close

Olahan Daging Kambing Khas Nusantara Selain Sate dan Gulai

krengseng

Travel Blog Reservasi – Tepat hari ini warga tanah air merayakan Idul Adha. Perayaan Idul Adha selalu identik dengan hewan kurban, baik itu sapi, domba, maupun kambing. Kamu yang kedapatan daging kambing namun bingung ingin diolah seperti apa. Maka kamu bisa menyontek olahan daging kambing khas nusantara berikut ini, agar daging kambing yang kamu dapatkan tak melulu diolah jadi sate maupun gulai. Tak hanya itu kamu juga bisa “berburu” olahan daging kambing khas nusantara langsung dari daerah asalnya.

Gulai Kambing Kacang Hijau Khas Jawa Timur

Gulai kambing memang sudah sangat dikenal di Nusantara bahkan gulai jadi olahan yang sering diolah saat perayaan Idul Adha. Jika kamu mau coba penganan gulai kambing yang sedikit berbeda maka di Jawa Timur-lah tempatnya.

gulai-kambing-kacang-hijau
Sumber gambar: minumkopi.com

Di Jawa Timur hadir gulai kambing yang menggunakan kacang hijau. Kacang hijau yang saat matang, pecah bercampur dengan kuah gulai, memberikan sensasi rasa yang unik. Kacang hijau yang hadir di gulai memberikan sifat mengentalkan dan memberikan sentuhan rasa khas kacang hijau. Rasa kacang hijau di gulai membuat cita rasa gulai kambing menjadi lebih kaya, apalagi jika ditambah dengan roti cane atau roti Maryam yang memiliki khasiat menambah kebugaran dan vitalitas.

Jika kamu malas memasak olahan daging kambing yang satu ini, kamu bisa mencicipi gulai kambing kacang di salah satu warung milik Buchori di kawasan Wisata Religi Sunan Apel, Surabaya.

Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo

Salah satu olahan kambing khas Gorontalo, Sulawesi Utara adalah Kambing Bakar Balanga. Cara pembuatan Kambing Bakar Balanga terbilang unik karena pembuatannya diproses di atas wajan atau belanga dengan api yang begitu panas. Kambing bakar Balanga akan semakin nikmat rasanya jika dihidangkan dengan nasi kebuli.

kambing-bakar-balanga
Sumber gambar: tabloitnova.com

Jika kamu berkesempatan untuk berlibur ke Gorontalo, maka kamu bisa mampir ke Rumah Makan Diva di Jalan Panigoro untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

(Baca juga: Fakta Dibalik Foto Indah Makanan Para Food Blogger di Instagram)

Krengsengan Khas Surabaya

Krengsengan mungkin sedikit asing di telinga kamu, tapi cita rasa kuliner yang satu ini tidak kalah dengan makanan khas Jawa Timur lainnya. Krengsengan merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya Surabaya yang rupanya sekilas mirip semur yang berbahan dasar daging kambing.

krengseng
Sumber makanan: resepmakanan.net

Daging kambing dalam krengsengan dipotong kecil-kecil, lalu diberi aneka bumbu yang terdiri dari tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan pala. Semua bumbu tersebut dihaluskan dan ditambahkan kecap saat memasaknya, sehingga membuat kuahnya berwarna cokelat tua.

Krengsengan memiliki paduan rasa yang sedikit manis dengan tekstur daging yang empuk. Tak hanya terdapat daging kambing tapi olahan daging kambing ini biasanya dicampur dengan jeroan kambing.

Bagi kamu yang ingin mencicipi krengsengan. maka kamu bisa mencicipinya di sekitar warung di pinggir jalan Surabaya dengan kisaran harga antara Rp15.000 – Rp25.000 lengkap bersama nasi putih.

Jadi, untuk Idul Adha tahun ini olahan kambing khas daerah mana yang akan kamu masak?


Kamu yang berencana mencicipi kuliner asli langsung dari daerah asalnya? Dapatkan langsung saja tiket pesawatnya di reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Kuliner

Leave a Response