Wisata Sumedang Bukan Hanya Situ Cilembang, Lihat Beningnya Mata Air Cipelang - Reservasi Travel Blog

Wisata Sumedang Bukan Hanya Situ Cilembang, Lihat Beningnya Mata Air Cipelang

Travel Inspirations676
Wisata Sumedang Bukan Hanya Situ Cilembang, Lihat Beningnya Mata Air Cipelang

Travel Blog Reservasi – Sebagian besar orang mengetahui bahwa Sumedang sangat lekat dengan jajanan ringan Tahu Sumedang. Kuliner Sumedang ini memang sangat mainstream. Kalian bisa menemukannya di setiap persimpangan jalan saat menunggu traffic light berwarna hijau. Pedagang asongan pasti menjajakan tahu Sumedang lengkap dengan cabai rawit ijonya.

Setelah Situ Cilembang yang hits di sosial media, kini kembali lagi satu tempat wisata baru banyak dibincangkan nitzen di Instagram. Destinasi wisata baru ini dinamakan dengan Mata Air Cipelang yang beralamat di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga:

Mata Air Cipelang ini terletak di hilir sungai sehingga aman untuk digunakan sebagai tempat pemandian atau beranang. Menurut nitzen yang pernah kesana, sumber mata air Cipelang ini juga sering digunakan warga untuk mandi dan kebutuhan lainnya. Sementara di bagian hulu, air yang bersumber dari mata air ini langsung dialirkan ke pipa-pipa warga untuk dijadikan sumber air minum dan kebutuhan rumah tangga.

Mata Air Cipelang ini berjarak 46,1 km dari exit tol Cileunyi. Jika ditempuh dengan lalulintas yang lancar diperkirakan berkisar antara 70 hingga 100 menit. Hanya saja kalian harus memasrikan kondisi kendaraan kalian fit karena medan menuju Sumedang berbukit, berkelok dan penuh dengan tanjakan. Hati-hati juga saat mengemudi karena banyak truk ukuran sedang hingga kecil yang melintas di jalur utama Sumedang menuju Majalengka, Kuningan hingga tembus ke Cirebon.

Foto kiriman Ambo Reynaldi, S.Hum (@amboreynaldi) pada

Beberapa sumber mata air memang memberikan kesan dingin di kulit saat pertama kali merasakannya. Namun kalian akan merasakan kesegaran luar biasa karena air yang berasal dari mata air ini benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi langsung. Pori-pori kulit kalian akan merasakan kesegaran air dari sumber mata air yang bersih seperti yang berada di Mata Air Cipelang Sumedang ini.

Sumber Mata Air Cipelang ini berada di kaki gunung Tampomas. Lokasinya memang berada di tengah pepohonan yang rindang. Sehingga suasananya memang sangat segar dengan udara khas kaki pegunungan. Siap-siap kedinginan setelah berenang di Mata Air Cipelang ini.

Foto kiriman Ambo Reynaldi, S.Hum (@amboreynaldi) pada

Ada info yang menarik yang ingin disampaikan oleh @amboreynaldi dalam akun Instagramnya.

Selamat liburan Rekan-rekan igers, hanya ingin meluruskan dari beberapa persepsi kalian yang mengatakan jangan main di mata air nanti air keruh apalagi makin banyak orang datang, kan airnya dipakai untuk minum warga, ngatain saya alai yg ngerusak bla bla dll.

Jadi gini yah gaes, mata air yang terdapat pada foto adalah di bagian hilir yang dipakai sebagai pemandian umum yang sudah berpuluh-puluh tahun dipakai warga untuk mandi dan mencuci.

Sedangkan di bagian hulu digunakan untuk PDAM, yang disalurkan pipa menuju langsung ke pemukiman warga. Jadi tidak ada yang namanya mandi di mata air ini sebagai bentuk perusakan alam. Jika masih tetap gak terima ya silahkan marahin aja warganya langsung yang sering pake ni tempat, berani kagak ?? Wkwk ?? Mata Air Cipelang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bagi masyarakat Sunda atau Sumedang, Jawa Barat. Mata Air ini selalu disebut dengan Sirah Cipelang. Sumber mata air di Desa Cipamekar ini memang sangat sayang sekali jika tidak di ekpos sebagai destinasi menarik di Sumedang. Maka tak heran jika warga Sumedang sendiri belum banyak yang tahu tentang Sirah Cipelang sebagai destinasi wisata tersembunyi di Sumedang.

Destinasi Wistata Sekitar Sirah Cipelang

  • Wana Wisata Curug Ciputrawawangi
  • Pemandian Cileungsing
  • Mata Air Cipulus

Lokasi mata air Cipelang ini sangat berdekatan dengan Kantor Desa Cipamekar Sumedang. Akses ke Sirah Cipelang ini memang akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan roda dua. Namun tidak menutup kemungkinan jika kalian menggunakan kendaraan roda empat. Namun, kalian harus sedikit olahraga dengan berjalan kaki untuk mencapai Sirah Cipelang ini.

Peta Menuju Mata Air Cipelang Sumedang

Akses dari arah Tol Cileunyi Bandung

Akses Dari Arah Tol Cikedung Tol Cipali

Tips dan Panduan Menuju Mata Air Cipelang Sumedang

  • Jika kalian dari Jakarta, sebaiknya menggunakan jalur tol Cikampek lanjut ke Cipali dan keluar di Exit Tol Cikedung.
  • Jika dari Bandung kalian bisa keluar di Exit Tol Cileunyi kemudian ambil arah ke Sumedang. Pastikan kalian melewati Kampus UNPAD dan ITB di Jatinangor.
  • Bawa perbekalan dari rumah karena di destinasi mata air Cipelang belum banyak warung yang menjajakan makanan.
  • Bawa peralatan mandi dan sebaiknya sudah menggunakan pakaian renang dari rumah karena tidak ada tempat untuk berganti pakaian. Siapkan kamar ganti darurat misalnya di kendaraaan kalian.
  • Dari arah Bandung medan menanjak dan berkelok, jadi pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang fit.

Baca Juga:  Pernah Coba Glamping? Yuk Cari Tahu Disini!

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *