close

Kebun Raya Jompie Parepare, Hutan Kota Terbaik di Sulawesi Selatan

kebun raya jompie
Illustrasi (shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Indonesia tak hanya punya Kebun Raya Bogor ataupun Kebun Raya Cibodas, tapi juga punya Kebun Raya Jompie.

Kebun Raya Jompie ini termasuk salah satu kebun raya di Indonesia yang memiliki kawasan hutan kota alami. Di Indonesia, hanya ada dua kota di Indonesia yang memiliki kawasan hutan kota alami yang luas, yaitu Bogor dan Parepare.

Tentang Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie dibangun sejak tahun 1920. Hutan kota ini menyimpan keanekaragaman hayati serta menjadi objek wisata dan pusat penelitian tumbuhan tropis, khususnya tanaman endemik Sulawesi.

Tak hanya pernah mendapat penghargaan sebagai hutan kota terbaik, namun hutan seluas 13,6 hektar ini juga diputuskan oleh Pemerintah Pusat sebagai hutan kota terbaik di Sulawesi Selatan.

Selain sebagai hutan kota, kebun raya Jompie ini juga ditetapkan sebagai pusat koleksi dan konservasi tumbuhan kawasan pesisir Wallacea dengan menonjolkan keanekaragaman tumbuhan obat, tumbuhan adat dan ethobotani.

Baca juga:

sumber gambar: instagram @aras_mtma

Lokasi Kebun Raya Jompie

Kawasan kebun raya ini dahulunya bernama Celebes Tour, kebun raya ini merupakan bagian dari kompleks Hutan Alitta.

Lokasinya terletak di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang, Sulawesi Selatan dengan jarak dari pusat Kota Parepare sekitar 3,5 kilometer.

Untuk menuju ke Kebun Raya Jompie terbilang mudah, karena kawasan kebun raya Jompie sangat dekat dengan akses jalan menuju Kabupaten Pinrang dan Sidrap.

Sumber gambar: instagram @aras_mtma

Hal Istimewa Kebun Raya Jompie

  • Hutan Jompie merupakan hutan kota terbaik keenam se-Indonesia pada saat Resepsi Kenegaraan HUT RI ke-65.
  • Pemerintah Pusat juga memutuskan kebun raya ini sebagai hutan kota terbaik di Sulawesi Selatan.
  • Memiliki keanekaragaman tumbuhan. Menurut analisis dari Tim Analisis Vegetasi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  • Keanekaragaman di sini terdiri dari 90 jenis yang berasal dari 81 marga tumbuhan. Sebanyak 7 jenis di antaranya telah teridentifikasi secara lengkap. Sepuluh jenis baru diketahui marganya, dan tiga jenis baru teridentifikasi sampai pada tingkat suku. Beberapa di antaranya diketahui sebagai tumbuhan langka.
Sumber gambar: meliaaa.it.student.pens.ac.id

Fasilitas di Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie tak hanya menghadirkan berbagai jenis tumbuhan namun juga menghadirkan berbagai fasilitas, seperti :

  • Kolam renang
  • Kolam habitat air tawar
  • 14 Unit Shelter (tempat istirahat)
  • Area perkemahan
  • Ruang Pertemuan
  • Saluran Drainase
  • Jalan setapak yang menjangkau setiap sudut kawasan
Tags : IndonesiaKebun RayaSulawesiSulawesi Selatanwisata alam

Leave a Response