close

Perlu Tahu! Dilarang Berfoto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

larangan berfoto di Mekah
Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Baru-baru ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menerbitkan surat edaran tentang larangan berfoto atau mengambil gambar di Masjidil Haram – Mekah dan Masjid Nabawi -Madinah.

Larangan berfoto ini ditujukan kepada seluruh negara pengirim jemaah haji dan umrah.

Kepala Bira Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Mastuki membenarkan adanya surat edaran tersebut.

Menurut Mastuki yang dikutip dari situs resmi Kementerian Agama (12/04), larangan berfoto ini akan kami follow up dengan sosialisasikan ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), asosiasi umrah, serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar diperhatikan dan menjadi materi yang disampaikan ke jemaah sebelum keberangkatan ke Saudi.

Mastuki juga mengatakan, aturan larangan pengambilan gambar di dua masjid suci itu sebenarnya sudah lama dikeluarkan.

Larangan ini kembali ditegaskan mengingat semakin meningkatnya jumlah jamaah haji dan umrah yang menggunakan ponsel.

Mereka asyik berswafoto alias selfie di dalam area masjid suci tersebut. Kegiatan ini dinilai sangat mengganggu kekhusyukan jemaah yang sedang melaksanakan ibadah.

Terlebih, swafoto dilakukan sangat dekat dengan Kakbah, Raudhah, atau bagian lain dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Sebelumnya, warga Arab Saudi dan pengguna media sosial marah setelah seorang pria Israel menampilkan foto dirinya di dalam Masjid Nabawi, Madinah.

Pria tersebut adalah Ben Tzion, 31 tahun. Lelaki kelahiran Rusia itu juga mengunggah foto perjalanannya melalui media sosial ketika mengunjungi Iran, Lebanon, Arab Saudi, dan Yordania.

A post shared by Ben Tzion (@ben.tzion) on

Kemarahan itu ditunjukkan dalam berbagai tulisan dengan hashtag berbahasa Arab, antara lain berbunyi Zionis di Masjid Nabawi, Zionis di atas Mimbar Masjid Nabawi, Seorang Zionis adalah Imam Masjid Mekah.

Sebelum adanya larangan befoto atau mengambil gambar di Masjidil Haram, Mekah, dan Masjid Nabawi, Madinah, sebenarnya Kemenag sudah melakukan sosialisasi tentang larangan ini sejak tahun lalu, terutama saat manasik, ungkap Mastuki.

Sosialisasi ini disampaikan bersamaan dengan informasi larangan-larangan lainnya yang ditetapkan Saudi, seperti membawa makanan yang menyengat, rokok, atau barang yang dilarang dalam penerbangan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara membuat visa umroh, baca selengkapnya di Reservasi.com

Tags : ArabArab Saudi

Leave a Response