close

Liburan ke Purwokerto? Ini Kuliner yang Harus Kalian Coba

Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Purwokerto sekarang hanya selemparan batu. Begitu kata orang-orang setelah dibukanya tol Cikampek Palimanan atau lebih hits dengan Cipali. Purwokerto tidak hanya sekedar terkenal karena penyanyi terkenal Mayang Sari, tetapi di Purwokerto juga ada salah satu Universitas Negeri Jenderal Sudirman dan lokasi wisata Baturaden.

Buat kalian yang ingin ke Purwokerto, kalian harus coba makanan, kuliner khas asli Purwokerto yang bakal bikin kangen balik lagi selain karena rasa dan harganya yang murah.

1. Soto Sokaraja

soto-sokaraja

 

Biasanya Soto di Jawa Tengah disebut juga Sroto. Sebetulnya Sroto merujuk juga pada kata Soto. Kenapa harus coba soto Sokaraja? Karena makanan inilah yang paling hits di Purwokerto. Sokaraja merupakan sebuah kecamatan di sebelah barat Purwokerto. Untuk menuju ke Sokaraja hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja kok. Meskipun masuk kabupaten Banyumas, Sokaraja lebih identik dengan Purwokerto.

Soto Sokaraja yang paling terkenal adalah Soto Kecik Sokaraja. Awal muasalnya diberikan nama Kecik karena zaman dulu di depan rumah makan soto tersebut ada pohon Kecik. Kecik menurut penduduk sekitar adalah biji Sawo. Karena pohon itulah hingga saat ini Soto tersebut dinamakan dengan Soto Kecik Sokaraja.

Selain soto Kecik ada juga beberapa soto Sokaraja yang sudah sangat dikenal masyarakat yakni Soto Sutri Sokaraja. Hanya saja tempatnya tidak berada di pinggir jalan.

Soto Sokaraja adalah salah satu kuliner Purwokerto yang enak disajikan panas-panas. Kalian bisa memilih daging ayam atau daging sapi, bisa juga dicampur dengan jeroan, tergantung dengan selera. Setelah itu dicampur dengan ketupat yang sudah dipotong-potong, tauge, daun bawang, dan yang khas adalah taburan kerupuk warna-warninya. Kalian boleh juga kok minta tambah taburan bawang gorengnya supaya lebih nikmat.

Biasanya supaya makan Soto Sokarajanya lebih mantap, bisa ditemani dengan tempe mendoan yang panas atau tahu goreng. Kalau masih suka yang kriuk-kriuk bisa juga ditemani dengan lanting atau kerupuk kulit ayam. Wah, kalau sudah ditambah dengan sambal kacangnya lebih surgawi banget deh.

2. Lumpia BOM

lumpia-bom

 

Lumpia Goreng Bom ini panganan dan kuliner yang sangat laris di Purwokerto, kebanyakan memang pembelinya adalah mahasiswa UNSOED. Satu porsi rata-rata hanya sekitar sepuluh ribuan. Ukuran Lumpianya diatas rata-rata lumpia pada umumnya. Isinya juga bermacam-macam, mulai dari jamur, jagung manis, baso, sosis, ayam, cumi, hingga udang. Tapi yang paling banyak dipesan adalah lumpia Bombastic karena isinya campur-campur.

Lumpia Bom ini memberikan pengalaman makan lumpia yang berbeda dari biasanya. Karena makannya bisa pakai nasi. Seperti makan pecel ayam atau pecel lele, lumpia goreng disajikan dengan sambal ekstra pedas dan beberapa lalapan. Yang juga khas adalah nasinya ditaburi dengan kremesan.

Lumpia BOM dikenal sebagai salah satu usaha yang merangkak dari tenda hingga sekarang memiliki warung yang nyaman. Salah satu usaha yang dinilai sukses di Purwokerto meskipun tergolong pemain baru.

3. Getuk Goreng

getuk-goreng
Getuk Goreng (foto instagram )

Oleh-oleh kuliner khas Purwokerto yang tidak lain dan tidak bukan adalah Getuk Goreng. Pusat oleh-oleh jajanan khas Purwokerto terletak di jalan utama Sokaraja. Makanan olahan dari singkong ini begitu unik dan menarik. Telah melewati berbagai zaman namun masih eksis dan bikin kangen.

Citarasa getuk goreng ini ada rasa manis-manisnya dan gurih dipermukaan lidah. Rasa manisnya asli dari gula kelapa dan bukan pemanis buatan.

Untuk soal rasa, kini Getuk Goreng menyesuaikan zamannya. Kalian bisa mencoba aroma rasa cokelat bahkan juga sudah ada rasa durian. Yang hingga kini dipertahankan sebagai kearifan lokal dalam panganan getuk goreng ini adalah kemasannya yang masih menggunakan anyaman bambu. Autentik dan berciri khas asli dari Purwokerto.

So, untuk kalian yang masih bingung mau makan apa di Purwokerto, kalian bisa mencobanya tiga rekomendasi dari Travel Blog Reservasi.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : KulinerPurwokertoSokaraja
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response