close

Lokasi Pentol Nikmat dengan Rasa Pedas yang Nampol

pentol
Instagram @marchellaloofis

Travel Blog Reservasi – Pentol, mungkin saat melihat gambar kuliner yang satu ini kamu lebih familiar menyebutnya dengan nama bakso tusuk. Jajanan ini memang menyerupai bakso namun biasanya disajikan tanpa kuah.

Kuliner yang satu ini juga biasanya menggunakan daging yang lebih sedikit dibandingkan bakso, karena lebih banyak menggunakan tepung kanji agar teksturnya lembut dan kenyal.

Akhir-akhir ini pentol jadi makanan hits di kalangan “kids zaman now”. Nah, berikut lokasi pentol nikmat dengan rasa pedas yang nampol:

Pentol Gila

Saat kamu sedang liburan ke Surabaya, mungkin kamu bisa coba mampir ke kedai ini.

Pentol Gila adalah jajanan yang disajikan dengan beragam level kepedasan. Jika tidak terlalu suka pedas, kamu bisa pilih paket ramah 1 hingga ramah 3 dengan isian daging, keju, atau puyuh.

Tapi jika kamu penggemar makanan pedas, kamu wajib menatang diri kamu untuk mencicipi paket nendang, paket gila aja, atau paket gila banget dengan isian daging, keju, atau telur puyuh.

A post shared by Pentol Gilaaa (@pentolgila) on

Satu porsi berisi empat hingga lima buah pentol ukuran besar. Ada pula paket petarungan yang terdiri dari 12 pentol kecil-kecil dengan topping sambal cabai beserta bijinya yang sangat pedas.

Lokasi dan Harga:

  • Berada di lantai 3 Royal Plaza Surabaya, Jawa Timur. Namun ada juga beberapa cabang lainnya di Surabaya, seperti cabang di Gubeng Airlangga, Indomaret Raya Menur, Sakinah Keputih, dan Keputih Utara.
  • Harga untuk seporsi kuliner ini berkisar Rp12.000-15.000.

Pentol Sambal Senayan

Nah, untuk kamu yang tinggal di Jakarta, kamu bisa nih datang ke kedai yang satu ini, yakni Pentol Sambal Senayan. Kedai ini juga punya berbagai tingkatan pedas layaknya Pentol Gila.

Tingkatan pedas yang pertama ada sambal Yoga, sambal ini merupakan sambal uleg yang memadukan cabai rawit dan manisnya kecap. Sambal ini cocok untuk kamu yang tak suka pedas.

Lalu tingkatan pedas selanjutnya ada sambal zumba menghadirkan racikan sambal bawang dengan pedas yang mantap.

Tingkatan pedas selanjutnya, konon kabarnya nampol hingga ke telinga ini memiliki nama sambal joging, penambahan asam limao pada sambal membuat sambal ini memiliki cita rasa segar nan istimewa.

Lokasi dan Harga:

  • Berada di Jl. Tomang Utara No.21, RT.5/RW.10, Tomang, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440.
  • Satu porsi harganya : Rp13.000

Pentol Setan

Wah dari namanya saja sudah seram ya!

Kuliner dengan nama menyeramkan ini adalah pentol bakar yang berbahan daging ayam dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, saha, serta sedikit jahe ditambah olesan minyak ketumbar.

Penamaan Pentol Setan ternyata memiliki kisahnya sendiri. Awalnya, sang penjual, Budianto berjualan di depan areal toko buah-buahan.

Namun, ramainya para pembeli membuat para pemilik ruko agaknya gerah. Budianto pun disuruh pindah. Dia berdagang di seberang areal ruko di seputaran Jalan Alianyang. Tepat di depan pekuburan yang konon terdapat banyak setan.

Walaupun tempatnya angker banyak orang yang rela antre untuk menikmat kuliner pedas nan lezat ini.

Lokasi dan Harga:

  • Lokasinya berada di seberang area ruko Jalan Alianyang, kota Pontianak.
  • Satu tusuk terdiri atas lima pentol bakar, yang dijual dengan harga Rp 1.000.

Lalu bagaimana jika ingin membuatnya sendiri di rumah? Berikut resep membuat pentol yang dilansir dari cookpad.com:

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gr Daging Sapi Giling
  2. 250 gr Daging Ayam Giling
  3. 250 gr Tepung Tapioka
  4. 2 Butir putih telur
  5. 1 Sendok Teh Lada Bubuk
  6. 1 Sdm Garam
  7. 1 Sdm Gula Pasir
  8. 3 Sdm Bawang Goreng
  9. Air Secukupnya


Langkah:

  1. Masukkan daging sapi giling, ayam giling, tepung tapioka, dan putih telur ke dalam wadah.
  2. Aduk – aduk menggunakan tangan sambil diremas – remas. Tambahkan lada, garam, gula dan air sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata.
  3. Sambil membuat adonan panaskan air.
  4. Remas adonan menggunakan tangan bantu dengan sendok untuk membentuk bulat. Masukkan ke dalam air mendidih. (ingat air harus mendidih agar tidak saling menempel).
  5. Tunggu beberapa menit, jika yang sudah mengambang itu tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan, lalu siap dihidangkan.

Jika kamu punya rekomendasi lokasi yang menjual pentol enak lainnya, langsung saja tambahkan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Baca juga kuliner yang sedang hits lainnya.

Tags : IndonesiaKuliner

Leave a Response