9 Kota Tujuan Mudik Favorit dari Tahun ke Tahun, Kampungmu Salah Satunya? - Reservasi Travel Blog

9 Kota Tujuan Mudik Favorit dari Tahun ke Tahun, Kampungmu Salah Satunya?

Travel Destinations174
9 Kota Tujuan Mudik Favorit dari Tahun ke Tahun, Kampungmu Salah Satunya? shutterstock

Travel Blog ReservasiMudik menjadi tradisi tahunan yang selalu terjadi di Indonesia. Setelah berpuasa sebulan penuh, para perantau bersiap pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga. Segala jalur ditempuh, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Dari seluruh daerah di Indonesia, Reservasi.com merangkum 9 tujuan mudik favorit yang selalu ramai pengunjung dari tahun ke tahun. Daftar berikut dihimpun dari berbagai sumber yang dipantau dari banyaknya rute perjalanan transportasi umum dan kepadatan arus lalu lintas menuju ke sana. Apakah salah satunya menjadi tujuanmu mudik kali ini?

Baca 5 Tips Rencanakan Traveling Hemat Supaya Cicilan Tidak Bengkak Setelah Mudik Lebaran

Yogyakarta

Daerah istimewa di Selatan pulau Jawa ini langganan menjadi tujuan mudik favorit setiap tahunnya. Tiket kereta, bus, dan pesawat menuju Yogyakarta selalu cepat habis terjual.

Warga Yogyakarta dan sekitarnya seperti Sleman, Magelang, dan Bantul banyak yang merantau ke ibu kota. Nggak heran setiap Lebaran selalu dibanjiri para pemudik.

Selain itu, Yogyakarta juga menjadi tujuan wisata para pemudik yang melintasi atau berada di sekitar kawasan ini. Mereka mengincar obyek wisata budaya, belanja batik di Malioboro atau Beringharjo, hingga pelesiran ke pantai.

tempat wisata malam di yogyakarta
shutterstock

Semarang

Setiap tahun, liputan arus mudik selalu melaporkan kemacetan parah di kawasan Pantura Jawa. Hal ini dikarenakan kota Semarang masuk dalam daftar tujuan mudik favorit. Pemudik dengan tujuan Demak, Kudus, Ambarawa, Salatiga, dan sekitarnya pasti melalui kota ini. Banyak juga yang tujuan akhirnya memang di Semarang. Apakah kamu salah satunya?

Solo

Berjarak sekitar satu setengah jam dari Yogyakarta, kota Solo atau Surakarta juga menjadi tujuan mudik favorit dari tahun ke tahun. Rute kereta api dan penerbangan yang berhenti di Solo biasanya membawa pemudik dengan tujuan Boyolali, Wonogiri, Klaten, dan sekitarnya.

Kota Solo juga menawarkan banyak wisata budaya yang diminati para pemudik. Ada Keraton Surakarta Hadiningrat, pusat perbelanjaan batik, hingga ragam kuliner dengan cita rasa khas yang otentik.

Purwokerto

Beralih ke jalur Selatan pulau Jawa, Purwokerto menjadi tujuan mudik favorit yang nggak kalah rami tiap tahunnya. Pemudik yang menuju kawasan Banyumas biasanya memilih kereta api tujuan Purwokerto, lalu menlanjutkan perjalanan dengan bus.

Surabaya

Di bagian Timur pulau Jawa, Surabaya menjadi tujuan favorit para pemudik dari berbagai daerah. Selain dari jalur darat dan udara, pelabuhan Tanjung Perak menerima pemudik dari Kalimantan dan Sulawesi juga. Sejak dulu, Kalimantan memang dikenal sebagai tujuan rantau para penduduk pulau Jawa.

Cirebon

Di perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah, kota Cirebon juga menjadi tujuan mudik favorit. Selain warga asli yang pulang dari perantauan, stasiun kereta api Cirebon dan Cirebon Prujakan sering dijadikan tempat transit bagi para pemudik yang kehabisan tiket.

Tingginya peminat moda transportasi kereta api dari tahun ke tahun menyebabkan beberapa orang harus rela memangkas perjalanan di tengah. Misalnya untuk tujuan Semarang, penumpang yang kehabisan tiket satu perjalanan langsung bisa membeli tujuan Cirebon. Selanjutnya disambung dengan kereta api lain menuju Semarang.

Bandung

Selain Cirebon, Bandung juga menjadi tujuan favorit pemudik di kawasan Jawa Barat. Sama seperti Yogyakarta, di hari raya Idul Fitri pengunjung kota Bandung nggak cuma pemudik tapi juga wisatawan domestik. Mereka mengincar spot-spot wisata dan kulineran yang makin banyak bermunculan di Kota Kembang ini.

Padang

Beralih ke Sumatera, Padang adalah salah satu kota tujuan mudik favorit dari tahun ke tahun. Orang-orang asli Padang sejak dulu terkenal pandai berdagang. Mereka bisa merantau hingga jauh untuk menjajakan aneka dagangan, salah satunya ke pulau Jawa.

tempat wisata di Padang
Shutterstock

Medan

Kamu pasti pernah mendengar rumor, bahwa orang Medan itu pantang pulang kampung sebelum sukses. Banyak warga aslinya yang merantau jauh sejak usia muda. Maka nggak heran kalau kota Medan menjadi salah satu tujuan mudik favorit dari tahun ke tahun.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *