Makanan Jepang Enak Selain Sushi yang Bikin Jatuh Hati (Part 2)

Travel Inspirations4
Makanan Jepang Enak Selain Sushi yang Bikin Jatuh Hati (Part 2)

Travel Blog Reservasi – Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang makanan Jepang enak selain Sushi yang bikin jatuh hati, berikut daftar part 2 nya:

Hiyayakko

Hiyayakko adalah tofu segar yang umumnya dihiasi dengan jahe parut, katsuobushi (irisan ikan cakalang), dan bawang serta dibumbui dengan saus kedelai.

Yudofu

Yudofu adalah hidangan yang berbahan dasar tahu yang disajikan dalam mangkuk pot. Yudofu merupakan makanan khas dari Kyoto dan biasanya cocok untuk disajikan saat musim dingin.

Agedashidofu

Agedashidofu adalah makanan Jepang yang terbuat dari tahu gorengannya disajikan panas dalam kuah kaldu yang pada umumnya dihiasi dengan bawang hijau atau daikon parut. Agedashidofu dapat ditemukan di berbagai restoran dan izakaya.

Miso Soup

Miso soup dibuat dengan melarutkan pasta miso dan  ikan (dashi). Yang umum termasuk wakame rumput laut, potongan-potongan kecil tahu, dan irisan aburage, serta berbagai bahan lainnya.

Korokke

Korokke adalah kroket yang diperkenalkan di Jepang pada abad ke-19. Korokke dilapisi dengan tepung roti yang digoreng dan umumnya dimakan dengan worcestershire tonkatsu sauce dan irisan kol.

Isi dari Korokke beragam, namun biasanya berisi campuran daging cincang dan kentang tumbuk.

Omuraisu

Omuraisu adalah nasi goreng yang dibungkus dalam omelete telur tipis. Omuraisu biasanya dihias dengan saus tomat atau demi-glace sauce.

Makanan Jepang ini termasuk makanan yang sering dijual di restoran atau kafe.

Hayashi Raisu

Nasi Hayashi, sekilas menyerupai hidangan kare raisu yang didalamnya terdapat irisan tipis daging sapi dan bawang yang dicampur dengan demi-glace sauce dan disajikan bersama nasi.

Hambagu

Hambagu adalah sebutan di Jepang untuk menyebutkan hamburger steak. Hambagu biasanya disajikan di atas piring bersama sayuran dan nasi atau roti yang dibumbui dengan demi-glace sauce.

Bento

Bento atau makanan kotak merupakan makanan Jepang dengan harga yang terjangkau disajikan dalam sebuah kotak.

Bento biasanya terdiri dari daging, sayuran, ikan, atau acar dan nasi. Bento dijual di berbagai tempat seperti restoran, supermarket, dan toko-toko di stasiun kereta api (Ekiben) dan bandara (Soraben).

Tempura

Tempura terdiri dari seafood, sayuran, jamur, atau daging yang dilapisi dengan adonan lalu digoreng.

Makanan ini termasuk makanan ringan dengan tekstur renyah yang biasanya dibumbui dengan garam atau bisa dicelupkan ke dalam saus sebelum dimakan.

Tempura diperkenalkan oleh  bangsa Portugis pada abad ke-16, dan telah menjadi salah satu makanan Jepang yang paling terkenal.

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah jenis pancake di mana berbagai bahan seperti seafood, sayuran dan daging dicampur ke dalam adonan dan dipanggang.

Monjayaki

Monjayaki, sekilas memang mirip okonomiyaki, namun biasanya adonan Monjayaki jauh lebih tipis dibandingkan okonomiyaki.

Gyoza

Gyoza adalah pangsit yang terbuat dari sayuran cincang dan daging giling. Gyoza diperkenalkan oleh Cina. Gyoza yang berada di Jepang biasanya dibuat dengan cara digoreng dan disajikan bersama ramen.

Chawanmushi

Chawanmushi adalah telur kukus yang biasanya berisi potongan ayam, udang, ikan kue dan kacang ginko yang dicampur jadi satu biasanya disajikan di dalam cangkir kecil.

Acar

Acar Jepang atau tsukemono, disajikan sebagai hidangan pembuka makanan berat ataupun makanan ringan, bisa juga digunakan sebagai hiasan atau topping. Masyarakat Jepang meyakini jika acar membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Permen

Permen tradisional Jepang (wagashi) biasanya dinikmati bersama dengan secangkir teh hijau. Bahan yang paling umum digunakan adalah pasta kacang azuki.

Baca selengkapnya tentang panduan liburan ke Jepang di Blog Reservasi.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *