Kuliner Enak Khas Lombok, Jangan Sampai Terlewatkan - Reservasi Travel Blog

Kuliner Enak Khas Lombok, Jangan Sampai Terlewatkan

Travel Destinations475
Kuliner Enak Khas Lombok, Jangan Sampai Terlewatkan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Jalan-jalan ke Lombok tanpa mencicipi salah satu kuliner enak khas Lombok rasanya seperti sayur tanpa garam, kurang komplit. Sembari berkunjung ke salah satu area wisata, alangkah baiknya jika kamu juga mengunjungi warung makan yang menyajikan kuliner enak khas Lombok.

Daripada penasaran, berikut kuliner enak khas Lombok yang sayang banget kalau dilewatkan berdasarkan pilihan Reservasi.com yang dihimpun dari berbagai sumber ini.

Baca 14 Oleh Oleh Khas Lombok yang Awet dan Tahan Lama Dibawa Pulang

Ares

Ares adalah sayur yang bahan utamanya berasal dari batang pisang muda. Batang pisang yang digunakan untuk mengolah sayur ares adalah pisang kepok. Kamu yang penasaran sama cita rasa dari sayur ares, wajib banget cobain kalau liburan ke Lombok. Sayur ini konon hanya disajikan saat acara adat saja. Tapi seiring berjalannya waktu, sayur ini sudah banyak dijual di pinggir jalan atau pusat kuliner di Lombok.

Ayam Taliwang

Kuliner ayam taliwang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Makanan ini tidak hanya ditemukan di Lombok saja, tapi juga di Jakarta. Soal cita rasa, ayam taliwang khas Lombok mungkin masih jadi juara di lidah. Ayam ini dimasak dengan balutan bumbu khas Lombok, kemudian dibakar sampai bumbunya menyerap ke dagingnya.

kuliner enak khas lombok
shutterstock

Beberuk Terong

Kalau kamu salah satu pecinta olahan terong, kamu juga harus coba beberuk terong yang dikenal sebagai kuliner enak khas Lombok. Ada dua jenis terong yang digunakan untuk mengolah makanan ini, yaitu terong panjang dan terong bulat.

Cara memasak kedua jenis terong berbeda. Terong yang bentuknya panjang biasanya dibakar sampai sedikit gosong, kemudian dicampurkan dengan sambal plencing. Sedangkan terong bulat tidak perlu dibakar, cukup dicampur langsung dengan bumbu khas Lombok dan siap disantap.

Nasi Balap Puyung

Kita mungkin sering mendengar yang namanya mie balap. Selain mie balap, ternyata ada juga yang namanya nasi balap puyung. Makanan ini menjadi salah satu kuliner enak khas Lombok yang rasanya sangat gurih. Menu lezat ini terdiri dari nasi putih, sambal, kentang goreng, dan biji kedelai yang digoreng.

Salah satu keunikan nasi balap puyung adalah sambal yang ditaruh di atas nasi. Sambal ini bukan sambal biasa, melainkan sambal pedas yang menjadi sambal wajib suku sasak. Sama seperti namanya, nasi balap puyung bisa kamu temukan di Desa Puyung, Kab. Lombok Tengah.

Kelaq Batih

Salah satu kuliner enak khas Lombok yang paling sulit didapat adalah kelaq batih. Jangankan di restoran, makanan yang satu ini juga sudah sulit didapat di warung makan biasa. Saking sulitnya didapat, maka warung makan atau restoran yang menyediakan menu kelaq betih pasti cepat habis.

Keunikan dari kelaq batih adalah bumbu tradisional yang rasanya sangat khas. Bumbu ini nantinya ditambahkan saat rebusan biji buncis tua sudah empuk. Satu mangkuk kelaq batih biasanya terdiri dari biji buncis tua dan daun singkong muda.

kuliner enak khas lombok
shutterstock

Sate Tanjung

Sate juga jadi kuliner enak khas Lombok yang sayang kalau dilewatkan saat kamu liburan ke Lombok. Tidak seperti sate biasa yang hanya disajikan dengan lontong, bawang goreng, dan kuah sate. Kalau sate tanjung biasanya disajikan dengan lontong dan aneka sayuran, seperti plencing kangkung dan urap. Sate ini bisa kamu temukan hampir di semua warung yang ada di Daerah Tanjung, Lombok Utara.

Baca 10 Hotel Unik Bernuansa Romantis untuk Honeymoon di Lombok

Ikan Bakar Pantai Nipah

Bersantai di tepi pantai rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi ikan bakar pantai nipah. Menu ini biasanya disajikan bersama nasi putih dan aneka sambal khas Lombok, salah satunya adalah sambal plencing. Supaya cita rasa ikan bakar ini semakin lezat, sajikan dengan beberuk terong.

Kamu yang kepingin menikmati ikan bakar pantai nipah bisa langsung datang ke salah satu pantai yang ada di Lombok. Soalnya menu ini tersedia hampir di semua pantai disana.

Masih penasaran sama cita rasa aneka kuliner enak khas Lombok di atas? Silahkan cus, cobain salah satu kuliner yang sudah disebutkan di atas kalau kamu lagi liburan di Lombok.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *