close

Melihat Keindahan Alam Wisata Candi Cangkuang di Garut, Jawa Barat

Wisata Candi Cangkuang
Candi Cangkuang Garut (wisatatempat.com)

Travel Blog Reservasi – Wisata Candi Cangkuang yang merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di kota Garut ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Destinasi yang juga merupakan peninggalan pada zaman Hindu ini berada di Kecamatan Leles, Jawa Barat. Jika berkunjung ke Candi Cangkuang aksesnya sangat mudah sekali. Kamu bisa menikmati panorama alam yang indah dan sangat luar biasa di tempat ini.

Walaupun Candi ini tak terlalu besar seperti Candi-candi yang lainnya, kamu tetap bisa menikmati dan berfoto di depan Candi Cangkuang ini.

Baca Juga: 


Selain terdapat candi pada masa Hindu dahulu kala, kamu juga bisa melihat beberapa peninggalan Islam di lokasi sekitar ini. Candi yang berada dekat dengan lokasi makam Eyang Embah Dalem, Arif Muhammad selalu menjadi tempat paling favorit oleh para pengunjung. Eyang Embah Dalem Arif Muhammad adalah salah satu penyebar agama Islam di Jawa Barat.

Tak hanya candi saja, kamu juga bisa menemukan kampung adat tradisional, yaitu Kampung Pulo. Berbicara tentang Candi Cangkuang ini sendiri, kamu harus tahu terlebih dahulu lho. Kalau ternyata candi ini sudah dibangun sejak abad 8 sebelum Masehi.


Sudah puas melihat candi dan berfoto di tempat ini, kini saatnya kamu menyeberangi danau. Jangan sampai tidak mencobanya ya. Karena kamu akan disuguhi dengan sederetan pernak-pernik tradisional yang diabadaikan di tempat ini. Mulai dari baju adat, pedang-pedangan, pedangan baju, rumah makan dan masih banyak lagi.

A post shared by @acehanif on

Oh iya, di sini kamu juga bisa melihat 7 rumah adat Kampung Pulo, rumah yang berbentuk panggung, merupakan salah satu khas dari Jawa Barat.

Cara Menuju ke Candi Cangkuang

Kalau kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa menuju Candi Cangkuang dengan menggunakan Bus jurusan Garut. Kamu bisa memilihnya dari Jakarta maupun Bandung. Jika sudah mengambil Bus tujuan, kamu silakan langsung mengarah menuju kecamatan Leles, dan melabuhkan pemberhentian kamu di Alun-Alun Leles.

Tak jauh dari sana, kamu juga bisa langsung menuju ke Candi Cangkuang dengan menggunakan transportasi andong maupun jasa ojek yang terdapat di lokasi sekitar.

Jika kamu berangkat menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu bingung untuk mencari parkir. Karena lokasi ini menyediakan sarana parkir yang cukup luas khusus untuk para pengunjungnya.

Sudah puas berkeliling, kamu juga bisa membeli oleh-oleh untuk para sahabat maupun keluarga tercinta. Di sekitar lokasi Candi Cangkung banyak sekali pedagang-pedagang yang menawarkan pernak-pernik serta oleh-oleh khas Jawa Barat yang sangat menarik untuk dibeli.

Harga tiket masuk Wisata Candi Cangkuang

Untuk para pengunjungnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang. Dan jika ingin menyeberang, kamu juga perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp6.000 saja.

Fasilitas lain di Wisata Candi Cangkuang

Tak hanya candi, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di tempat ini.

  • Museum
  • Mushola
  • Penginapan
  • Pusat Informasi
  • Perahu rakit
  • Kios Cinderamata
  • Taman Indah

Lokasi detail Candi Cangkuang


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : candiTempat Wisatawisata alam

Leave a Response