close

Kota Mati Fukushima yang Menarik Perhatian Fotografer Dunia

fukushima jepang 3
boredpanda

Travel Blog ReservasiFukushima merupakan daerah terlarang yang terkena radiasi nuklir seperti di Chernobyl. Kondisi kota yang ditinggalkan ini saat ini benar-benar sangat memprihatinkan karena telah ditinggalkan penduduknya.

Setelah terjadi tragedi gempa bumi dan kerusakan reaktor nuklir, pemerintah Jepang akhirnya melarang siapapun untuk memasuki kota Fukushima terutama dalam radius 28 kilomter dari pusat radiator nuklir yang rusak.

Meskipun menjadi kota mati yang ditinggalkan penduduknya, kota ini malah menjadi salah satu daya tarik beberapa fotografer dunia. Beberapa ada yang meminta izin untuk melakukan pemotretan ada pula yang menerobos masuk untuk mendapatkan foto-foto tanpa izin.

Kota Fukushima di Jepang sudah ditinggalkan oleh para penduduknya sejak tahun 2011. Sayangnya justru ternyata masih ada beberapa hewan liar dan hewan peliharaan yang masih hidup di Kota. Pemerintah Jepang sengaja melakukan isolasi terhadap hewan-hewan tersebut untuk meminimalisasi kontak dengan hewan lain.

Melihat kenyataan betapa banyaknya hewan yang berada di kota, seorang relawan berinisitif memberi makan hewan-hewan terlantar ini secara rutin.

Dampak radiasi nuklir pada manusia tidak bisa dipandang sebelah mata. Begitu juga dengan dampaknya terhadap kehidupan, flora dan fauna yang pasti terkena radiasi.

Trauma bom atom yang meluluh lantakkan Hiroshima dan Nagasaki menjadi salah satu bukti potret kengerian akan tragedi nuklir di masa lalu yang membekas amat dalam hingga saat ini.

Itulah mengapa pemerintah Jepang tak pernah bisa berkompromi dengan kerusakan reaktor nuklir yang berada di Kota Fukushima, Jepang.

Seperti apa kondisi Kota Fukushima saat ini? Berikut foto-fotonya seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (28/8).

Matsamura (55 tahun) relawan yang merawat hewan terlantar

fukushima now
boredpanda

Meski berbahaya, Matsamura tetap memberi makan hewan terlantar ini

fukushima now
boredpanda

Fotografer asal Polandia harus menggunakan baju khusus

fukushima now
boredpanda

Sebuah kelas yang ditinggalkan persis saat proses belajar mengajar berlangsung

fukushima now
boredpanda

Fotografer asal Malaysia yang berhasil menerobos masuk

fukushima now
boredpanda

Meski Berbahaya, Kota Fukushima ini benar-benar menjadi objek foto yang eksotis

fukushima now
boredpanda

Meskipun kota ini benar-benar terlarang, namun tidak sedikit beberapa fotografer yang memaksa masuk. Pemerintah Jepang sebetulnya memberikan izin khusus yang bisa didapatkan secara tertulis. Namun tidak semua permohonan bisa dikabulkan demi alasan keamanan dan keselamatan.

Beberapa hewan-hewan yang diproteksi di kota mati ini, saat ini sudah terlihat terkena dampak radiasi. Seperti sapi-sapi yang ditinggalkan sudah memiliki kelainan pada kulitnya yang memiliki bercak-bercak berwarna putih. Diduga sapi-sapi tersebut mengalami perubahan degeneratif karena memakan rumput yang terkena radiasi.

Baca artikel menarik lainnya tentang tempat wisata di Jepang dari Reservasi.com

Leave a Response