Ragam Kebiasaan Sarapan Pagi yang Bisa Menjadi Inspirasi Kalian - Reservasi Travel Blog

Ragam Kebiasaan Sarapan Pagi yang Bisa Menjadi Inspirasi Kalian

Travel Tips270
Ragam Kebiasaan Sarapan Pagi yang Bisa Menjadi Inspirasi Kalian

Travel Blog Reservasi – Berbicara tentang sarapan, menu sarapan pagi ternyata erat hubungannya dengan kultur setiap bangsa. Masing-masing negara mempunyai menu sarapan pagi yang khas dan sudah menjadi sebuah tradisi, sehingga bisa dijadikan paket wisata kuliner. Diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi, menjadikan dunia kuliner mengenal beberapa style menu sarapan pagi.

Sarapan pagi atau breakfast merupakan hal yang sangat dianjurkan karena mampu berperan aktif dalam memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh dalam beraktivitas dari pagi hingga siang dan menjelang sore hari. Ahli gizi dan kesehatan menyarankan agar sarapan pagi sebaiknya dilakukan sebelum jam sembilan. Terutama untuk anak-anak dan para pekerja yang membutuhkan energi cukup untuk menjaga konsentrasi pikiran dan aktivitas fisik.

Sarapan pagi penuh gizi

Foto kiriman Alice (@clean_eating_alice) pada

Sarapan pagi hendaknya banyak mengandung nutrisi (khususnya vitamin dan mineral) dalam jumlah besar dan mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi buah di pagi hari diyakini baik untuk detoksifikasi dan kesehatan pencernaan, karena buah dipercaya kaya akan kandungan serat yang baik bagi pencernaan dan meluruhkan kolesterol dari dalam darah.

Sarapan Pagi Ala Warga Prancis

Foto kiriman @torps62 pada

Orang Perancis sangat menghargai makanan yang sedang mereka makan. Oleh karena itu mereka selalu makan dengan tidak terburu – buru. Mereka benar – benar mengunyah dan menikmati apa yang ada di dalam mulut ketika makan. Dengan mengunyah lebih teratur maka mampu membakar kalori lebih banyak sehingga kerja usus untuk menyerap zat – zat bergizi di dalam makanan. Mengunyah makanan dengan baik diketahui bisa menjaga berat badan.

Tahu Batas Diri Saat Sarapan Pagi

Perut juga membutuhkan berhenti menerima makanan selang beberapa waktu, dan orang Perancis biasanya tahu kapan waktunya berhenti dan kapan waktunya makan lagi. Mereka hanya makan saat perut merasa benar – benar lapar, dan makan secukupnya serta berhenti makan sebelum benar – benar kenyang. Mereka lebih suka memilih buah sebagai makanan penutup daripada sajian penutup yang manis seperti es krim, aneka cake, minuman dengan tambahan sirup manis dan lain sebagainya.

Makan di Tempat yang Sesuai

Jika banyak orang yang melegalkan makan dimana saja, maka berbeda dengan gaya orang Perancis. Mereka hanya makan di tempat seharusnya mereka makan yaitu dalam ruang makan, tepatnya di meja makan. Mereka tidak membawa makanan ke depan tv atau ke kamar tidur sambil mengetik di depan komputer. Kecuali jika mereka sedang terburu – buru, itu pun saat sarapan pagi dan membawa bekal ke kantor.

Salah satu penelitian kesehatan yang erat kaitannya dengan wisata kuliner mancanegara menunjukkan bahwa orang Perancis selalu makan dalam jumlah yang sedikit tetapi dengan interval yang teratur, serta pandai mengkombinasikan makanan berlemak dengan sejumlah makanan segar serta diimbangi dengan rajin berolah raga. Juga, mereka terbiasa sarapan pagi dengan disiplin tinggi di dalam menerapkan pola makan yang sehat.

Secangkir kopi tanpa gula atau Cafe Au Lait

A post shared by Michelle (@micheller1161) on


Minuman tradisional Perancis ini menyerupai minuman panas bernama Caffe Latte, perbedaannya adalah kopi jenis ini dibuat dengan merebus kopi sekaligus dengan air, bukan seperti membuat kopi Espresso. Kemudian dicampur dengan susu yang di steam dengan perbandingan rasio 1:1. Kopi ini dikategorikan lebih lemah kandungan kafein dari secangkir Caffe Latte.

Café Au Lait (dalam bahasa Perancis artinya kopi susu pahit) merupakan campuran kopi hitam yang pahit dengan susu murni panas. Café Au Lait memiliki kesamaan dengan Caffé Latte tetapi Café Au Lait lebih banyak menggunakan kopi hitam dan bukan Espresso. Perhatikan perbandingannya yaitu campuran susu dengan kopi adalah sebesar 1:1 sehingga rasa dari kopi tidak terlalu menonjol tetapi tetap beraroma menyengat.

Orang – orang Perancis sangat suka meminum secangkir Café Au Lait pada saat makan pagi sebagai sarapan. Minuman ini akan semakin nikmat jika ditambah dengan bubuk chicory yang berasal dari akar tanaman chicory untuk memperkuat cita rasa kopi.

Utami Nila (Kontributor Bali)

*Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *