Mata Air Sri Mulih Gunung Kidul

Telaga Biru Ngreneng, Wisata Tersembunyi di Gunung Kidul

Travel Destinations271
Telaga Biru Ngreneng, Wisata Tersembunyi di Gunung Kidul

Travel Blog Reservasi – Pesona Labuan Cermin di Kalimantan Timur memang belum ada yang bisa mengalahkan kejernihan airnya. Labuan Cermin benar-benar akan membuatmu takjub saat melihatnya secara langsung. Kapal yang berada diatas permukaan air Labuan Cermin akan sekilas akan terlihat seperti terbang.

Namun, untuk berkunjung ke Labuan Cermin Kalimantan Timur memang tidak mudah. Selain lokasinya yang jauh, ongkos transportasi dan akomodasinya pun tidak murah. Kalian harus benar-benar memiliki niat kuat agar bisa menyaksikan langsung pesona cermin dari danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur.

Baca Juga:

Mata Air Sri Mulih, Ngreneng, Gunung Kidul IG @bangkit_ranran
Mata Air Sri Mulih, Ngreneng, Gunung Kidul IG @bangkit_ranran

Akhir-akhir ini memang banyak muncul beberapa tempat wisata yang mirip dengan Labuan Cermin. Diantaranya adalah Situ Cilembang di Sumedang. Airnya sangat jernih, sayang Situ Cilembang merupakan sumber air yang masih digunakan masyarakat Hariang, Buahdua Sumedang. Sehingga kalian tidak bisa berenang di Situ Cilembang agar kelestariannya tetap terjaga.

Danau biru juga bisa kalian temukan di Malang, Jawa Timur. Tempat Wisata itu dinamakan dengan Sumber Sirah Malang. Lokasi Sumber Sirah ini berada di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gendanglegi Kabupaten Malang. Pesona Sumbe Sirah Malang ini seperti Danau Kakaban di Kalimantan. Ganggang di Sumber Sirah ini bak seperti ubur-ubur yang tidak menyengat di Danau kakaban Kalimantan.

Mata Air Biru Sri Mulih Gunung Kidul IG @khusnulsidik
Mata Air Biru Sri Mulih Gunung Kidul IG @khusnulsidik

Jika di Situ Cilembang kalian dilarang untuk berenang, di Sumber Sirah Malang ini kalian diperbolehkan untuk berenang sepuasnya. Beberapa wistawan yang sudah pernah berkunjung ke Sumber Sirah Malang ini bahkan ada yang sampai mendirikan tenda di dalam air demi mendapatkan foto yang menarik. Hanya saja pasir hitam yang berada di bawah permukaan memang terkadang naik dan mengaburkan pandangan. Triknya tentu saja kalian harus snorkeling dengan smooth dan tidak menginjang dasar Sumber Sirah Malang.

Kini di Yogyakarta juga sedang banyak diperbincangkan di sosial media keberadaan telaga biru yang merupakan sumber mata air yang bening dan jernih. Pesonanya memang hampir sama dengan Situ Cilembang Sumedang.

Mata air ini salah satunya diperkenalkan oleh akun dengan nama @khusnulsidik di Instagram. Foto yang telah di like sebanyak 612 ini memang membuat decak kagum yang melihatnya. Mata air tersebut bernama Telaga Biru Ngreneng Gunung Kidul, ada juga nitzen yang menamakan mata air ini dengan nama mata air Sri Mulih. Alamat Mata Air Ngereneng / Sri Mulih ini berada di Dusun Ngeposari, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Destinasi Wisata Desa Ngeposari;

  • Gua Thotho
  • Gua Jlamprong
  • Gua Seropan
  • Gua Gesing
  • Gua Sinden

Desa Ngeposari berada di sebelah timur Kecamatan Semanu. Lanskap di Desa Ngeposari memang landai dan ada beberapa desa yang memiliki dataran tinggi karena berbukit-bukit. Dari Yogyakarta kalian membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan menempuh jarak sekitar 48 km menuju Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul.

Mata air ini memang menjadi salah satu lokasi wisata baru di Gunung Kidul. Airnya jernih sampai kalian bisa melihat dasar kolamnya. Dari foto terlihat bahwa sumber mata air ini sudah dibangun secara permanen. Ada tangga dan pinggiran kolam yang dibangun  dengan batu bata dan sudah disemen dengan rapi.

Foto sumber mata air Ngreneng sebelum di bangun secara permanen gogorindo.blogspot.co.id 
Foto sumber mata air Ngreneng sebelum di bangun secara permanen gogorindo.blogspot.co.id

Dari balik kolam terlihat seperti gua. Aliran air masuk ke tepi mulut gua dengan deras. Bersumber dari beberapa percakapan nitzen di Instagram bahwa Mata Air Sri Mulih ini belum mengenakan retribusi atau tiket masuk bagi wisatawan yang hendak berkunjung. Sudah tersedia tempat parkir kendaraan yang tidak jauh dari lokasi Mata Air Sri Mulih ini. Lokasinya hanya sekitar 100 meter saja dari tempat parkir kendaraan. Jadi setelah memarkirkan kendaraan kalian bisa berenang di Mata Air Sri Mulih, Gunung Kidul ini.

Kalian yang tidak mahir berenang sebaiknya berhati-hati, pasalnya kolam Mata Air Sri Mulih ini cukup dalam, kedalamannya sekitar 2 meter. Mungkin kalian bisa bawa pelampung atau alat snorkel untuk bisa merasakan kesegaran Mata Air Sri Mulih ini secara langsung.

Mata air Sri Mulih Gunung Kidul ini disebut-sebut tidak kalah jika dibandingkan dengan Blue Lagoon Tirta Budi di Sleman. Kini Warga Yogyakarta banyak yang penasaran dengan keberadaan telaga Ngreneng di Desa Ngeposari ini.

Tips dan Panduan Telaga Biru Ngreneng Desa Ngeposari

  • Akses jalan menuju mata air ini sangat sulit jadi disarakan menggunakan kendaraan roda dua
  • Saat musim hujan, air telaga akan berwarna keruh karena pasir naik. Jadi, sebaiknya datang pada saat musim kemarau.
  • Akses menuju mata air ini tidak mudah, jadi siapkan stamina ya.
  • Sekali lagi, silahkan bertanggung jawab dengan sampah yang kalian bawa.
  • Akses paling cepat menuju Kecamatan Semanu melalui Jalan Raya Wonosari
  • Menurut beberapa sumber online bahwa mata air ini dikeramatkan oleh warga. Sebaiknya minta izin dulu pada warga sebelum berenang disana.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *