close

Krisis Diplomatik di Kawasan Teluk, Qatar Airways Terkungkung Zona Terbang

Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Qatar Airways akhirnya menghentikan semua rute penerbangan menuju Arab Saudi menyusul krisis diplomatik yang terjadi. Qatar Airways berada dalam posisi yang sangat sulit menyusul sekutu Arab Saudi yang juga memutuskan hubungan diplomatik.

Sebaliknya maskapai menuju Doha pun dibekukan oleh beberapa maskapai seperti Etihad Airways yang bermarkas di Abu Dhabi, disusul Air Arabia dan FlyDubai dalam merespon krisis diplomatik yang terjadi.

Baca Begini Hidangan Buka Puasa Istimewa di Pesawat Qatar Airways dan Emirates

Qatar Airways
shutterstock

Akibat dari krisis diplomatik di kawasan teluk Qatar Airways diperkirakan akan terkungkung zona terbang negara tetangga yang sudah memutus persahabatan negara.

Qatar hampir dikelilingi zona terbang Bahrain, begitu juga di bagian selatan yang berbatasan dengan zona terbang Arab Saudi. Sepertinya tak ada ruang bagi Qatar Airways untuk terbang terlebih bagian timur pun berbatasan dengan zona terbang Uni Emirat Arab, seperti dilansir dari businessinsider, Selasa (7/6/2017).

Sumber: IVAO

“Kehilangan zona terbang Saudi, Bahrain, dan UEA sangat efektif untuk membuat Qatar Airways tidak bisa terbang” tutur CAPA-pusat penerbangan dalam laporannya.

Ketika dikonfirmasi, Qatar Airways belum bisa memberikan jawab terhadap tantangan di depan mata akibat krisis diplomatik yang terjadi.

Baca Bikin Iri, Profesi Unik Keliling Dunia Sambil Bikin Ulasan Makanan di Pesawat

Begitu juga dengan Bahrain dan UEA yang belum jelas apakah akan tetap memberikan izin zona terbangnya digunakan oleh Qatar Airways untuk melintas. Perlu diketahui bahwa Qatar, Bahrain dan UEA termasuk negara yang menandatangani International Air Services Transport Agreement sehingga Bahrain dan UEA tidak bisa begitu saja mentup zona terbangnya bagi Qatar.

Namun bagi Saudi Arabia yang tidak termasuk negara yang menandatangani perjanjian IASTA, akan semakin mudah untuk menutup ruang gerak Qatar Airways untuk melewati zona terbangnya. Semakin sempitnya zona terbang bagi Qatar Airways akan mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang sangat padat, terlebih saat ini Qatar Airways merupakan salah satu maskapai terbaik dunia yang pernah mendapatkan penghargaan dari Skytrax pada tahun 2015.

Baca pesawat, ramadan, dan luar negeri.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : PesawatQatar Airways
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response