close

Kursi Rotan Raksasa ini Bikin Heboh Kota Cirebon!

Kursi Rotan Raksasa
Kursi Rotan Raksasa di Cirebon (bacabaca.org)

Travel Blog Reservasi – Jika mendengar kata Cirebon, tentu saja yang terlintas dibenak kita adalah Bubur Ayam Khasnya yang nikmat sekali. Tapi, kali ini ada hal baru, yaitu keberadaan Kursi Rotan Raksasa setinggi 12 meter yang sukses membuat heboh warga Cirebon.

Sebuah Kursi Rotan Raksasa yang bisa kamu temui di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon ini berukuran 12 x 8 meter. Untuk bisa menyelesaikan Kursi Rotan Raksasa ini tentunya tidaklah mudah.

kursi rotan raksasa
Proses pembuatan Kursi Rotan Raksasa (liputan6.com)

Membutuhkan waktu kurang lebih sebulan lamanya, para pengrajin rotan yang tergabung dalam Yayasan Kampung Wisata Rotan Galmantro ini telah berhasil menyelesaikan ikon baru Kota Cirebon.

Kurang lebih sekitar 50 pengrajin turut andil dalam pengerjaannya. Seolah tak kenal lelah, mereka semua bekerja demi menyelesaikan karyanya. Kursi Rotan Raksasa ini sendiri telah menghabiskan kurang lebih 400 kg bahan baku rotan yang terbuat dari rotan murni, rotan sintetis, dan juga besi dengan beban berat sekitar 1 ton.

Selain bahan-bahan yang murni, proses pembuatan Kursi Rotan Raksasa ini menghabiskan total biaya lebih dari Rp 100 juta, yang berasal dari swadaya para pengrajin.

Kursi Rotan Raksasa di Cirebon

Kursi Rotan Raksasa Cirebon
Proses pengerjaan kursi rotan (liputan6.com)

Kursi Rotan Raksasa ini dibuat sebagai simbol dan upaya warga desa setempat demi membangun kembali Raja Rotan yang telah lama tertidur. Mungkin kalian yang belum tahu akan bertanya-tanya, mengapa bisa dinamakan Raja Rotan.

Pada zaman dahulu, ada sebuah legenda rakyat yang menjadikannya sebagai asal usul desa pengrajin rotan, dan kemudian disebut sebagai Raja Rotan.

Perayaan ini sendiri telah diikuti oleh para warga Cirebon, dan merupakan momen paling penting. Terlebih lagi momen ini sangat pas juga demi menaikkan peluang ekonomi untuk sebagian besar warga Cirebon. Demi menaikan kembali peluang bisnis para pengrajin rotan, acara ini pun diadakan kembali.

kursi rotan raksasa
Pak Ridwan Kamil Berada di atas Kursi Rotan Raksasa, Cirebon (bacabaca.org)

Selain membuat Kursi Rotan Raksasa untuk sang Raja, walikota Bandung pun, Ridwan Kamil turut memeriahkan acara ini. Beliau datang ke Cirebon untuk mengunjungi Kampung Wisata Rotan Galmntro Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon usai mengisi kuliah umum di Unswagati. Kedatangannya tentu disambut sangat meriah oleh warga Cirebon.

kursi rotan raksasa
Kemeriahan Warga Cirebon (liputan6.com)

Selain itu, kursi ini juga akan diarak dan ditempatkan di Taman Weru, jalur Pantura Cirebon. Tujuan dari aksi ini, agar para wisatawan mengetahui keberadaan dari Kampung Rotan Galmantro yang berada di Desa Tegalwangi.

Banyaknya harapan dari para penduduk dan pemerintah sekitar. Setelah dibuatnya Kursi Rotan Raksasa ini, semoga bisa menjadi simbol pengembalian masa kejayaan Rotan di Cirebon.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : CirebonTempat Wisata

Leave a Response