga muntah. Jika kamu pernah mengalami motion sickness artinya ada gangguan di bagian dalam telinga yang mengatur keseimbangan tubuh.

motion sickness
Shutterstock

Bagaimana motion sickness bisa terjadi?

Jadi, manusia bisa merasakan sebuah pergerakan melalui 3 sistem saraf.

Pertama, gerakan tersebut akan dikirim dalam bentuk sinyal ke bagian telinga dalam. Kedua, sinyal dikirimkan melalui mata atau penglihatan. Ketiga, melalui proprioceptors atau jaringan dalam tubuh manusia. Nah, saat dalam perjalanan, terkadang otak tidak bisa mengkoordinir jalannya 3 sistem saraf tadi.

Mudahnya begini, saat dalam kendaraan yang sedang bergerak, misalnya mobil, mata kita menangkap pergerakan itu. Apalagi kalau ada suara pergerakan saat itu juga. Lalu apa yang ditangkap mata dan telinga dikirimkan ke otak sehingga otak kita berpikir bahwa kita sedang bergerak. Tapi, tubuh kita sebenarnya dalam keadaan diam.

Ketidakseimbangan itulah yang kadang menimbulkan konflik dalam tubuh hingga menimbulkan motion sickness.

Cara menghindari motion sickness atau mabuk perjalanan

Ketika menuju destinasi yang sudah diidam-idamkan, seharusnya perjalanan terasa menyenangkan. Jadi sedih kan kalau harus mengalami motion sickness. Nah, untuk mencegahnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan.

  1. Sebelum memulai perjalanan, makanlah cemilan yang sehat dan ringan seperti buah atau biskuit agar terhindar dari perut mual.
  2. Saat melakukan perjalanan darat, jangan merokok dan juga jangan duduk dekat perokok.
  3. Buat tubuh serileks mungkin. Atur napas atau bisa juga mengobrol dengan teman seperjalanan.
  4. Buat pergerakan sedikit pada badan, jangan duduk dengan kaku. Gerakkan kaki sedikit demi sedikit dan juga ubah posisi duduk dari waktu ke waktu.
  5. Jangan membaca atau melihat smartphone karena akan semakin menambah rasa pusing dan mual.
  6. Duduk dekat jendela.

Baca juga Travel Tips lainnya dari Reservasi.com.

Tags : Liburanmabuk perjalananmotion sickness

Leave a Response