close

17 Kuliner Khas 17 Agustusan Hidangan Syukuran Kemerdekaan RI

Kuliner-Khas-17-Agustusan
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Makanan atau kuliner khas 17 Agustusan sudah pasti istimewa. Terlebih hidangan ini disajikan bagi para perserta dan tamu undangan dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Makanan khas yang bertema merah putih ini mungkin ada yang sudah kamu kenal namun ada juga makanan yang bisa jadi belum kamu ketahui. Apa saja daftarnya? Berikut infromasinya seperti dihimpun oleh Blog Reservasi, Rabu (9/8/2017).

Baca Wajib Coba! Ini 12 Mi Khas Nusantara yang Paling Menggugah Selera

1. Telok Pindang

telok pindang khas palembang liputan6com
Telok Abang, Telok Ukan, Telok Pindang, Ketan Sumpit (Liputan6.com/Nefri Inge)

Telok pindang adalah telur rebus dengan cara dipindang. Telok pindang sangat lekat dengan kuliner Pindang Musi Rawas di Palembang. Telok pindang direbus dengan air yang sudah tercampur asam.

2. Ketan Sumpit

Ketan sumpit adalah makanan sejenis lemper yang dijepit dengan sebuah sumpit. Ketan sumpit merupakan makanan pendamping yang bisa sama sama dinikmati dengan telok pindang, telok ukan atau telok abang.

3. Telok Ukan

Telok ukan adalah telor yang isinya merupakan campuran kocokan telur, santan dan bumbu rempah lainnya kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang telur lalu kemudian kukus sampai masak.

Diantara kuliner telok Palembang yang lain, proses penyajian telok ukan merupakan yang paling rumit namun memiliki rasa yang nikmat.

4. Telok Abang

Telok abang adalah telur rebus berwarna merah yang berasal dari Palembang. Telok abang selalu disajikan khusus pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Telok abang biasanya menggunakan telur bebek. Namun belakangan telok abang menggunakan telur ayam juga karena harganya lebih murah. Pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan sehingga akan untuk dikonsumsi.

Telok abang biasanya dijual dengan sebuah miniatur kapal. Miniatur kapal inilah yang membuat anak-anak tertarik untuk membeli telok abang.

Baca 17 Tempat Wisata Kuliner di Bandung dari yang Murah hingga Legendaris

5. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan dengan bentuk kerucut di dalam sebuah tampah atau nampan. Kemudian di sekelilingnya dilengkapi dengan lauk pauk seperti kering tempe, suwiran ayam, sambal goreng kentang, telur dadar yang sudah dipotong-potong kecil, perkedel hingga potongan kecil ayam goreng.

Nasi tumpeng biasanya disajikan sebagai ungkapan rasa syukur dalam rangka ulang tahun. Biasanya nasi tumpeng juga dijadikan sebuah lomba dalam perayaan kemerdekaan pada setiap tanggal 17 Agustus.

6. Ayam Tuturaga

ayam tuturaga
resepmakansedap.com

Ayam Tuturaga adalah makanan khas Manado dengan cata rasa pedas. Biasanya ayam tuturaga cocok disajikan saat musim hujan atau musim dingin untuk menghangatkan badan.

Tuturaga awalnya merupakan kuliner yang menggunakan bahan dasar daging penyu. Namun sejak penyu ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi, bahan dasarnya pun diganti dengan ayam.

Ayam tuturaga hampir mirip dengan opor ayam yang nikmat namun memiliki cata rasa yang lebih pedas sehingga lebih menggugah selera.

7. Rujak Nestapa

shutterstock

Rujak nestapa adalah kuliner khas dari Ambon seperti rujak biasa namun dengan menggunakan bumbu rujak yang lebih kental. Selain rasa pedas, rujak nestapa ini juga punya rasa asam dan manis.

8. Kohu-Kohu

Kohu-kohu adalah makanan khas dari Maluku berupa urap. Bahan utamanya sayuran seperti tauge, kacang panjang, parutan kelapa dan bedanya dengan urap di tanah Pasundan adalah campuran ikan cakalang yang istimewa. Rasanya gurih, mengenyegarkan dan menjadi favorit bagi warga Ambon.

Baca 5 Besar Jajanan Kaki Lima Favorit Dunia, Martabak Manis Indonesia Masuk dalam Daftar Lho!

9. Kerabu Betik

kerabu betik
shutterstock

Kerabu betik adalah urap yang menjadi makana khas dari Malaysia. Kerabu betik menggunakan bahan dasar pepaya muda dengan campuran rempah-rempah rasa gurih dan pedas. Kerabu betik juga terkadang menggunakan bahan lain seperti jantung pisang, pucuk pakis atau sayuran lainnya.

10. Selat Solo

Selat Solo adalah makanan khas Jawa yang dipengaruhi makanan khas Eropa. Selat Solo berasal dari kota Surakarta atau Solo. Bahan dasarnya menggunakan daging has dalam yang dimasak dengan beberapa rempah seperti pala, cengkeh, kayu manis hingga rempah lainnya yang membuat selat Solo memiliki kaya rasa.

11. Jaja Batun Bedil

Jaja Batun Bedil adalah makana khas dari pulau Bali. Jaja Batun Bedil menggunakan bahan dasar tepung ketan. Jaja Batun Bedil hampir mirip dengan bubur candil namun memiliki bentuk pipih. Rasanya manis dan kenyal.

12. Bandros

Bandros adalah makanan dengan bahan dasar campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kuliner khas asal Jawa Barat ini dihidangkan dengan taburan gula pasir. Sangat nikmat jika dinikmati hangat-hangat sebagai teman kopi atau teh.

Pedagang bandros hampir tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustusan. Tak heran jika bandros selalu menjadi kuliner wajib saat memperingati Kemerdekaan.

Baca 9 Kuliner Unik, Aneh dan Mengundang Kontroversi di Dunia

13. Celorot

celorot
shutterstock

Celorot adalah makanan dengan bahan dasar tepung beras dan santan. Bentuknya kerucut panjang seperti sebuah terompet yang dibungkus dengan daun kelapa. Kue khas dari Jawa Tengah ini memiliki rasa manis dan gurih. Populer juga di negeri tetangga seperti Malaysia dan Brunei.

14. Carabikang

Carabikang adalah makanan khas Jawa Tengah dengan bentuk seperti serabi berwarna-warni. Carabikang berbahan dasar tepung beras dengan rasa manis. Carabikang adalah camilan khas yang selalu disajikan saat perayaan hari Kemerdekaan RI.

15. Ikan Bakar Dabu Dabu

Ikan Bakar Dabu-Dabu adalah makanan khas berupa ikan yang dicampur dengan sambal dabu-dabu dari derah Manado. Ikan yang digunakan biasanya ikan tongkol. Sedangkan bahan dasar dabu-dabu adalah cabai merah dan cabai rawit dicampur dengan tomat merah dan tomat hijau dengan rasa segar dari jeruk lemon.

Baca 6 Penemuan Unik dalam Dunia Kuliner yang Memudahkan Pelanggan

16. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom
shutterstock

Nasi tutug oncom adalah makana khas Jawa Barat dengan bahan dasar nasi liwet yang dicampur dengan oncom pedas. Oncom adalah olahan kedelai jamur tempe dengan rasa khas. Tutug oncom menjadi sajian pada saat pesta selain sajian nasi liwet yang memiliki wangi khas dan rasa yang pulen.

17. Ayam Goreng Paniki

Ayam goreng paniki adalah makanan khas dari Manado. Rasanya sudah pasti pedas dan menggugah selera. Tak heran jika Ayam Goreng Paniki termasuk salah satu hidangan yang pas untuk memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus.

Baca artikel tentang kuliner lainnya dari Reservasi.com

Tags : 17 AgustusKuliner

Leave a Response