Kuliner Enak Khas Banyuwangi yang Paling Banyak Dicari - Reservasi Travel Blog

Kuliner Enak Khas Banyuwangi yang Paling Banyak Dicari

Travel Destinations440
Kuliner Enak Khas Banyuwangi yang Paling Banyak Dicari shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tempat wisata dan kuliner merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Pernah dengar yang namanya daerah Banyuwangi? Beragam kuliner enak khas Banyuwangi bisa kalian jadikan pilihan bila suatu hari ingin berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur ini.

Yang namanya kuliner, sudah pasti rasanya enak meskipun kadang suka zonk ya. Kali ini Reservasi.com sudah merangkum berbagai kuliner enak khas Banyuwangi yang pasti buat air liur jatuh, rasanya juga tidak perlu dipertanyakan.

Baca 10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Unik dan Menarik

1. Pecel Pitik

Pecel pitik menjadi salah satu kuliner enak khas Banyuwangi yang banyak diincar oleh para wisatawan lokal maupun asing. Rasanya enak dan sedikit manis karena ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya. Satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan kelapa.

2. Sego Tempong

Segi tempong atau yang akrab dikenal sebagai nasi tampar merupakan menu makan siang asli Banyuwangi yang sayang kalau dilewatkan. Dinamakan nasi tampar karena rasanya yang benar-benar nendang di lidah. Satu bungkus nasi tempong sudah jelas tidak cukup ya, apalagi porsinya tidak terlalu banyak.

Satu buah nasi tempong dihargai Rp 7.000 saja. Murah kan? Sudah enak, murah, duh apalagi? Silahkan dicoba ya kalau kalian penasaran.

3. Sambal Lucu

Pertama kali mendengar nama ini, kalian bakal bingung sendiri. Oke, nama “sambal lucu” berasal dari sebuah tanaman yang dinamakan “tanaman lucu” di Banyuwangi. Jadi, jangan heran ya kalau nama olahan makanannya jadi sambal lucu.

Rasa sambal ini pedas, cocok untuk kalian yang suka pedas. Untuk mendapatkan sambal ini, kalian bisa langsung mengunjungi warung makan yang ada di pinggir jalan. Karena memang sambal lucu ini menjadi salah satu menu andalan masyarakat Banyuwangi.

4. Rujak Soto

Rujak yang sering kalian makan biasanya terdiri dari potongan buah-buahan yang segar, Kalau ini sedikit beda, karena isi rujaknya adalah aneka sayuran, lontong, daging babat, telur, dan siraman kuah soto. Dinamakan rujak soto karena bumbu yang dipakai untuk membuat rujak soto merupakan bumbu rujak. Penasaran sama rasanya? Silahkan dicoba ya.

5. Pecel Rawon

kuliner enak khas banyuwangi
shutterstock

Nama pecel rawon sudah terkenal hampir di seluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia. Pecel rawon terenak ya ada di Banyuwangi. Makanan ini menjadi salah satu kuliner enak khas Banyuwangi yang juga wajib kalian coba. Rasanya nendang abis dan pedas. Apalagi potongan daging empal yang empuk, buat selera makan kalian jadi bertambah. Satu porsi pecal rawon biasanya dihargai sebesar Rp 25 ribu – 35 ribuan, tergantung tempatnya.

6. Nasi Kalak

Nasi putih dicampur dengan mie kuning, sepertinya sudah biasa ya. Tapi, nasi kalak khas Banyuwangi ini nggak boleh dilewatkan kalau kalian berkunjung ke Banyuwangi. Meskipun tampilannya sangat sederhana, tapi cita rasanya mantap benar. Sebagai menu pelengkap nasi kalak, kalian bisa memesan aneka minuman yang segar dan dingin. Soalnya rasa nasi kalak ini agak sedikit pedas.

7. Nagasari

Tepung beras, gula, santan kelapa, pandan, sedikit garam, ditambah dengan pisang, itulah bahan utama untuk membuat nagasari yang enak ini. Makanan ini sangat cocok disajikan di sore hari sebagai makanan ringan saat bersantai. Hidangkan bersamaan dengan kopi panas supaya lebih enak.

Baca 20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing

8. Klemben

Klemben termasuk salah satu makanan ringan yang terbuat dari telur, tepung terigu, dan gula. Ketiga bahan ini nanti akan dicampur sampai menjadi adonan yang kalis, lalu dibentuk menyerupai bentuk kura-kura ataupun berbentuk lonjong. Kuliner enak khas Banyuwangi ini sangat cocok kalian santap saat bersantai di sore hari bersama orang-orang tercinta. Rasanya gurih, manis, dan pasti enak, dijamin nggak akan nyesal.

Setiap daerah memang memiliki keunikan sendiri, termasuk dari segi kuliner. Sebut saja kuliner enak khas Banyuwangi seperti yang disebutkan di atas. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah. Demikian ulasan mengenai kuliner enak khas Banyuwangi menurut Reservasi.com.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *