15 Kuliner Wajib Coba Sepanjang Jalur Mudik Pantura - Reservasi Travel Blog

15 Kuliner Wajib Coba Sepanjang Jalur Mudik Pantura

Travel Destinations2
15 Kuliner Wajib Coba Sepanjang Jalur Mudik Pantura

Travel Blog ReservasiMudik menjadi sebuah momen seru di mana perjalanan menuju kampung halaman bisa menjadi ajang traveling sekaligus. Sepanjang perjalanan pemudik melintasi beberapa kota dan kabupaten yang menyimpan banyak ragam kuliner lezat.

Di jalur Pantura Jawa, 15 kuliner khas di bawah ini sangat menarik untuk dicoba. Cocok banget buat kamu yang hobi berwisata kuliner. Yuk simak satu per satu, jangan lupa masukkan dalam agenda kunjunganmu!

Baca 5 Kota yang Ditetapkan Jadi Destinasi Wisata Kuliner Nasional Ini Wajib Dikunjungi

Empal Gentong

Kudapan khas Cirebon ini berisi lontong daging yang dimasak dengan kuah santan mirip gulai. Daging dan jeroan sapi dimasak dalam kuali dari tanah liat yang disebut gentong. Jadilah makanan ini dinamai Empal Gentong, di mana empal merujuk pada daging.

empal gentong

Selain dengan lontong, empal gentong juga nikmat disantap bersama sepiring nasi. Cita rasa khas masakan ini dihasilkan dari proses memasaknya yang masih menggunakan alat tradisional dan kayu bakar.

Tahu Gejrot

Ada kuliner lezat lainnya dari Cirebon yaitu tahu gejrot. Tahu goreng yang sudah dipotong kecil-kecil disajikan dengan kuah pedas berwarna cokelat. Kuah ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, gula aren dan cabai.

tahu gejrot cirebon

Tahu yang digunakan adalah tahu Sumedang, tekstur luarnya garing lalu bagian dalamnya lembut dan agak kopong. Paduan yang lezat banget, gurihnya tahu dicocol dengan kuah pedas manis.

Telur Asin

Maju sedikit memasuki Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan pesona telur asin khas Brebes. Kalau kamu merupakan penggemar saus salted egg yang kekinian itu, tak ada salahnya menjajal cita rasa gurih asli telur asin. Bisa jadi bekal di perjalanan juga lho!

Nasi Megono

Di sepanjang wilayah Pemalang hingga Batang ada kuliner lezat dan mengenyangkan bernama Nasi Megono. Nasi campur ini berisi nangka muda, kelapa parut yang sudah dibumbui dan ikan asin kecil. Semuanya dicampur rata lalu dihidangkan dengan tempe mendoan hangat.

Selain itu kamu juga bisa memilih aneka lauk pauk yang menggiurkan seperti lele goreng, ikan goreng, ayam goreng dan juga daging empal yang empuk yang sudah berbalut dengan bumbu kelapa yang membuatnya kian nikmat dan gurih.

Lunpia Semarang

 

kuliner sepanjang jalur mudik pantura
dzulfikaralala.com

Bagi kamu yang mudik ke arah Jawa Timur via jalur Pantura pasti melewati kota Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini punya banyak kuliner lezat yang sayang banget kalau dilewatkan, salah satunya lunpia.

Garingnya kulit lunpia diisi campuran rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Lunpia Semarang tersedia dalam versi basah (tanpa digoreng) dan kering (sudah digoreng).

Salah satu yang paling terkenal adalah Lunpia Gang Lombok Semarang. Lunpianya cukup besar dan cocok juga untuk dijadikan sebagai oleh-oleh mudik Lebaran dari kampung halaman.

Tahu Gimbal

Selain lunpia, coba juga lezatnya tahu gimbal yang berisi lontong, telur, potongan tahu, gimbal, sayuran dan disiram kuah kacang. Gimbal adalah sejenis bakwan yang berisi udang. Kamu juga bisa membeli gimbalnya saja lho untuk camilan!

Tahu Gimbal berbeda dengan tahu pong. Namun keduanya memiliki kelezatan yang sama. Jika ke Semarang, kamu wajib mencicipi atau membawanya sebagai oleh-oleh khas dari kota Bandeng.

Bandeng Presto Semarang

Kalau ingin membawa oleh-oleh, bandeng presto bisa menjadi pilihan tepat. Kini tak hanya presto saja, ada banyak olahan bandeng lainnya yang bisa kamu temukan di Semarang. Ada otak-otak, pepes, hingga kerupuk bandeng. Menarik semua kan?

bandeng presto semarang

Beberapa Bandeng Presto yang terkenal seperti Bandeng Juwana. Cara pengolahannya pun sangat tradisional.  Atau jika ingin mencoba Bandeng Presto yang lainnya bisa mencicipu Bandeng Presto Ibu Darmono yang punya toko di daerah Tambak Redjo, Semarang.

Nasi Brongkos

Sekitar satu jam perjalanan dari Semarang, kamu akan tiba di Demak untuk menjajal nasi brongkos. Brongkos adalah olahan aneka sayur berkuah santan, isinya berupa potongan kentang, wortel, buncis dan kacang merah.

Brongkos disajikan dengan potongan tahu yang disusun di atas nasi putih. Makanan ini lebih mudah ditemukan saat pagi hari karena populer sebagai menu sarapan.

Pindang Daging Kerbau

Kalau biasanya masakan pindang berbahan dasar ikan, maka tidak di Kudus. Di kota ini ada banyak olahan daging kerbau salah satunya nasi pindang kerbau. Bumbunya mirip rawon sehingga berwarna hitam pekat.

Penggunaan daging kerbau berawal dari toleransi Sunan Kudus terhadap umat Hindu di wilayah tersebut selama menyebarluaskan ajaran agama Islam. Sapi dianggap sebagai hewan suci bagi umat Hindu. Maka sebagai gantinya daging kerbau yang banyak diolah sebagai makanan.

Soto Kudus

Selain pindang kerbau, icip juga segarnya soto Kudus yang berkuah bening. Uniknya, soto Kudus tak hanya menggunakan daging ayam saja. Bagi kamu yang suka boleh menggantinya dengan daging kerbau lho!

Sego Gandul

Nah, bergerak lagi ke Utara Jawa Tengah akan membawamu tiba di Pati. Kawasan pesisir ini menawarkan Sego Gandul yang lezat dan mengenyangkan. ‘Sego’ adalah Bahasa Jawa untuk nasi, sementara gandul mengacu pada kuali yang menggantung di pikulan para pedagangnya.

Seporsi Sego Gandul berisi nasi, potongan daging sapi, telur bacem, jeroan sapi, tempe goreng dan perkedel, lalu disiram kuah kental yang rasanya mirip gulai.

Mangut Ndas Manyung

Di kawasan sepanjang Pati-Jepara kamu akan menemukan Mangut Ndas Manyung atau mangut kepala ikan Manyung. Masakan ini berkuah santan dengan cita rasa pedas dan segar yang berasal dari potongan tomat. Cocok banget disantap dengan nasi hanat untuk menu makan siang!

Es Dawet Siwalan

Bergerak ke pantura Jawa Timur disambut yang segar-segar dari Tuban yaitu es dawet siwalan. Berbeda dengan dawet pada umumnya, dawet ini terbuat dari siwalan atau buah lontar. Warnanya putih kekeruhan, disajikan dengan santan, es batu dan gula merah cair.

Sepanjang jalur mudik di Pantura biasanya banyak berjejer pedagang Es Dawet Siwalan musiman. Bisa jadi alternatif sambil beristirahat menikmati Dawet sebelum melanjutkan perjalanan mudik Lebaran 2018.

Rawon

rawon
shutterstock

Siapa yang tak kenal dengan kudapan satu ini, rawon menjadi makanan wajib coba jika berkunjung ke Jawa Timur. Potongan daging sapi diolah dengan bumbu hitam gurih, lalu disajikan bersama tauge kering dan telur asin. Hmm, nikmat banget!

Rujak Soto Banyuwangi

Di ujung Timur pulau Jawa, jangan lupa mencicipi uniknya rujak soto khas Banyuwangi. Makanan ini berisi rujak sayuran, potongan daging atau babat, lalu disiram kuah soto segar. Biasanya disajikan dengan potongan lontong agar lebih mengenyangkan.

Menariknya penyajian rujak di Jawa Barat dan di Jawa Timur memiliki cukup banyak perbedaan meskipun dari namanya sama. Rujak di Jawa Barat pada umumnya merupakan campuran potongan buah dengan bumbu kacang pedas, sementara di Jawa Timur, rujak justru hampir mirip dengan lotek kalau di Sunda dan Gado-gado kalau di Betawi.

Seru juga ya, mudik ke kampung halaman sekalian menjajal kuliner khas Nusantara. Mau mampir ke mana dulu nih?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *