Yuk Santap Siang dengan 6 Makanan Khas Kalimantan Timur ini - Reservasi Travel Blog

Yuk Santap Siang dengan 6 Makanan Khas Kalimantan Timur ini

Travel Destinations34
Yuk Santap Siang dengan 6 Makanan Khas Kalimantan Timur ini daging rusa/shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebagai pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan dikenal lewat sungai-sungai besarnya yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. Salah satu provinsinya yang dilalui sungai besar adalah Kalimantan Timur. Di sana membentang Sungai Mahakam sepanjang 920 km yang bermuara di Selat Makassar.

Sambil menikmati keindahan sungai dan pemandangan cantik lainnya, cobain 6 kuliner khas Kalimantan Timur yang cocok banget buat santap siang. Porsi besar dan cita rasa lezatnya dijamin bikin perut puas kekenyangan. Intip menunya satu per satu yuk!

Ayam Cincane

Olahan ayam khas Nusantara sangat banyak ragamnya. Variasi bumbu yang digunakan saat memasak menghasilkan cita rasa unik dan otentik. Termasuk ayam cincane khas Kalimantan Timur yang dimasak dengan bumbu santan, jahe, kemiri dan lengkuas lalu dibakar di atas bara api.

Baca Hutan Mangrove Singkawang, Harta Karun Tersembunyi di Kalimantan Barat

Membayangkannya saja sudah bikin perut keroncongan kan? Bumbu pekat yang menempel di permukaan ayam menghasilkan aroma harum menggoda saat dibakar. Apalagi menggunakan bahan baku ayam kampung, wah jadi makin lezat saja nih kudapan ini!

Ayama cincane dulunya hanya disajikan di hajatan besar seperti pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu mulai mudah ditemui di resto-resto dan warung kecil.

Nasi Bekepor

Kalau menginginkan menu berat dengan isian lengkap untuk makan siang, wajib banget cobain nasi bekepor. Bahan bakunya adalah nasi putih, bumbu rempah dan ikan asin. Semua bahan dimasak bersama lalu disajikan dengan 2 pelengkap lain yang nggak kalah unik.

Teman makan nasi bekepor adalah sayur gangan asam kukar, mirip sayur asem di Jawa namun menggunakan bahan baku kepala ikan dan ubi manis.

Sajikan juga dengan lauk daging masak bumi hangus. Waduh, dagingnya diolah seperti apa ya sampai dinamai bumi hangus? Ternyata lauk ini adalah daging sapi biasa yang dimasak dengan bumbu kecap pekat hingga warnanya menjadi hitam.

Sate Payau

Kamu pecinta sate? Di Kalimantan Timur ada varian sate unik berbahan daging rusa, sate payau namanya. Tapi kini keberadaannya makin susah dicari, karena rusa sudah masuk daftar satwa langka yang harus dilindungi dan dilestarikan agar tidak punah.

Beberapa resto besar masih menjual sate ini. Daging rusa memang terkenal kelezatannya, lebih empuk dari daging kambing atau ayam yang leboh lazim diolah menjadi sate.

Pepes Kepiting

Para pecinta hidangan laut pasti nggak bisa menahan godaan kudapan lezat yang satu ini. Kalau biasanya pepes dibuat dari ikan atau tahu, di Kalimantan Timur ada pepes kepiting berbahan kepiting soka lho!

Diolah dengan campuran rempah dan cabai rawit, kepiting soka ditumis lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dibakar di atas bara api sampai matang. Wah, tinggal siapkan nasi putih hangat bisa bikin kalap nih!

Sambal Raja

Biar asupan gizi tetap terjaga selama liburan ke Kalimantan Timur, cobain deh lezatnya sambal raja. Makanan ini mirip urap, campuran sayur yang disajikan dengan bumbu kelapa di tanah Jawa.

Bedanya, sambal raja menggunakan bumbu halus nan segar sebagai pengganti bumbu kelapa. Isiannya pun lebih beragam ada terong, kacang panjang, kubis, kecambah dan dilengkapi potongan telur rebus. Benar-benar makanan padat gizi dan kaya serat nih!

Nasi Kuning Samarinda

Salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia adalah nasi kuning. Disajikan dengan abon, kering tempe, telur bumbu pedas dan kerupuk renyah. Nah, di Kalimantan Timur juga ada menu nasi kuning yang wajib kamu coba.

Apa sih bedanya nasi kuning Samarinda dengan yang lain? Siap-siap kekenyangan ya, nasi kuning Samarinda punya ragam topping yang lezat yaitu olahan ikan gabus, telur bumbu Bali dan serundeng daging.

Uniknya lagi, nasi kuning Samarinda dijual setiap pagi dan malam hari. Jadi nggak cuma dijadikan menu sarapan saja, kamu bisa menyantapnya untuk makan malam.

Sepertinya enak semua nih kuliner khas Kalimantan Timur. Mana yang paling ingin kamu coba?

Baca 10 Spot Wisata di Kalimantan, Nggak Kalah Cantik Sama Derawan!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *