close

Agar Dekat dengan Kemujuran, Hindari Kuliner Pantangan Imlek Ini

shutterstock_170966903
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tahun Baru Cina selalu jadi momen yang paling ditunggu oleh warga keturunan Tionghoa. Saat seperti ini, makanan khas seperti mi, kue keranjang, atau jeruk mandarin tentu jadi menu yang harus ada di meja makan. Selain makanan wajib tersebut, ada pula lho kuliner pantangan Imlek.

Kira-kira apa ya?

Bubur Jadi Kuliner Pantangan Imlek

Mematuhi segala anjuran dan pantangan saat Imlek adalah hal yang wajib dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Sebab, mereka percaya jika apa yang dilakukan pada momen Tahun Baru Cina ini dapat membawa keberuntungan ataupun kesialan.

Berbicara tentang kuliner pantangan Imlek, ternyata bubur jadi makanan yang tabu untuk dikeluarkan saat Tahun Baru Cina. Seperti yang telah dirangkum oleh tim blog reservasi, menu satu ini dipercaya sebagai lambang atau simbol kemiskinan atau kesusahan.

Kuliner Pantangan Imlek
Pantang makan bubur saat Imlek (shutterstock)

Ada cerita rakyat yang mengisahkan jika pada zaman dulu ada sepasang orang tua yang hidup bersama seorang anaknya yang sudah dewasa. Sang anak adalah orang yang sangat malas. Dia tak pernah membantu orang tuanya yang sibuk bekerja dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Hingga orang tuanya meninggal pun, si anak masih tak bisa hidup mandiri. Ia hanya bergantung dengan warisan yang ditinggalkan kedua orang tuanya.

Saat harta yang dimiliki sudah benar-benar habis, sang anak bertahan hidup hanya dengan memakan bubur encer yang terbuat dari beberapa butir beras dan air.

Walaupun belum ditemukan sumber yang valid, namun ada pula yang mengatakan jika makan bubur merupakan wujud dari upaya penghematan orang Tionghoa. Mereka memiliki prinsip yang menarik yaitu “makan bubur sebelum sukses dan makan nasi setelah sukses”. Cukup unik, ya.

Menu Sarapan Favorit

Sambal dan kerupuk jadi topping andalan bubur khas Indonesia (shutterstock)

Pantang dikonsumsi saat Imlek, namun bubur jadi menu sarapan favorit masyarakat dunia di hari-hari biasa. Bubur yang bertekstur lembut, biasanya disajikan hangat lengkap dengan beberapa topping.

Mulai dari sayuran, daging, tahu, kacang, telur, hingga cakwe. Untuk masyarakat Indonesia sendiri, bubur biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk dan sambal. Selain untuk sarapan, bubur pun jadi makanan andalan penghangat tubuh saat kondisi badan sedang tidak begitu fit.

Seputar Tahun Baru Imlek 


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : ImlekKuliner

Leave a Response