close

Tak Perlu Antre Panjang, Gunakan Aplikasi Paspor Online Sekarang!

aplikasi-antrian-paspor
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Antrian bikin paspor online memang menjadi perjuangan panjang buat traveler yang ingin ke luar negeri. Membuat paspor online maupun melakukan perpanjang paspor menjadi rutinitas yang mau tak mau harus dilakukan.

Pengurusan paspor secara online saat ini sudah dihapus tertanggal 22 Maret 2017. Semua pengurusan paspor online dan perpanjang paspor dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan aplikasi paspor online untuk mendapatkan kuota antrean di kantor imigrasi atau ULP terdekat. Janga lupa membawa syarat pembuatan paspor dengan lengkap.

Sebut saja Rina yang rela mengantre dari subuh dan cuti setengah hari dari kantornya demi memperpanjang paspor. Ada juga Ibu Tuti yang rela sudah datang sejak dini hari dan menginap di dalam mobilnya demi mendapatkan nomor antrean lebih pertama. “Ini mah ujian kecil buat ibu yang mau umrah,” katanya.

Baca Benarkah Paspor 24 Halaman Tidak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri?

Antre Paspor Sejak Kantor Belum Buka

Cerita-cerita para pejuang paspor memang berbeda-beda. Ada masa pengurusan paspor sedang tinggi dan ada pula yang dimudahkan karena volume pengurusan paspor relatif tidak terlalu padat seperti biasanya. Umumnya semua pembuat paspor maupun perpanjangan tak bisa lepas dari antrean.

aplikasi antrian paspor online
shutterstock

Untunglah sekarang Direktorat Jendral Imigrasi melakukan terobosan untuk mengatasi masalah antrean. Para pengurus paspor tak perlu lagi datang sejak pagi buta demi mendapatkan nomor antrean. Bikin paspor online maupun perpanjang paspor online kini tak perlu antre panjang lagi dengan aplikasi “Antrian Paspor Online”.

Nantinya pengguna tinggal mengunduh aplikasi “Antrian Paspor“. Sementara ini aplikasi antrean paspor baru tersedia untuk pengguna Andorid dan baru diterapkan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan kelas I (Jaksel). Coba deh sesekali lewatin kantornya dan lihat sendiri antreannya seperti apa.

Baca Waktu Terbaik Untuk Perpanjang Paspor Kamu

Aplikasi “Antrian Paspor Online”, Selamat Tinggal Antrean Panjang!

Dengan menggunakan aplikasi antrean paspor para pengguna hanya tinggal datang sesuai dengan jam dan tanggal yang sudah ditentukan. Jadi, tak ada lagi cerita datang pagi dini hari sampai harus menginap di dalam mobil demi mendapatkan nomor antrean.

Dengan menggunakan aplikasi Antrean Paspor yang dikeluarkan oleh Dirjen Imigrasi, penggantian paspor biasa (24 halaman dan 48 halaman) bisa dilakukan dengan membawa paspor lama dan KTP saja, seperti dilansir dari Liputan6.com (29/5/2017).

aplikasi antrian paspor online
shutterstock

Aplikasi “Antrian Paspor Online” nantinya juga akan dikembangkan tidak hanya bagi pengguna Android tapi juga akan dikembangkan untuk pengguna iOS. Jadi, tak perlu khawatir untuk yang tidak menggunakan ponsel Android.

Cara penggunaanya sangat praktis dan mudah sekali. Pengguna tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store. Lakukan pencarian dengan frasa “Antrian Paspor” yang diterbitkan oleh pengembang Direktorat Sistem&Teknologi Informasi Keimigrasian.

Baca Buat E-Paspor Sekarang Juga Gratis Visa ke Jepang

Ulasan Aplikasi “Antrian Paspor Online”

Aplikasi “Antrian Paspor Online” terakhir diperbaharui pada tanggal 18 Mei 2017 dengan seri 1.2.2. Sayangnya Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh ponsel Andoid dengan sistem operasi minimal 4.2 (Jelly Bean) dan diatasnya. Berdasarkan ulasan pengguna, Aplikasi Antrian Paspor Online ini mendapatkan nilai 3.1 dari 206 ulasan pengguna.

“Idenya mantap, gak masuk akal antri sebelum kantor buka, tapi sayangnya masih crash mulu setiap klik data pemohon, semoga bug nya segera diperbaiki (device Xiaomi Redmi Note 3)” tutur Justinus Bramanto.

“Akhirnya ada aplikasi onlinenya lagi. Sudah daftar untuk tanggal 16 may. Dapet antrian jam 11. Besok semoga lancar.” kata Hendrik salah seorang pengguna.

paspor 24 halaman
shutterstock

“Tgl 18 May 2017 -saya mendapatken antrian online utk Kantor Immigrasi Pondok Pinang. Process di kantor immigrasi sangat mudah dan seluruh staffnya sangat membantu sekali dan penuh pengalaman dengan penangganan yang sangat cepat. Alhasil passport saya dan anak sudah terekam dengan baik dan cepat. Terima kasih banyak Dirjen Immigrasi, system antrian ini Sangat sangat sekali berguna. Maju terus. Tgl 16 May, systemnya sedikit hang, tapi setelah saya coba beberapa kali -akhirnya berhasil mendapatken no antrian di tgl 18 May. Krn di applikasi saya sama sekali tidak bisa mendeteksi akan lokasi kantor immigrasi? Terima kasih sebelumnya atas sharingnya.” cerita Budiyono Salimun.

Traveling ke mana saja makin mudah dengan Aplikasi Reservasi di Android dan Aplikasi Reservasi di iOS.

Syarat Mengurus Paspor Biasa dan e-Paspor

  1. WNI.
  2. Melampirkan KTP Asli dan fotokopinya.
  3. Melampirkan Kartu Keluarga Asli dan fotokopinya
  4. Melampirkan Akta lahir Asli dan fotokopinya.
  5. Melampirkan Ijazah SD, SMP, SMA, S1 (opsional sebagai kekuatan data-pilih salah satu saja)
  6. Surat ganti nama bila pernah melakukan penggantian nama dari pejabat berwenang.
  7. Surat pernyataan telah menjadi WNI bagi WNA yang mengajukan menjadi WNI.
  8. Paspor lama untuk yang akan melakukan perpanjang paspor biasa ataupun e-paspor.

Cara melakukan pendaftaran Aplikasi Antrian Paspor

1 . Unduh Aplikasi Antrian Paspor Online Resmi melalui tautan ini.

2. Daftarkan diri dengan mengisi identitas lengkap yang tertera dalam aplikasi antrian paspor.

Data yang harus diisi adalah Username dan Password yang diinginkan. Gunakan password yang aman dengan kombinasi huruf dan angka. Penggunaan huruf kapital juga disarankan. Jangan gunakan password yang sama dengan tanggal lahir atau data diri lainnya. Gunakan kata sandi yang mudah diingat misalnya nama jalan saat terakhir bertemu dengan mantan.

Setelah itu masukkan nomor induk keluarga (NIK) sesuai dengan yang ada di KTP, nomor telepon, email aktif dan alamat.

3. Login kembali setelah berhasil melakukan pendaftaran.

4. Pilih kantor Imigrasi terdekat. Sementara baru diberlakukan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

5. Lengkapi data permohonan Antrian Paspor

Data yang harus diisi mulai dari tanggal rencana pengurusan paspor. Tanggal hanya bisa dipilih sehari setelah waktu pendaftaran. Jika kuota kosong atau nol, maka kamu bisa mencari pada tanggal lain yang masih memiliki kuota yang tersedia.

Jangan lupa masukkan email aktif dan jumlah pemohon yang hendak mengurus paspor.

6. Lihat Jadwal Antrian Paspor yang diajukan.

7. Perhatikan Jadwal Antrian yang sudah disetujui.

8. Tunjukkan barcode saat datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang tertera di Aplikasi Antrian Paspor.

Datanglah ke Kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukkan barcode kepada petugas untuk mendapatkan pengambilan nomor antrean untuk mendapatkan bukti cetak nomor urut panggilan.

Tunggu hingga mendapatkan panggilan, lalu serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses berhasil dilakukan. Jika belum tahu berkas apa saja yang harus disiapkan bisa baca di sini.

Kamu bisa memantau proses pembuatan paspor melalui WhatsApp (0813-8171-0123) dengan mengetik nomor permohonan paspor saja. Proses pengurusan paspor online rata-rata memakan waktu kurang dari 20 menit.

Kantor Imigrasi yang sudah melayani pendaftaran melalui Aplikasi Antrian Paspor

Baca Paspor, Visa, Tiket Murah, dan Luar Negeri.

Tags : ImigrasiPasporVisa

77 Comments

  1. Halo selamat sore Admin, mau tanya cara pengecekan passport apakah sudah jadi atau belum, kl via sms berapa ya nomornya ?

    1. Sepengetahuan kami tidak ada. Empat hari kerja setelah jadwal wawancara, semestinya paspor sudah selesai & bisa diambil.

  2. Min, kalau saya Daftar Antrian online cuma ada pilihan pagi dan siang. Saya dapat yang pagi. Saya harus datang jam berapa ya? Terima kasih

  3. min tolong dijawab cepet ya karna urgent. saya udah daftar tanggal 30 nov tapi ada berkas yg ketinggalan jadi saya daftar lagi dapet tanggal 6 dec, masalahnya pas mau cetak bukti elektronik dalam bentuk pdf itu masih yg tanggal 30 nov belum untuk 6 dec itu gimana ya? kalo cek barcode QR yg tanggal 30 sama 6 beda, cuman pdf masih yg tanggal 30 nov bukan 6 dec, kalo saya cuman tunjukin barcode QR yg tanggal 6 dec bisa ga min? makasih

    1. Maaf kami tidak berafiliasi dengan pihak Imigrasi. Untuk jawaban yang pasti, silakan hubungi langsung kantor Imigrasi ya di (021) 5225029/ 5225028

  4. Min…kalau untuk handphone tipe iphone applikasinya apa,soalnya saya sudah daftar online via website tapi tetap nggak bisa,karena saya tunggu di email saya nggak ada kode verifikasinya. Terima kasih sebelumnya

    1. Aplikasi “Antrian Paspor” sejauh ini baru tersedia untuk ponsel Android. Untuk kendala teknis lebih lanjut, silakan langsung hubungi Ditjen Imigrasi-nya saja Mas. Bisa tanya lewat akun social media mereka di: @ditjen_imigrasi

  5. Min mau tanya dong, kalau daftar online dapat jadwal jam sekitar jam 11-12 siang itu baiknya datang jam berapa ya min?
    Saya kebetulan mau bikin paspor untuk anak, tapi Ayahnya berhalangan hadir, itu bagaimana ya min?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Kedua orangtua harus datang saat wawancara. Kalau berhalangan untuk alasan yg dapat dipertanggungjawabkan, harus bawa surat kuasa dari suami.

  6. Mas saya sudah daftar untuk 3 orang tp data pemohonnya lupa saya isi. Saya hanya isi data saya sendiri. Gmn ya?

  7. Siang
    Mau nanya saya sudah dpt barcode di aplikasi antrian paspor online
    Dulu saya bikin di web online ada isi formulir dan bayar ke bni
    Bagaimana dengan yg skrg ?
    Isi data dan bayar nya ?
    Apakah isi data dan bayar nya di hari H di kantor imigrasi langsung ?

    1. barcode hanya untuk dpt jatah pengurusan di hari yang sudah ditentukan, nanti bayarnya setelah datang dan membawa persyaratan. yang penting barcodenya dibawa saja. saat di kanim nanti antre lagi ya, klo mau cepat datang pagi.

  8. Min. Kalo ud dpt antrian online, prosedurnya apalagi selain bawa berkas berkasnya? Nanti dlm 1 hari itu langsung foto, wawancara dan sidik jari ya? Mohon responnya ya..

    1. Iya, bawa barcode dan siapkan semua berkasnya, setelah itu nanti tinggal pembayaran dan ada jawdwal pengambilan yang sudah ditentukan.

  9. Selamat malam mau nanya,kira2 klo ngambil nomer antriannya lewat online bisa tidak saya ambilkam keluarga saya yang di luar kartu keluarga saya,dan ambil atrianya pake akun saya sendiri,karna saya liat biasa sampe 5 orang

  10. Maaf sy mau tanya krn msh bingung..sy rencana mau memperpanjang pasport kedua anak sy.
    Brarti menggunakan aplikasi antrian pasport ini pembayaran di bank nya stlh dtng ke kantor imigrasi dan melakukan sesi foto&wawancara ya?
    Klu lwt web kan dl ktnya kita dftr online trs ada email msk kemudian kita byr ke bank..stlh itu br kita dtng ke kantor imigrasi.
    Mohon pencerahannya..trmksh.

  11. Min mau tanya tentang prosedur pengambilan paspor, ambil nomor antrian nya itu brp hari setelah pembayaran ya min? Saya senin kmrn melakukan foto dan wawancara, perkiraan jadi berarti hari jumat dan saya ingin ambil hr itu juga, untuk pengambilan nomor antriannya katanya bs online nah itu kapan ya bs saya akses? Terima kasih min

    1. Pengambilan paspor langusng datang saja mbak dengan membawa bukti pembayaran. Biasanya pengambilan paspor jam bukanya siang dari pukul 10.00 sd 15.00 WIB. Klo masih ragu bisa ditanyakan ke kanim tempat mbak mengurus paspor. Bisa tanya2 juga via twitternya.

  12. Min, mohon infona..
    saya mau daftar by aplikasi, tapi keterangan sudah full ditanggal yang saya butuhkan. apakah bisa saya datang dan antri langsung di kanimnya ?
    Terima kasih,

    1. Gak bisa bang, klo sudah full datang pun tidak akan dilayani tanpa mendaftar dulu. Mungkin bisa di kanim lain yang masih melayani walk in

  13. Untuk buat paspor anak di bawah 17 tahun apakah pengisiannya bisa menjadi satu dengan ortu nya? Terima kasih sebelumnya kak.

    1. Biasanya untuk anak-anak ada jalur prioritas untuk yang datang walk in. Sedangkan untuk lewat aplikasi mohon ditanyakan via twitter kanim imigrasi yang dituju ya. Semoga membantu

  14. saya sudah daftar dan sudah isi tanggal antrian. Tapi belum ada komfirmasi dari pihak imigrasinya. kira kira berapa lama nunggu, kita dapat konfirmasi bahwa kita sudah terdaftar untuk pemohon . terima kasih.

  15. Terimakasih atas informasinya , Alhamdullilah saya lega karena saya mendaftar dg nama sesuai ktp tetapi di system ” maaf akun anda telah digunakan ” padahal saya belum pernah mendaftar.

    1. tidak harus sama, namun untuk memudahkan dan supaya lebih mudah diingat sebaiknya menggunakan nama lengkap sendiri

  16. Hallo…
    Saya punya problem yg sama dgn salah satu response diatas. Salah pilih tanggal waktu daftar untuk perpanjangan lewat android, gimana ya cara batalinnya dan ganti dengan tanggal baru.

  17. Halo, mau tanya saya salah pencet waktu proses penyetujuan tanggal antrian di tanggal 11 oktober dan itu terlalu lama apakah bisa di cancel atau booking kembali tanggal antrian?.
    Terimakasih!

  18. Min. Paspor sy expired 8 oct, tp br dpt jadwal online tgl 12 oct. Apakah ada masalah? Dan klo mau dtg lgs aja antrian manual apa msh bisa di imigrasi jaksel. Mau dpt prioritas, bawa anak batita 2 org.

    1. Baiknya langsung diurus di kanim yang masih menerima walk in interview. Jaksel hanya menerima via online. Untuk batita pasti dapat prioritas, silakan hubungi petugas di lapangan ya mas Deny. Semoga membantu.

  19. Min. Paspor sy expired 8 oct, tp br dpt jadwal online tgl 12 oct. Apakah ada masalah? Dan klo mau dtg lgs aja antrian manual apa msh bisa di imigrasi jaksel. Mau dpt prioritas, bawa anak batita 2 org.

  20. Hallo…

    Saya mau tanya, pada saat mau pengambilan passpor, apakah harus mendaftarkan nomor antrian via online lagi atau tidak yah? Apakah seperti dari awal lagi atau tidak pada ketika proses registrasi permohonan pembuatan passpor. Passpor saya sudah jadi, dan hanya tinggal pengambilan saja. Perlukah saya harus mendaftarkan nomor antrian via online lagi?
    Terimaksih…

    1. Tidak perlu daftar online lagi, tinggal menggunakan sistem whatsapp gateway yang sudah disediakan kanim imigrasi untuk pengambilan paspor.

  21. malam sy adria, mau tanya, beberapa jam lalu sy ada registrasi no antrian online, sudah dapat tanggal dan sudah dapat no booking, tapi sampai saat ini sy belum ada email yg masuk ke email sy, apakah dengan menunjukan barcode di hp saja sudah cukup pd saat datang? apa memang harus melampirkan bukti print out yang di kirim ke email kita? mohon infonya, terima kasih

  22. Mas/mbak klo mau ubah tanggal atau batalin gimana ya? Istriku salah pencet, saya pilih tgl 11 istri malah tgl 19,,, jdi punya istri mau dibatalin biar bisa saya daftarin tgl 11 gitu,, makasih

  23. Saya mau daftar antrian di kantor imigrasi jakarta barat kota tua, tapi muncul keterangan tidak ada layanan. Kenapa ya?

  24. apakah proses yang baru ini satu hari sdh jadi ? dan domisili surabaya apa bisa mengurus di imigrasi malang? trims

    1. Klo pembuatan baru tidak bisa satu hari jadi, klo perpanjang coba datang ke Bandara Soetta, kabarnya bisa perpanjang satu hari jadi di Soetta.

      Aplikasi ini hanya membantu mendapatkan kuota jatah antrean perharinya. Untuk kepastiannya bisa di cek ke kanim yang bersangkutan. Jika di Jkt bisa diurus di kanim mana saja.

  25. Saya coba daftar antrian utk 3 kantor imigrasi surabaya tapi pada saat masuk menu kantor imigrasi ada pop up ” layanan tidak tersedia” apa maksudnya ya ? Pdhl utk kantor imigrasi kota lain bisa. Tq

    1. Hi Elny

      Sementara ini hanya bisa digunakan di Jakarta Kanim Jakarta Selatan. Rencana memang akan digunakan di seluruh Kanim. Sabar ya

  26. Untuk keluarga yang terdiri dari beberapa orang, apakah bisa didaftarkan antriannya jadi satu? Apakah di aplikasinya diberi pilihan untuk mendaftarkan beberapa orang sekaligus?

    1. Hi Kimo, sementara baru ada di Android. Namun pihak Imigrasi sedang mengembangkan agar bisa segera dirilis pada perangkat iOS.

  27. Hi Kak, kalau email belum dapet, apakah cukup dengan menunjukkan QR code saja? Dan untuk fotokopi dokumen nya apakah bisa dilakukan langsung di kantor imigrasi karena takut ukuran yang diminta tidak sesuai? Apakah perlu bawa materai? Thanks 😊

    1. Iya bisa, tunjukkin aja QR codenya. Foto copy boleh di bawa dekat kantor imigrasi banyak biasanya, tp risikonya antre dan bayar lebih mahal dikit sih. Iya, materai bawa juga ya sekalian untuk jaga-jaga jika dibutuhkan.

  28. Min, kl paspor utk anak di registrasi ada NiK itu diisi no ktp atau apa? Kl jadwal antrian ortu dan anak terpisah krn kesalahan input apakah bisa dibatalkan salah satunya min biar bs barengan?tks

    1. NIK anak bisa lihat di kartu keluarganya ya kak Vita.

      Bisa kak, untuk orang tua yang membawa anak dan atau manula biasanya ada jalur antrean khusus, didahulukan. Langsung koordinasikan dengan petugas dilapangan ya kak. Semoga membantu.

  29. Klo udah ada nomer barcode nya dari aplikasi online ini apa harus memasukan data2 ke website imigrasi jg ga y,

    1. Hi Nina, tidak perlu. Tinggal datang saja dengan membawa persyaratan ke kantor Imigrasi yang dipilih. Nanti, di kantor Imigrasi kamu akan mendapatkan nomor antrean kembali. Sebaiknya datang lebih awal ya.

    1. Untuk pembayaran setelah semua berkas diperiksa nanti akan diberikan kuitansi. Apps fungsinya hanya untuk mendapatkan jatah kuota pendaftaran pada hari yang ditentukan karena saat ini menggunakan sistem kuota per harinya.

  30. Min apakah benar kalau sekarang yg tersedia hanya kantor imigrasi jaksel? Untuk daerah lainnya seperti kantor imigrasi pontianak belum ada kah? Terima kasih min

    1. Betul, saat ini hanya baru diberlakukan di kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Namun ke depan akan diberlakukan secara nasional.

  31. Prosesnya apakah langsung wawancara dan photo atau wawancara dan photo akan mendapat jadwal kembali? Mohon infonya. Terimakasih sebelumnya

    1. Prosesnya nanti akan mendapatkan nomor antrian kembali di lokasi, antrian online ini lebih mengatur quota yang bisa mengurus paspor pada hari yang sudah ditentukan. Mohon dibaca kembali urutan dan caranya pada halaman 2 ya kak 🙂

Leave a Response