Lima Tempat Wisata Di Belanda Yang Wajib Dikunjungi - Reservasi Travel Blog

Lima Tempat Wisata Di Belanda Yang Wajib Dikunjungi

Travel Inspirations582
Lima Tempat Wisata  Di Belanda Yang Wajib Dikunjungi

Travel Blog Reservasi – Siapa yang tidak kenal Belanda? Salah satu negara di Eropa ini terkenal dengan banyak tempat wisatanya yang mendunia. Negara yang terkenal dengan Kincir Anginnya ini didatangi banyak wisatawan. Termasuk banyak wisatawan Indonesia.

Beruntung beberapa tahun yang lalu diberi kesempatan mengunjungi negeri kincir angin ini. Buat teman-teman yang ingin mengunjungi Belanda ada beberapa tempat wisata yang asyik dikunjungi dan keren buat foto-foto.

1.Volendam 
Volendam terletak 15 km disebelah utara Amsterdam. Volendam adalah sebuah desa nelayan yang terletak di dekat Edam di muara sungai. Awalnya Volendam ini adalah pelabuhan. Tapi pada saat Edam memiliki pelabuhan baru Volendam dibiarkan begitu saja. Sekarang Volendam menjadi tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan jika berkunjung ke Belanda.

Rumah penduduk asli dengan atap runcing runcing dan jendela berbentuk kotak kotak adalah pemandangan khas di Volendam. Pemerintah Belanda berhasil menyulap Volendam menjadi kota wisata yang penuh dengan tempat tempat orang menjual souvenir,studio foto, hotel, restoran Seafood dan sebagainya. Apabila kita masuk ke salah satu toko Souvenir terbesar disitu diputarkan video sejarah berdirinya Volendam.

Aku di depan rumah rumah Volendam
Aku di depan rumah rumah Volendam

Berkunjung ke Volendam tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan baju tradisonal nelayan Belanda. Di tempat ini berjejer beberapa studio foto yang menawarkan foto dengan baju khas Belanda ini. Tentu saja kita harus jeli memilih studio foto karena mereka menawarkan dengan beberapa harga yang berbeda. Kebetulan aku dan suami sempat berfoto dengan baju khas ini.

Beberapa tahun yang lalu dengan 14 Euro kami sudah bisa berfoto berdua dan mendapatkan foto ukuran besar untuk bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Baju khas nelayan ini cukup besar ukurannya sehingga kita tidak usah mencopot pakaian kita. Cukup melapisi pakaian kita dengan baju ini kita siap difoto. Selain baju dan klompen kayu ,untuk wanita juga dipakaikan topi dan kalung serta membawa bunga saat difoto.Sementara yang laki laki berfoto membawa akordion selain topi dan klompen sebagai pelengkap.

Foto Presiden Megawati di salah satu studio foto di Volendam
Foto Presiden Megawati di salah satu studio foto di Volendam

2. Wisata Kanal Belanda
Dengan wisata kanal ini kita akan menyusuri Amsterdam dengan perahu boat. Keindahan  Amsterdam yang bisa dinikmati dengan boat sambil menyusuri sungai selama satu jam 15 menit. Perjalanan selama itu menjadi tidak terasa karena kita disuguhi pemandangan yang indah. Rumah rumah penduduk di sepanjang sungai, masyarakat yang menghabiskan waktu sambil duduk duduk di pinggir sungai, jembatan bahkan rumah rumah yang berbentuk perahu yg dulunya adalah tempat tinggal.

Tour dipimpin oleh seorang nahkoda. Sepanjang perjalanan ada cerita melalui audio  mengenai tempat-tempat yang kita lewati. sayangnya tidak menggunakan bahasa Inggris sehingga kami kurang faham artinya. Perjalanan menggunakan kapal ini memakan waktu satu jam lebih sedikit. Biaya tiketnya sekitar 14-15 Euro. Ada tiga tempat pembelian tiket jika kita ingin menikmati wisata ini. Pertama adalah Damrak, yang buka sampai siang hari. Kedua, tiket bisa dibeli di depan Central, yang melayani pembelian tiket sampai sore hari. Sementara tempat ketiga terletak di samping Café Karpershoek, yang buka hingga malam hari.

nahkoda
nahkoda

3. Coster Diamond

Coster Diamond ini adalah salah satu tempat pengasahan berlian. Belanda terkenal sebagai tempat pengasahan berlian nomor satu di dunia. Coster Diamond adalah salah satu pabrik tertua yang masih beroperasi sebagai tempat pengasahan berlian.

Crown Jewels dari Inggris dan Dresden Green Diamond adalah salah satu berlian yang diasah disana. Uniknya dari tempat ini adalah mereka mempunyai beberapa pegawai dari beberapa negara. Hal itu memudahkan jika ada turis yang berkunjung dari negara yang bersangkutan.

Penjelasan bisa disampaikan dengan bahasa tempat turis berasal. Rombongan kami disambut oleh beberapa staf yang ramah dari Indonesia. Dengan bahasa Indonesia kami dijelaskan proses pengasahan berlian dari batu menjadi berlian yang indah dan berharga mahal.Ternyata harga sebuah berlian tergantung dari empat hal yaitu carat, warna, clarity dan potongannya.

Berlian tiruan yang dipamerkan di Coster Diamond (dok:pribadi)
Berlian tiruan yang dipamerkan di Coster Diamond (dok:pribadi)

4. Keukenhoff
Keukenhof  adalah sebuah taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda, dan merupakan taman bunga terbesar di dunia. Keukenhof terletak di Holland Selatan diantara Kota Hillegom dan Lisse dan di selatan Haarle dan Barat Daya Amsterdam. Dibangun pada tahun 1949 oleh calon walikota Lisse. Terdapat tujuh juta kuntum bunga yang ditanam setahun sekali di taman tersebut.

Keukenhof dibuka setahun sekali pada minggu terakhir bulan Maret sampai pertengahan bulan Mei. Karena kami berkunjung ke Belanda pada bulan Juli maka tidak sempat berkunjung ke Keukenhoff. Tapi rasa penasaran akan indahnya kebun Keukenhoff yang penuh dengan Bunga Tulip dan berbagai bunga lainnya terobati saat minggu kemarin tanteku berkunjung ke Keukenhoff dan menunjukkan beberapa fotonya padaku. Foto di bawah ini adalah foto tanteku di Keukenhoff minggu kemarin.

Tante (syal orange) di antara Bunga Tulip
Tante (syal orange) di antara Bunga Tulip

5. Kincir Angin

Sebagai negara yang terkenal dengan kincir anginnya, Belanda mempunyai ribuan kincir angin yang bisa dijumpai di berbagai pelosok tempat di Belanda . Dahulu kegunaan kincir angin yang paling penting adalah memompa air keluar dari dataran rendah dan kembali ke sungai melalui tanggul, sehingga tanah bisa digunakan untuk bertani. Pada abad keempat belas, kincir angin berbentuk hollow-post digunakan untuk menggerakkan roda sendok untuk mengeringkan lahan basah.

Kini kincir angin telah berubah fungsi. Beberapa kincir angin sudah tidak beroperasi lagi. Hal ini karena kincir angin sekarang kalah dengan beberapa bangunan yang lebih tinggi sehingga tidak bisa menangkap angin lagi. NAmun ada juga beberapa yang masih berfungsi sebagai drainase. Jika berkunjung ke Belanda tidak ada salahnya berfoto di depan ikon negara ini.

dokumen pribadi
dokumen pribadi

*Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *