Madakaripura, Air Terjun Cantik Yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat Ke Bromo

Travel Destinations25
Madakaripura, Air Terjun Cantik Yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat Ke Bromo

Travel Blog Reservasi – Air terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi dengan pemandangan dan eksotisme alam yang sangat menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian 620 meter diatas permukaan laut (mdpl), terletak di Desa Sapih, Kabupaten Probolinggo dan terkenal sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Tampak dari pintu masuk menuju air terjun, sesosok patung sedang dudu bersila dengan gagahnya dan tertulis di bawahnya Madakaripura.

Saking kerennya tempat satu ini, air terjun Madakaripura menjadi salah satu spot wajib banyak wisatawan lokal hingga mancanegara setelah mengunjungi Gunung Bromo. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Bromo, membuat banyak wisatawan memasukkan Madakaripura ke dalam salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Kira-kira apa saja sih guys yang bisa kamu jelajahi di air terjun Madakaripura ini?

1. Selfie dan foto bareng di depan patung Patih Gajah Mada.

Air Terjun Madakaripura Bromo

Saat liburan akhir pekan, untuk sekadar selfie dan berfoto dengan patung yang menjadi ikon di Madakaripura ini dibutuhkan kesabaran. Kamu tak bisa langsung asal main jepret lho, banyak pengunjung lain yang sudah antri untuk mengabadikan momen kedatangan mereka di Madakaripura. Patung ini tampak gagah dari kejauhan seakan menyambut para wisatawan yang akan mengunjungi Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura Bromo

2. Trekking di antara tebing tinggi menjulang.

madakaripura-8

Setelah puas berfoto dengan patung Gajah Mada, kamu akan melakukan trekking dengan jarak yang lumayan jauh hampir satu kilometer. Namun, kamu dijamin tak akan bosan dengan melewati tebing-tebing di sebelah kanan dan kiri dengan pemandangan yang asri. Sembari menyusuri sungai dan melewati jalur yang sudah tertata rapi dan aksesnya sangat baik.

3. Melewati guyuran air yang merambat diantara tebing, kalau beruntung kamu bisa menikmati pelangi juga lho.

Air Terjun Madakaripura Bromo

Di lokasi terdekat sebelum air terjun, kamu akan melewati guyuran air bak hujan yang merambat di dedaunan yang seperti menjulur ke bawah. Ada baiknya kamu sedia mantel agar tidak basah kuyup, namun tak perlu khawatir jika terpaksa tak membawa mantel karena ada penyewaan dari masyarakat lokal di dekap spot ini.

4. Menikmati guyuran air terjun dan berenang manja.

Air Terjun Madakaripura Bromo

Finally, sesampainya di air terjun. Kamu akan takjub dan merasakan keindahan air terjun yang sangat indah dan eksotis ini. Guyuran air dari tebing yang menjulang, dikelilingi pula dengan tebing di sebelah kanan dan kiri. Kamu bisa berendam dan sekadar berenang manja, namun kamu harus hati-hati dan mengikuti himbauan dari petugas di kawasan wisata ini.

Apalagi di saat musim hujan, hindari untuk sekadar mandi tuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti volume air terjun yang bisa berubah drastis, dan juga mewaspadai longsor. Ada baiknya, gunakan guide yang sudah siap mengantar kamu dari awal start treking. tarifnya pun tak begitu mahal, sekitar Rp. 100 ribu untuk sekali jalan berangkat dan pulang. Ditambah, guide akan memberikan informasi menarik yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya.

Air Terjun Madakaripura Bromo

Guys, buat kamu yang berencana mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Akses paling mudah melewati Probolinggo, kamu bisa mengambil jalur ke Gunung Bromo via Tongas jika datang dari arah Surabaya. Kamu bisa melalui transportasi darat maupun udara untuk sampai di Probolinggo, cukup hunting tiket pesawat tujuan Bandara Juanda, Surabaya kemudian dilanjutkan dengan travel maupun transportasi umum. Tak usah khawati mengenai penginapan, di area Bromo reservasi hotel dengan banyak variasi harga dan fasilitas yang menunjang selama liburan.

Kalau saja kamu ada waktu liburan ke Bromo, ada baiknya selesai explore Bromo kamu bisa sempatkan sekalian mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Gimana? Masa kamu gak tertarik? Masukin list destinasi kamu selanjutnya sekarang juga guys.

kontributor-gufron

Gufron

*Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *