close

Langka, “Traveler” Penderita Agorafobia Ini Jadi Sensasi di Instagram

Agorafobia
Instagram/streetview.portraits

Travel Blog Reservasi – Pernah dengar istilah agorafobia? Itu lho sebuah fobia yang berkaitan dengan tempat ramai atau ruang publik. Nah, kalau kamu suka merasa risih dan juga tidak nyaman saat berada di tengah keramaian, hati-hati karena itu adalah tanda-tanda fobia tersebut.

Kalau diterjemahkan secara langsung dari bahasa Latin, agorafobia berasal dari kata agora yang kalau diterjemahkan secara kasar berarti pasar di luar ruangan.

Jadi, ya memang merupakan jenis ketakutan terjebak di tengah keramaian, tidak bisa melarikan diri dari tempat tersebut dan juga takut kalau sulit mendapat pertolongan ketika sedang panik.

Traveler dengan agorafobia, bagaimana bisa?

Perkenalkan, Jacqui Kenny. Seorang fotografer berkebangsaan Selandia Baru yang tinggal di London dan menderita agorafobia sejak lama.

Sejak dinyatakan memiliki fobia tersebut, Jacqui merasa mimpinya sebagai fotografer yang bisa keliling dunia jadi hilang begitu saja.

“Terima kasih Google Street View!”

Harapannya muncul kembali ketika dia menemukan Google Street View yang membuatnya bisa menjadi “traveler” dan “memotret” keindahan dari berbagai belahan dunia.

Memang yang ia lakukan adalah meng-capture gambar yang sudah ada di Google Street View. Tapi ya tetap saja ada nilai estetika karena dia bisa mengambil gambar dari sudut pandang menggunakan skill fotografinya. Hitungannya jalan-jalan juga kan meski secara virtual.

Nah, hasil fotonya itu kemudian dia edit dengan komposisi warna yang pas lalu ia unggah ke akun Instagram miliknya. Lalu ia melabeli dirinya dengan sebutan The Agoraphobic Traveller.

Kerennya lagi, pihak Google Street View ternyata mengizinkan Jacqui untuk menjual hasil karyanya tersebut. Lihat nih berbagai hasil “jepretan” keren yang telah ia kumpulkan.

Sudut pandang yang tidak biasa

Banyak yang tak menyangka kalau ini diambil dari Google Street View

Pernah terpikir tidak untuk meng-capture Google Street View sekeren ini?

Ini sih namanya kombinasi teknologi canggih dengan skill fotografi yang ciamik

Sudut pandangnya oke punya! Ini cuma dari Google Street View lho!

Apa sih tanda-tanda agorafobia?

Nah, kamu harus kenali nih tanda-tandanya. Kalau kamu lebih senang di rumah dan tidak suka keluar ruangan sama sekali mesti waspada tuh. Pertanda lainnya?

  • Merasa ketakutan yang berlebih saat berada di tengah keramaian
  • Takut berada di ruang terbuka yang sangat luas seperti parkiran atau jembatan
  • Sangat gelisah ketika harus mengantri panjang
  • Berada sendirian di luar rumah

Selain gejala yang di atas, ada pula tanda-tanda lain yang mungkin muncul dan sedikit mirip dengan gejala saat panik menyerang seperti:

  • Sulit bernapas
  • Mual
  • Sulit menelan
  • Kehilangan kontrol
  • Keringat berlebih
  • Pusing

Penyebab seseorang menderita agorafobia

Sebenarnya, fobia ini adalah sebuah komplikasi dari serangan panik. Jadi, orang yang terbiasa memiliki kepanikan berlebih dan kemudian tidak menjalani perawatan bisa berkembang lebih lanjut menjadi agorafobia.

Saat panik menyerang tanpa alasan khusus, seseorang bisa kehilangan kontrol. Bahkan jika terjadi secara lebih serius dan tidak diperhatikan secara serius bisa mengalami serangan jantung bahkan kematian.

Orang yang memiliki agorafobia tentunya sangat panik apabila harus berada di keramaian di ruang terbuka dan jika terjadi sesuatu tidak bisa meminta pertolongan siapa pun karena malu dan saking takutnya.

Karena itu, penderita fobia ini cenderung lebih nyaman berada di dalam rumah dan jarang keluar untuk berinteraksi sosial. Kondisi seperti ini tentu bisa memicu keadaan yang lebih lanjut yaitu depresi. Itu sebabnya penting sekali untuk melakukan terapi dan serangkaian perawatan medis.

Nah, jadi intinya adalah, apa pun kondisi kamu jangan sampai jadi penghalang untuk terus mengejar mimpi dan juga melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Buat kamu yang mau traveling bisa temukan tips mendapatkan foto indah saat traveling hasil ulasan Reservasi.

Tags : Tipe TravelerTravel Fotografi

Leave a Response