Kudapan dan Jajanan Khas Indonesia Ini Akan Memperkaya Pengalaman Berburu Kuliner Nusantaramu - Reservasi Travel Blog

Kudapan dan Jajanan Khas Indonesia Ini Akan Memperkaya Pengalaman Berburu Kuliner Nusantaramu

Travel Destinations434
Kudapan dan Jajanan Khas Indonesia Ini Akan Memperkaya Pengalaman Berburu Kuliner Nusantaramu

Travel Blog Reservasi – Selain alam yang indah, dan banyak budaya yang unik, Indonesia memiliki kuliner khas di seantero provinsi yang ada. Tentunya kalian bisa mencicipinya sekalian traveling keliling indonesia. Misalnya beberapa kudapan dan jajanan khas Indonesia yang ini akan menambah pengalaman kuliner kalian yang menyenangkan. Beberapa diantaranya bahkan sudah susah dicari loh!

Nah, simak baik – baik, kudapan dan jajanan khas Indonesia ini akan memperkaya pengalaman berburu kuliner nusantaramu!

1. Bubur Kampiun, Bubur Jawara yang Menggoda!

bubur-kampiun-bubur-jawara-yang-menggoda

Entah kenapa dinamakan dengan Bubu Kampiun, konon katanya karena pencipta bubur ini menang dalam kontes lomba memasak di tahun 60an. Sementara nama Bubur kampiun sendiri berasal dari bahasa belanda ‘Kampioen’ yang artinya pemenang. Apapun, yang jelas ini adalah Bubur sumsum dengan campuran kolak ubi, pisang, candil, bubur delima hingga ketan hitam bercampur dalam satu mangkuk.

Iya, itulah bubur kampiun yang dikenal sebagai jajanan khas Minangkabau. Campuran berbagai macam jenis makanan tersebut bukan terasa aneh, tetapi malah menghasilkan perpaduan rasa manis, legit dan gurih tercampur dalam satu kenikmatan. Bubur yang satu ini isinya memang sangat komplit. Pun aslinya dari Minangkabau, bubur ini bisa ditemukan dengan mudah di kota-kota lain di Indonesia.

2. Kicak, Jajanan Pasar Tradisonal Ala Jawa

kicak

Kicak adalah jajanan tradisional legendaris khas Jawa. Kicak ini sebenarnya adalah jajanan pasar, yang tentunya bisa banyak kalian temukan di kota Yogyakarta. Kicak ini dulunya dibuat dari bahan baku berupa singkong. Namun sekarang sudah banyak diolah dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut, gula, vanilli, garam, daun pandan masak dan juga potongan kecil buah nangka sebagai tambahan.

Rasa jadah yang gurih dan dipadukan dengan kerenyahan parutan kelapa ditambah gula yang manis menjadikan Kicak sebagai kudapan yang sempurna. Yang membuat Kicak istimewa adalah potongan nangka dan daun pandannya. Sehingga aroma Kicak ini sangat menggoda sebagai menu pembuka saat makan. Ketika bulan ramadhan, panganan ini dapat dengan mudah kalian temukan di Pasar Sore Ramadhan Kauman di Yogyakarta.

3. Es Selendang Mayang, Namanya Menggoda, Rasanya Tiada Duanya

es-selendang-mayang-namanya-menggoda-rasanya-tiada-duanya

Tampilannya begitu cantik, rasanya yang segar juga menggoda dan menggugah selera. Siapapun yang meminum es selendang mayang ketika sedang kehausan, pasti rasa haus dan lapar hilang seketika. Es Selendang Mayang ini berisi perpaduan kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu, tepung beras, atau tepung hunkwe. Meski sekarang mulai jarang ditemukan, tetapi kalau kalian main ke Kota Tua yang ada di Jakarta, pasti kalian bisa menemukan dengan mudah jajanan khas Indonesia yang satu ini.

4. Es Pallu Butung Dan Es Pisang Ijo, Si Penyegar Dahaga Dari Celebes

es-pallu-butung-dan-es-pisang-ijo-si-penyegar-dahaga-dari-celebes

Bisa dibilang, inil adalah duo jajanan khas Indonesia yang paling terkenal dari Sulawesi Selatan. Namanya memang terlihat begitu berbeda namun sebenarnya kedua jajanan khas Indonesia ini sama-sama berbahan dasar pisang. Pun sama-sama terbuat dari pisang, es pallu butung dan es pisang ijo ini memiliki perbedaan yang mudah ditemukan kok.

Es pallu butung ini tidak memiliki lapisan kulit berwarna hijau, sedangkan pada es pisang ijo memiliki lapisan kulit berwarna hijau yang tebuat dari tepung beras. Untuk menyantapnya tinggal menambahkan saja es serut, sirup coco pandan dan susu kental manis. Slurrp! Segarnya!

5. Lamang, Lengket, Tetapi Gurih dan Menggoda

lamang-lengket-tetapi-gurih-dan-menggoda

Di beberapa daerah di Indonesia, jajanan ini dikenal dengan beberapa nama. Misalnya, Lomang (Batak), lemang (Melayu) dan lamang (Minangkabau). Pun sebenarnya itu adalah tiga nama yang diucapkan dan ditulis mirip untuk menyebutkan nama satu jajanan yang sama.

Lemang sendiri juga bisa diartikan sebagai suatu metode memasak beras menjadi nasi dengan menggunakan wadah bambu. Ada dua cara untuk menyantap lemang tapai ini, pertama bisa dicocol dengan tapai hitam. Atau yang kedua diiris tipis – tipis dan dimakan bersama srikaya, selai atau durian. Perpaduan air ketan hitam dan lemang yang gurih akan memberikan sensasi tersendiri pada saat memakannya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *