close

Kuliner Unik Jogja yang Bikin Kamu Ingin Mampir Lagi

shutterstock_438712885
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kota Pelajar memang dikenal sebagai surganya kuliner yang unik dan enak. Selain rasanya yang sedap, harganya pun ramah di kantong.

Selagi kamu berada di sana, jangan sampai kelewatan deh menyicipi sedapnya kuliner unik Jogja berikut ini.

Dihimpun dari berbagai sumber oleh Reservasi.com, (06/03/2017) ini dia daftar kuliner unik Jogja yang wajib kamu jajal saat liburan ke sana

1. Gudeg Mercon


Kalau bicara tentang kuliner Jogja, sudah pasti langsung teringat gudeg. Ya, makanan berbahan dasar nangka dengan cita rasa yang manis ini memang dikenal sebagai makanan tradisional Kota Pelajar.

Kalau kamu ingin cicipi sensasi berbeda saat makan gudeg, coba deh datang ke warung Gudeg Mercon Bu Tinah di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Yogyakarta. Gudeg di sana dibuat dengan rasa yang super pedas dan membakar lidah.

Warung sederhana ini buka pada pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Cocok banget deh jadi tempat nongkrong kamu dan teman-teman selama di Jogja.

Sajian gudeg yang ada di warung ini sudah dilengkapi dengan berbagai tambahan mulai dari sate ati ampela, ayam kampung, ceker, telor, gorengan, dan tumis sayur. Harga seporsi gudeg mercon cukup murah kok. Mulai dari Rp 15.000 kamu sudah bisa menikmati lezat dan pedasnya makanan tradisional Jogja ini.

2. Sate Klatak

A post shared by Cahaya Ayu (@cahayaayum) on


Para penggemar sate wajib banget datang ke tempat satu ini. Sate klatak merupakan sajian potongan daging kambing bakar yang ditusuk menggunakan jeruji besi. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan kematangan daging yang sempurna.

Penyajian satenya pun dibuat berbeda. Bukan dengan saus kecap atau saus kacang, melainkan kuah gulai. Terbayang kan empuknya daging dengan rasa manis berpadu dengan kuah yang gurih dan kental?

Kalau ingin menikmati sate klatak yang paling nikmat di Jogja, datang saja ke Kedai Pak Pong yang lokasinya ada di Jl. Imogiri Timur no. 7, Bantul. Seporsi sate klatak yang ada di sana dibanderol dengan harga Rp 25.000,-. Kalau sudah makan seporsi, dijamin akan ketagihan dan minta tambah lagi deh.

3. Tengkleng Gajah

Kalau dengar namanya, kamu mungkin akan bergidik ngeri. Tapi tenang saja. Tengkleng Gajah ini hanya sebuah kiasan kok.

Bahan yang digunakan untuk menu kuliner unik Jogja ini tetap menggunakan daging kambing. Karena porsinya yang besar, jadilah pengelola warung menyebutnya tengkleng gajah.

Tengkleng Gajah ini lokasinya ada di Jl. Kaliurang KM. 9,3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman. Tengkleng di sini terkenal dengan dagingnya yang empuk dengan kuah santan yang gurih.

Seporsi Tengkleng Gajah bisa kamu nikmati dengan membayar Rp 30.000. Kamu pun bisa pilih sendiri cara penyajian tengkleng favoritmu. Bisa digoreng, digulai, atau ditambahkan sambal bawang.

4. Bakso Klenger


Mau coba sensasi makan bakso yang tak biasa? Datanglah ke Bakso Klenger Jogja yang lokasinya ada di Jl. Wahid Hasyim No. 296 Nologaten. Tak jauh dari Ambarukmo Plaza.

Selain bakso berukuran reguler, kedai ini pun menyediakan bakso ukuran super. Mulai dari bakso yang beratnya 250 gram hingga 5 kg ada di sini. Harga tiap bakso pun bervariasi tergantung ukuran yang dipesan pelanggan.

  • Bakso reguler :  Rp 12.500,-
  • Bakso jumbo 250 gram : Rp 22.000,-
  • Bakso Extra Klenger 500 gram : Rp 45.000,-
  • Bakso Klenger Dahsyat 1 kg : Rp 75.000,-
  • Bakso Klenger 2 kg : Rp 150.000,-
  • Bakso Klenger 3 kg : Rp 300.000,-
  • Bakso klenger 4 kg : Rp 450.000,-
  • Bakso klenger 5 kg :  Rp 600.000,-

5. Mi Terbang


Kuliner unik dan kekinian ini juga hadir di Jogja lho. Mi terbang yang hits di sana ada lokasinya ada di Makan Minum Bistro, Jl.Taman Siswa No.156. Sajian mi dibuat unik dengan hadirnya sumpit atau garpu yang menggantung sendiri.

Di Makan Minum Bistro ini banyak varian mi terbang yang bisa kamu pilih. Ada mi goreng pedas, mi keju mozarella, double flying, dan masih banyak lagi. Semua menu yang ada di sana harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 15.oo0.

Selain makanan yang unik dan lezat, tempat kuliner unik Jogja ini pun cukup cozy untuk dipakai sebagai spot nongkrong bareng sahabat. Makan Minum Bistro ini buka setiap hari pukul 11.00 s.d 22.oo WIB.

Tags : KulinerYogyakarta

Leave a Response