Liburan ke Bali? Hafalkan dulu 8 Frasa Ini Sebelum Berangkat

Liburan ke Bali? Hafalkan dulu 8 Frasa Ini

Travel Tips189
Liburan ke Bali? Hafalkan dulu 8 Frasa Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mendatangi suatu tempat asing akan menyulitkan jika tidak mengerti sedikit pun tentang bahasa yang mereka gunakan. Minimal kata-kata pendek yang digunakan dalam keseharian. Ingat, dimana bumi di pijak, di situ langit dijunjung. Sebagai contoh, Bali. Destinasi liburan terbaik di Indonesia bahkan dunia yang menarik banyak wisatawan setiap harinya ini memiliki bahasa daerahnya sendiri.

Apabila kamu berencana ke liburan ke Bali, ada baiknya untuk menghafalkan 8 frasa ini. Sebab dengan begitu, kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan masyarakat setempat dan mereka akan merasa lebih dihargai. Yang pasti, kamu tidak akan kesulitan karena istilah ini sangat sering digunakan sebagai percakapan sehari-hari. Nah, apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca Pura dalam Bentuk Bangunan Unik Instagenic di Bali

Kenken Kabare Menanyakan Kabar

Sudah bukan hal asing lagi ketika bertemu dengan seseorang kita memulai percakapan dengan bertanya kabar terlebih dahulu. Begitu pula dengan orang yang belum kita kenal. Untuk mencairkan suasana dengan masyarakat di Bali, kamu bisa menanyakan kabar dengan bahasa Bali yaitu “Kenken Kabare?” yang artinya “Apa Kabar?”

Becik Manten untuk Memberi Kabar

Masyarakat Bali sangat terkenal dengan keramahannya. Bisa jadi ketika kamu berlibur ke Bali, mereka yang terlebih dahulu menanyakan kabarmu. Nah, untuk menjawab baik-baik saja, gunakanlah istilah “Becik Manten”.

shutterstock

Sire Pesengan Ragane untuk Menayakan Nama

Demi menjalin keakraban dengan orang yang baru ditemui, tidak ada salahnya untuk menanyakan nama. Apalagi setelah saling menanyai kabar. Dengan begini, penduduk lokal pun juga akan menyambut kamu dengan hangat. Siapa sangka kamu ditunjukkan tempat-tempat wisata anti-mainstream di Bali.

Melali Dije dan Mai Melali

Frasa lain yang sebaiknya kamu hafalkan adalah “Melali Dije?” yang diartikan sebagai “Jalan-Jalan ke Mana?”. Pasalnya, setelah akrab dengan teman barumu, biasanya mereka akan menanyakan pertanyaan ini. Dan untuk menjawabnya, jawab saja “Mai Melali” sebagai ajakan untuk jalan-jalan.

Matur Suksma sebagai Ucapan Terima Kasih

Istilah lain yang sering diucapkan adalah terima kasih. Penggunaannya bisa untuk berbagai macam keperluan, misalnya jika kamu menerima bantuan orang lain. Dalam bahasa Bali, kamu bisa menyebut “Matur Suksma”. Hal ini mungkin akan kedengaran sepele, namun lawan bicara kita akan merasa sangat dihargai.

Suksma Mewali untuk Membalas Matur Suksma

Bagaimana cara membalas ucapan terima kasih dalam bahasa Bali. Jawaban yang tepat adalah “Suksma Mewali” sebagai ganti “Terima Kasih Kembali” dalam bahasa Indonesia. Pasalnya, tidak lengkap rasanya ketika seseorang mengucapkan terima kasih lantas tidak berbalas.

shutterstock

Kude Niki untuk Menanyakan Harga

Setiap melakukan traveling ke suatu tempat, maka hal yang tidak boleh dilewatkan adalah membeli cinderamata setempat atau lazim disebut oleh-oleh. Ada banyak tempat belanja oleh-oleh di Bali yang bisa dengan mudah kamu temukan.

Kebanyakan penjualnya pun adalah orang Bali. Nah, tidak ada salahnya memakai bahasa Bali yaitu “Kude Niki?” untuk menanyakan harga. Dengan begitu, kesempatanmu untuk mendapatkan oleh-oleh murah Bali semakin besar.

Dados Kuang untuk Menawar Harga

Salah satu tips berbelanja murah di tempat wisata adalah dengan rajin menawar. Apabila harga yang diberikan kepadamu dirasa terlalu mahal, jangan ragu untuk menyampaikan istilah “Dados Kuang Nggih?”. Dalam bahasa Indonesia, frasa ini berarti “Boleh Kurang?”

Bagaimana? itu tadi 8 frasa percakapan sehari-hari ketika kamu liburan ke Bali. Tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan hal-hal tersebut.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *