close

Makanan Korea Halal yang Wajib Dicoba Pas Liburan ke Sana

makanan Korea halal
Shutterstock

Travel Blog Reservasi –¬†Semua orang sudah tahu kalau kini Korea Selatan telah mengambil alih peran menjadi kiblat budaya pop dunia. Seolah-olah, dunia sudah tersihir dengan soft power dari Negeri Ginseng ini, termasuk Indonesia yang menggilai makanan Korea halal.

Mulai dari musik, film, serial drama, fashion, bahkan sampai kulinernya pun digandrungi banyak orang. Tidak salah memang karena budaya mereka berkembang begitu pesat diikuti dengan inovasi yang luar biasa.

Kali ini kita akan membahas tentang kuliner dari Korea Selatan. Begitu kaya sekali ragam kuliner yang mereka miliki. Namun, berhubung populasi masyarakat muslim di sana masih minoritas jadi kuliner yang ada pun tidak semuanya halal.

Makanan Korea halal seperti apa?

Eits, tapi jangan jadikan hal itu mengurungkan niat kamu untuk mencicipi berbagai makanan khas Korea Selatan. Melihat banyaknya wisatawan dari negara berpenduduk mayoritas muslim beberapa pelaku industri kuliner menyajikan menu yang ramah muslim.

Sangat mudah untuk menemukan restoran, kafe, maupun kedai yang memiliki sertifikasi halal dari organisasi muslim di Korea Selatan.

Kamu mau berlibur ke Korea Selatan sebentar lagi? Jangan bingung untuk membuat daftar pilihan kuliner yang akan dicicipi nanti. Berikut ulasan makanan Korea halal yang bisa jadi rekomendasi kamu!

Haemultang

makanan Korea halal
Shutterstock

Makanan yang satu ini mesti masuk ke dalam daftar makanan Korea halal yang wajib kamu coba sesampainya di sana. Kalu perlu ya masukkan jadi urutan nomor satu.

Pada dasarnya, Haemultang adalah sebuah sup yang berisi aneka bahan laut. Mulai dari udang, cumi, gurita, sampai kepiting.

Uniknya, proses masak Haemultang ini adalah memasukkan kaldu, bumbu, dan juga air ke dalam panci. Masak sampai mendidih. Lalu, semua bahan laut dimasukkan. Khusus gurita, dimasukkan dalam keadaan hidup-hidup setelah dibersihkan demi menjaga kesegarannya.

Cheonggukjang

makanan Korea halal
Shutterstock

Buat kamu yang vegetarian, pasti cocok banget sama masakan yang satu ini. Ya, Cheonggukjang yang berbahan utama biji kedelai.

Setelah dibersihkan, kacang kedelai difermentasi, lalu dicampurkan ke dalam sup yang berisi tahu putih dan berbagai sayuran. Konon, sup ini adalah sup favorit masyarakat Korea Selatan, lho!

Dakbal

makanan Korea halal
Shutterstock

Wah, kalau kamu melihat ini pasti berasa di rumah! Gimana ngga, Dakbal ini adalah olahan ceker ayam yang dimasak pedas.

Wajib banget buat mencicipi Dakbal. Kapan lagi makan ceker ayam dengan cita rasa bumbu khas Korea. Tumisan ceker ini sangat populer sebagai makanan cemilan saat sedang nongkrong di kafe sana.

Gejang

makanan Korea halal
Shutterstock

Memakan kepiting mentah, apa rasanya? Daripada penasaran, kamu harus coba Gejang.

Cara pengolahannya adalah membelah dua kepiting yang sudah dibersihkan, lalu diberi bumbu khas Korea. Belum selesai di situ, karena kepiting harus direndam dalam bumbu tersebut selama 12 jam di dalam kulkas. Baru lah Gejang siap disantap.

Dak Dong Jib

makanan Korea halal
Shutterstock

Senasib dengan Dakbal yang bahan utamanya sering kita temui di masakan Indonesia. Dak dong jib ini adalah masakan yang berbahan dasar ati ampela.

Sebenarnya makanan ini tidak terlalu mudah ditemukan di Korea Selatan karena memang asalnya dari Korea Utara. Tidak jauh berbeda dengan olahan ati ampela di sini, karena sama-sama ditumis dan diberikan bumbu hingga matang.

Baca juga: Artikel tentang segala hal berbau Korea Selatan.

Nah, intinya kalau kamu liburan di Korea Selatan pastikan untuk menyantap makanan di restoran atau kedai yang memiliki sertifikat halal, ya! Tidak sulit kok menemukannya mengingat sekarang banyak banget wisatawan dari Indonesia maupun Malaysia yang datang menjelajahi negeri asal Kpop ini.

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Korea SelatanWisata Kuliner

Leave a Response