Tak Cuma Kebab Turki, 12 Makanan Enak Asal Turki Ini Juga Patut Dicoba

Bukan Hanya Kebab Turki, 12 Makanan Enak Asal Turki Ini Juga Patut Dicoba

Travel Inspirations858
Bukan Hanya Kebab Turki, 12 Makanan Enak Asal Turki Ini Juga Patut Dicoba shutterstock.com

Travel Blog ReservasiTurki termasuk dalam daftar destinasi impian para traveler di Indonesia. Belum lagi tentang makanan enak asal Turki yang sudah lumrah dinikmati warga Indonesia.

Ada banyak sekali pilihan tempat-tempat indah yang bisa dijelajahi saat berada di Turki. Mulai dari Blue Mosque yang megah, Cappadocia yang mempesona, Istiklal Street yang selalu ramai, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang tak boleh kamu lupakan saat mengunjungi negara ini tentu saja icip-icip makanan enak asal Turki juga ya.

Hmm.. Kalau bicara tentang makanan enak asal Turki, pasti yang langsung terlintas di kepala adalah Kebab Turki. Kebab Turki merupakan sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Penyajiannya dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan tortila atau roti, aneka sayuran, dan saus yang lezat agar rasanya makin mantap.

Makanan satu ini memang punya cita rasa yang nikmat dan menggiurkan. Nggak heran kalau kebab disukai banyak orang termasuk warga Indonesia. Tapi, kamu harus tahu kalau makanan enak asal Turki nggak cuma itu saja lho. Masih banyak menu-menu yang bisa kamu coba saat berlibur ke sana. Berikut ini daftarnya!

1. Baklava


Camilan bercita rasa manis ini sangat disukai para traveler dunia lho. Baklava terbuat dari tumpukan adonan pastri tipis yang diberi isian potongan kacang seperti walnut atau pistachio di tiap lapisannya.

Saat sudah matang, Baklava yang renyah akan akan disiram dengan sirup atau madu. Makanan enak asal Turki ini makin nikmat kalau disantap selagi hangat.

2. Menemen

A post shared by EA (@thedietgirlsposts) on


Makanan enak asal Turki ini biasanya dinikmati oleh warga lokal untuk sarapan. Menemen terbuat dari telur orak-orik yang ditumis dengan sayuran dan disajikan dengan panas-panas dengan tambahan roti yang lezat.

Cara menyantapnya sangat bervariasi, bisa dicocol, dioles, atau disendok.

3. Köfte


Köfte adalah menu yang terbuat dari bola-bola daging sapi atau kambing yang dimasak dengan cara direbus dan disajikan dengan saus rempah yang gurih. Kamu juga bisa menikmatinya dengan roti lapis, salad, atau yogurt tawar.

4. Manti


Kalau melihat wujud kuliner ini kamu mungkin akan langsung ingat dengan pangsit khas Indonesia. Walaupun penampakannya agak mirip, rasa dari kuliner khas ini benar-benar berbeda lho baik dari segi rasa maupun tekstur.

Pangsit ala Turki yang berisi potongan daging atau sapi ini bisa dihidangkan dengan cara direbus atau digoreng lalu disajikan dengan saus yang terbuat dari yogurt, mentega, dan berbagai jenis rempah.

5. Pide


Pizza ala Turki ini juga wajib kamu coba ketika bertandang ke sana. Adonan roti yang berbentuk seperti perahu diberikan topping lezat seperti keju, bayam, daging giling, telur, dan masih banyak lagi. Sayangnya, makanan ini agak jarang ditemukan di negara tersebut kecuali waktu bulan Ramadan.

6. Borek


Makanan enak asal Turki berikut ini mirip dengan baklava. Bedanya terletak pada isi dan cita rasanya. Borek punya rasa yang cenderung gurih karena tiap lapisannya diberi isian seperti keju, daging cincang, bayam, atau kentang.

7. Kanafeh

A post shared by Han ハン (@april_lehitraot) on


Kanafeh ini lagi ngehits banget di sosial media Instagram lho. Makanan bercita rasa manis ini terbuat dari helaian adonan pastri yang bernama kadayif yang ditumpuk dan diberi isian keju atau kacang. Setelah matang, camilan tersebut disiram dengan sirup atau madu dan diberi taburan kacang pistachio.

8. Lahmacun


Yang ini juga punya kemiripan dengan pizza dari Italia. Lahmacun dibuat dari adonan roti yang diberi aneka topping lezat seperti daging cincang, potongan tomat, bawang bombay, dan peterseli.

Cita rasa khas Turki yang terasa saat menikmati makanan ini tercipta dari bumbu-bumbu spesial yang digunakan mulai dari air perasan jeruk lemon, sari buah bit, dan yoghurt.

9. Dondurma


Nggak perlu bingung dengan nama kuliner satu ini. Traveler lebih sering menyebut Dondurma dengan nama Es Krim Turki.

Yang membuat es krim ini populer tentu saja atraksi para penjual yang mengerjai pembeli. Tangan mereka dengan lincah bermain dengan cone dan es krim sebelum diberikan langsung ke pembeli. Kamu tentu tak ingin melewatkan dessert lezat satu ini.

10. Imam Bayildi


Ternyata, terong juga termasuk dalam daftar kuliner khas Turki yang spesial lho. Makanan yang lezat dan kaya gizi ini disajikan dengan cara yang berbeda dengan negara lain.

Terong tersebut bisa diisi dengan aneka topping seperti nasi, gandung, daging cincang, dan aneka sayuran. Sebelum dipanggang, kuliner ini diberikan olesan minyak atau mentega cair.

11. Turkish Delight

A post shared by Mehmet Savaş (@mehmetwar) on


Selain dibuat cemilan, Turkish Delight ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh sepulangnya kamu berlibur dari Turki. Manisan yang terbuat dari gel pati dan gula ini disajikan dengan bentuk yang lucu.

Supaya tak lengket, biasanya makanan bercita rasa manis ini akan diberikan taburan gula bubuk. Tujuannya agar rasanya semakin legit dan tak lengket saat digigit.

12. Kayisi Tatlisi

A post shared by ? (@dolunaymutfak) on


Untuk kalian yang suka dengan makanan bercita rasa manis, tentu tak ingin melewatkan kesempatan untuk mencicipi Kayisi Tatlisi.

Makanan ini dibuat dengan menggunakan potongan aprikot lezat yang diberi tambahan isian seperti krim dan potongan kacang. Rasa lelah setelah seharian mencari tempat seru akan terbayar langsung saat kamu mencicipi kuliner khas Turki ini deh!

Baca artikel menarik lainnya tentang Turki di Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Firstrianisa Gustiawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *