Kekurangan dan Kelebihan Mudik dengan Kereta Api Vs Pesawat - Reservasi Travel Blog

Kekurangan dan Kelebihan Mudik dengan Kereta Api Vs Pesawat

Travel Tips410
Kekurangan dan Kelebihan Mudik dengan Kereta Api Vs Pesawat

Travel Blog Reservasi – Menurut data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) data pemudik tahun 2017 yang menggunakan pesawat terbang naik menjadi 12,88 persen jika dibandingkan dengan data tahun sebelumnya.

Namun tidak bisa dimungkiri jika kereta api masih menjadi moda transportasi paling favorit bagi para pemudik. Alasannya karena tiket kereta api jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tiket pesawat terbang. Tapi, dari data Kemenhub tersebut bisa jadi pemudik tahun 2018 yang menggunakan pesawat terbang akan mengalami peningkatan.

Jika dibandingkan antara kereta api dengan pesawat terbang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan, yuk kita simak saja apa kelebihan dan kekurangan ketika mudik menggunakan kereta api vs pesawat terbang.

Baca 18 Tips Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

Pemesanan Tiket

Saat ini sangat banyak channel yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan baik tiket kereta api maupun tiket pesawat terbang secara online.

Soal pemesanan secara online, kamu bisa menggunakan channel resmi pemesanan tiket kereta api melalui PT KAI Persero. Sedangkan untuk pemesanan tiket maskapai penerbangan pun bisa dilakukan melalui situs resminya langsung.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan diskon tiket pesawat untuk mudik lebaran, akan lebih baik jika memesan melalui online travel agent terpercaya seperti Reservasi.com. Selain bisa memesan tiket pesawat, kamu bisa sekaligus memesan hotel untuk di kampung halaman. Jaga-jaga saja kalau rumah nenek tiba-tiba ramai dengan sanak famili yang juga ingin numpang menginap selama libur lebaran.

Jadi, untuk pemesanan tiket sama-sama imbang baik untuk pemesanan tiket mudik dengan Kereta Api atau pun pemesanan tiket mudik dengan pesawat terbang.

“Boarding”

Untuk ketentuan boarding kini tidak berbeda jauh lo. Dengan menggunakan kereta api pun kini penumpang sudah wajib boarding minimal satu jam sebelum keberangkatan.

Penumpang juga wajib untuk melakukan pencetakan boarding pass maksimal 15 menit sebelum keberangkatan. Jika terlambat mencetak boarding pass, tiket akan dianggap hangus.

Sedangkan dengan menggunakan pesawat terbang kamu bisa melakukan web check ini 24 jam sebelum keberangkatan. Supaya kalau telat datang ke bandara tidak perlu lagi repot check in di konter, apalagi jika tidak ada koper yang perlu dimasukkan ke bagasi pesawat.

Meskipun begitu, proses boarding menggunakan pesawat terbang jauh lebih rumit dan lebih lama prosesnya jika dibandingkan dengan proses boarding kereta api.

Sebabnya, ada banyak pengecekan yang perlu dilakukan demi keselamatan penerbangan. Misalnya pengecekan barang bawaaan dan juga pemeriksaan imigrasi jika kamu mudik dari luar negeri.

terminal 4 bandara changi Singapura3
(c) DzulfikarAlala

Durasi Perjalanan

Jika dikalkulasikan dengan pemeriksaan dan pengecekan saat boarding bisa jadi durasinya hampir sama. Namun durasi perjalanan dengan pesawat sudah pasti lebih cepat jika dibandingkan dengan kereta api.

Misalnya lama perjalanan dengan kereta api dari Jakarta ke Surabaya diperkirakan selama 12 sampai dengan 13 jam perjalanan. Sedangkan dengan menggunakan pesawat terbang hanya sekitar 1.5 jam saja.

Jika kamu memiliki waktu libur lebaran yang singkat karena harus segera kembali melakukan pekerjaan, sebaiknya pilih pesawat terbang untuk moda transportasi yang aman dan nyaman untuk mudik lebaran.

Suasana Perjalanan

Suasana perjalanan di kereta api jelas sangat berbeda dengan menggunakan pesawat terbang. Jika kamu terbiasa menggunakan kereta api mungkin tak ada salahnya sesekali mudik dengan pesawat terbang. Begitu juga sebaliknya.

Yang jelas, masing-masing menawarkan sensasi perjalanan yang berbeda-beda. Jika ingin menikmati Indonesia dari udara, sudah tepat jika menggunakan pesawat terbang. Namun, jika ingin menikmati keberagaman Indonesia dari Jakarta hingga Jawa Timur, kamu bisa menggunakan kereta api.

Baca Daftar Harga Kelebihan Bagasi Pesawat dengan Rute Domestik

Pemeriksaan dan Ketentuan Bagasi

Untuk ketentuan bagasi pesawat, setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakannya masing-masing. Misalnya saja ada yang mengizinkan membawa bagasi ke dalam kabin dengan ukuran antara 7 kg sampai dengan 10 kg. Sementara itu ada juga yang memberikan free bagasi sampai dengan 15 kg ke dalam bagasi pesawat.

Sementara ketentuan bagasi di kereta api tidak jauh berbeda dengan di pesawat. Penumpang yang menggunakan kereta api diizinkan untuk membawa barang tidak lebih dari 20 kg ke dalam kereta. Dimensi maksimal yang diizinkan adalah 70 cm x 48 cm x 30 cm. Jika melebihi dari batas yang diizinkan akan dikenai biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca artikel menarik lainnya tentang mudik dari Resrevasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *