close

Kereta Bandara Soekarno – Hatta Siap Beroperasi Awal Desember

kereta bandara
Twitter Railink

Travel Blog Reservasi – Hari Kamis lalu (23/11) Kementerian Perhubungan dan PT Railink melakukan uji coba kereta bandara Soekarno – Hatta.

Uji coba dilakukan dari Stasiun Bandara Soekarno – Hatta ke Stasiun Batu Ceper (Tangerang) dengan jarak tempuh sejauh 12,3 km.

Di hadapan wartawan, Menteri Perhubungan – Budi Karya mengungkapkan bahwa kereta bandara akan mulai beroperasi awal Desember 2017.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Menhub mengatakan saat ini tanggal pastinya belum ada. Sekitar tanggal 1 – 3 Desember, tergantung jadwal Presiden Jokowi.

Selama satu bulan uji coba, kereta bandara Soekarno – Hatta hanya akan melayani dua stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno – Hatta.

PT Railink menggunakan 10 trainset KRL yang masing-masing terdiri dari 6 kereta. Kapasitas tempat duduk per trainset adalah 272 kursi.

Interior Kereta Bandara Soekarno - Hatta
Kredit Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika Setia

Setiap gerbong kereta memiliki fasilitas yang lengkap. Tidak hanya tempat duduknya yang nyaman dan berpendingin udara, di dalam kereta bandara juga ada fasilitas wi-fi dan toilet.

Dengan headway (jarak keberangkatan antarkereta) 30 menit, akan ada 82 perjalanan yang mampu mengangkut 33.000 penumpang setiap harinya.

Nantinya kereta bandara Soekarno – Hatta akan melalui 5 stasiun yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Dari stasiun paling ujung yaitu Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soekarno – Hatta waktu tempuhnya hanya 55 menit.

Berapa Harga Tiket Kereta Bandara Soekarno – Hatta?

Kalau kamu mau coba naik kereta bandara, pas banget nih. Selama masa uji coba, PT Railink menjual harga tiketnya sebesar Rp30.000 saja sekali jalan.

Ini merupakan tarif promo dan berlaku hanya hingga 1 Januari 2017. Setelahnya akan berlaku tarif normal yaitu Rp100.000 sekali jalan.

Tampak depan kereta bandara Soetta
Kredit Foto: Twitter Railink

Lalu bagaimana cara beli tiketnya?

Dilansir dari Liputan6.com, pihak Railink mengungkapkan bahwa mereka telah mengembangkan sistem pemesanan tiket tersendiri yang dinamakan Airport Railways Ticketing System (ARTS).

Jadi nantinya kalau kamu mau beli tiket, seluruhnya akan dilakukan nontunai melalui aplikasi di smartphone, booking lewat website atau lewat mesin tiket (vending machine).

Baca juga berita menarik lainnya seputar travel di Travel News Reservasi.com.

Tags : appsbandaraKereta

Leave a Response