Kulineran di Pantai Depok Yuk! - Reservasi Travel Blog

Kulineran di Pantai Depok Yuk!

Travel Destinations334
Kulineran di Pantai Depok Yuk!

Travel Blog Reservasi – Di antara pantai-pantai lain di Yogyakarta, ada satu yang menarik berada wilayah Bantul. Tepatnya adalah Pantai Depok yang berada di Depok, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai Depok ini juga yang tampak paling siap menjadi pusat wisata kuliner untuk menikmati kesegaran seafood Yogyakarta. Yup! Para pecinta seafood pasti senang sekali mengunjungi pantai ini.

Biasanya orang mengunjungi Pantai Depok setelah seharian menghabiskan waktu di Pantai Parangtritis dan sekitarnya. Ketika tiba waktu beristirahat, mereka bergerak menuju ke Pantai Depok untuk beristirahat sambil mengisi perut dengan aneka hidangan hasil laut khas Pantai ini.

Memang Pantai Depok ini selain sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan pasir pantai dan suasana laut yang tenang. Tempat ini juga digadang sebagai salah satu pusat jajan ikan lautnya. Citarasa laut, wisata kuliner seafood segarbisa dapatkan semua disini. Berbagai jenis ikan laut tersedia di Pantai Depok dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa jenis yang dijual disini adalah pari, kerapu, cucut, cumi-cumi, ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, dan udang.

pantai depok

Lengkapnya jenis seafood yang bisa didapatkan disini tidak lepas dari sebuah TPI atau tempat pelelangan ikan yang ada di Pantai Depok. Memang sebagian besar penduduk yang tinggal disini mata pecahariannya tidak jauh – jauh dari bidang kelautan. Maka tidak heran lagi bila teman – teman traveler berkunjung ke Pantai Depok ini, akan melihat beberapa kegiatan dan aktivitas yang dilakukan nelayan di area TPI Pantai Depok.

Disini, ketika pagi hari biasanya ada beberapa perahu motor cadik yang merapat ke pantai setelah semalaman melaut mencari ikan. Teman – teman traveler boleh mengamati perahu tadi dari jarak dekat. Dekati saja perahu tadi dan kalian akan dapat melihat tumpukan ikan segar dalam perahu. Jika kalian memang menginginkan ikan segar tadi, kalian bisa bertransaksi langsung dengan nelayan tadi. Biasanya kalian akan mendapatkan harga yang cukup kompetitif jika dibandungkan dengan harga ikan di pasar.

Tidak jauh dari pantai juga terlihat berderet – deret penjual ikan. Disana juga bisa ditemukan berbagai jenis ikan laut yang siap dimasak lalu disantap. Yang kalian lakukan tinggal memilih jenis ikan yang diminati lalu pesan untuk dimasak sekalian sesuai permintaan. Terserah, mau digoreng, dibakar, balado atau dimasak dengan cara lainnya. Menyenangkannya, setelah memesan, teman – teman bisa langsung makan di warung makan yang sudah disediakan di dekat pantai.

pantai depok

Makan di dekat pantai juga merupakan salah satu keunikan mengunjungi Pantai Depok. Memang di pantai ini ada banyak tempat warung makan yang dibuat sedemikian rupa dengan pemandangan menghadap ke laut. Sehingga teman – teman traveler bisa menikmati makanan di warung tersebut sekaligus bisa menikmati pemandangan laut lepas dari Pantai Depok.

Pantai Depok adalah salah pantai yang menjadi favorit turis di Yogyakarta. Karena itu disarankan ketika sampai di pantai segeralah memilih warung ikan laut yang banyak berjejer sebelum kehabisan. Pilih menu seafood yang masih segar dan jangan lupa bertanya harganya terlebih dahulu. Tips paling mudah dalam memilih ikan yang segar adalah dengan melihat matanya, masih jernih atau sudah kusam atau keruh. Coba dengan diciumdan dipegang, kalau masih baru biasanya terasa kenyal.

Segera bawa ikan yang sudah dipilih ke warung yang ada di sebelahnya agar bisa segera dimasak sesuai permintaan. Untuk menghindari antrian panjang dalam membeli dan memasak ikan maka akan lebih baik bila berkunjung ke Pantai Depok pada pagi hari. Hindari berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena pada hari – hari tersebut para nelayan biasanya libur melaut. Pilihan ikan akan berkurang atau bahkan sulit mendapatkan yang masih segar.

Dengan daya tarik kulinernya yang menyenangkan, menuju pantai ini tidak terlalu susah kok. Pantai Depok ini berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju pantai ini dari Yogyakarta adalah sejalur dengan yang dipakai untuk menuju ke pantai Parangtritis. Perbedaannya ketika sebelum melewati tempat penarikan retribusi masuk Pantai Parangtritis, maka teman – teman traveler harus belok ke kanan mengikuti petunjuk menuju ke Pantai Depok.

Harga Tiket Pantai Depok

  • Satu sepeda motor + 2 penumpang : IDR 4.000
  • Mobil IDR 5.000 + tiket perorangan IDR 5.000

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Ngrenehan yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *