close

Kebun Binatang Bandung, Tempat Liburan Paling Asik untuk Keluarga

orang-utan-kebun-binatang_1
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bandung memang terkenal dengan wista alam, namun jangan salah di Badnung ini juga terdapat tempat wisat dimana kalian bisa belajar tentang fauna. Iya, di Kota Kembang, Bandung ini terdapat sebuah Kebun Binatang. Namanya dikenal sebagai Kebun Binatang Bandung. Setiap akhir pekan, kebun binatang ini pun selalu dipenuhi oleh pengunjung dari sekitar kota Bandung.

Lokasi kebun binatang ini berada di Jalan Kebon Binatang no. 6 Taman Sari, Bandung, berdekatan sekali dengan lokasi kampus ITB dan Sungai Cikapundung. Luas lahan kebun binatang adalah sebesar 13,5 hektar. Setengahnya dimanfaatkan sebagai area pertamanan,  20% dari lahan digunakan untuk area kandangan hewan, dan sisanya dibuat area bermain, kolam perahu dan area perkantoran.

gajah-kebun-binatang_1

Berdasarkan sejarahnya, Kebun Binatang Bandung disebutkan sudah berdiri dari tahun 1930. Kebun binatang ini ada sejak jaman kolonial, dan didirikan oleh Bandungse Zoological Park yang waktu itu dipimpin oleh direktur Bank Dennis, Hoogland. Kebun Binatang Bandung ini awalnya lebih dikenal dengan nama Derenten. Dalam bahasa Sunda Derenten artinya adalah dierentuin, yang dalam bahasa Indonesia berarti kebun binatang.

Kemunduran kebun binatang Bandung terjadi pada zaman penjajahan Jepang. Ketika itu, salah satu tempat wisata di Bandung yang keren ini kurang terkelola. Sampai akhirnya, setelah kemerdekaan yaitu pada tahun 1948 dilakukan rehabilitasi besar-besaran untuk mempercantik kembali kebun binatang ini. Perubahan besar juga terjadi pada tahun 1957. Pada tahun itu, Zoological Park dibubarkan dan kemudian diganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari.

(Baca Juga : Ini Dia 8 Wisata Alam Anti Mainstream Bandung!)

Di kebun binatang ini kalian menikmati indahnya koleksi satwa yang tediri lebih dari 200 jenis. Mulai dari satwa yang dilindungi dan juga tidak dilindungi. Selain itu, tidak hanya satwa dari dalam negeri saja, yang ada disini. Tetapi juga satwa yang berasal dari luar negeri bisa dilihat di Kebun Binatang Bandung ini. Sampai sekarang ini, pihak pengelola terus berusaha untuk menambah koleksi satwa-satwa ini. Selain memiliki daya tarik tinggi untuk menarik para wisatawan, penambahan satwa akan memberi nilai tambah untuk kebun binatang.

Kebun binatang Bandung tak hanya mempertunjukkan hewan-hewan lucu saja. Pasalnya, setengah area kebun binatang juga dijadikan sebagai taman. Selain untuk pengunjung, taman tadi juga berguna sebagai pelindung bagi para satwa dari cuaca yang kurang bagus. Flora yang ada di kebun binatang ini juga berfungsi menjadi daerah penghijauan di kota Bandung yang mulai penuh sesak. Kebun Binatang Bandung ini juga merupakan salah satu dari paru-paru utama kota Bandung.

buaya-kebun-binatang

Untuk dapat mencapai kebun binatang ini sangatlah mudah, karena lokasinya yang persis berada di pusat kota. Bahkan kebun binatang yang ada di pusat Kota Bandung ini bisa juga diakses dengan transportasi umum. Misalnya, kalian bisa mencapai kebun binatang dengan menggunakan angkutan umum.

Kalian bisa menaiki beberapa angkot dengan rute seperti jurusan Panghegar-Dipatiukur, Cisitu-Tegallega, Kebon Kalapa-Dago, Cicaheum – Dago, Cicaheum-Ciroyom, Caringin-Sadang Serang, atau angkot jurusan Dago-Caringin.

Untuk yang punya kendaraan pribadi, kalian bisa menuju ke kebun binatang dengan mudah. Kalian cukup keluar di pintu tol Pasteur, lalu ambil arah menuju Dago. Kalian tinggal belok ke arah Taman Sari. Jika lalu lintas sedang tidak macet, dari pintu tol pasteur hingga ke kebun binatang kira-kira hanya akan memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai salah satu tempat wisata yang berada di tengah kota Bandung ini.

Sebelum masuk ke dalam Kebun Binatang Bandung, kalian sebaiknya membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk kebun binatang Bandung sendiri tidak sampai IDR 25.000. Harga yang cukup murah, jika dibanding dengan apa yang akan kita dapatkan ketika berkeliling di dalam kebun binatang nanti.

(Baca Juga : Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Yang Penuh Misteri)

Bahkan, ketika kalian baru sampai di bagian depan kebun binatang, kalian pasti akan segera disambut dengan kicauan burung dan sekawanan gajah yang lucu. Tak jauh dari situ juga terdapat kandang burung yang tinggi. Jika tertarik, kalian dan keluarga bisa ikut memberi makan para gajah lucu yang ada di kebun binatang ini. Namun ingat, kaliah harus memberi makan gajah sesuai instruksi dari petugas kebun binatang ya.

Berlanjut ke baguan dalam kebun binatang, kalian akan memasuki area reptil. Disini kalian bisa menemui berbagai jenis ular. Katanya sih beberapa hewan reptil ini sudah jinak, asalkan kalian tidak mengusik mereka. Masih berada tak jauh ari area ular berada, terdapat area hewan yang bisa ditunggangi pengunjung. Beberapa hewan yang biasa ditunggangi di Kebun Binatang Bandung ini antara lain adalah gajah dan unta.

Jika kalian bertamasya ke kebun binatang ini dengan adik kecil, maka kalian bisa mencoba mengajaknya untuk berkeliling kolam buatan yang ada di kebun binatang ini. Kalian bisa bertualang mengelilingi kolam buatan dengan perahu kayuh atau sepeda air berbentuk angsa berwarna-warni.

Kalian bisa menyewa perahu di area tersebut dengan tarif yang murah. Hanya dengan sekitar kurang dari IDR 5000 kalian bisa berkeliling danau. Tak jauh dari kolam buatan ini juga tersedia area bermain untuk si kecil. Misalnya mainan favorit anak kecil seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, komidi putar  dan lain sebagainya. Menyenangkannya lagi, semuanya boleh dipakai dengan gratis!

harimau-kebun-bintang

Tempat wisata di tengah kota bandung ini memang menarik! Kebun Binatang Bandung ini memang kaya akan berbagai jenis binatang. Pastikan kalian tidak akan melewatkan untuk melihat hewan Owa Jawa yang keren dan eksotis, babirusa yang unik, hingga kumpulan banteng yang terlihat seram namun menawan. Di Kebun Binatang Bandung ini juga terdapat sekawanan beruang dan macan yang menjadi favorit disini.

Jangan takut mereka lepas, atau takut tidak bisa mengambil gambar para binatang di kebun binatang ini dengan bebas. Beberapa hewan ini dikurung menggunakan fiberglass, jadi kalian dapat mengambil gambar para hewan di kebun binatang dengan lebih bebas. Jadi jangan sampai kalian tidak membawa kamera ketika mengunjungi Kebun Binatang Bandung.

Masalah makanan selama berada di area kebun binatang tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena di dalam area ini ada banyak tersedia tempat makanan dan foodcourt untuk memanjakan lidah dan memuaskan perut kalian. Mulai dari masakan khas Bandung hingga yang lainnya bisa kalian pilih di area foodcourt. Menu yang enak seperti batagor, ayam goreng, nasi timbel juga tersedia di tempat ini dengan harga yang cukup masuk akal.

Jika kalian beruntung, bisa jadi kalian akan menikmati makan siang sambil ditemani pertunjukkan-pertunjukkan kesenian yang kadang diadakan di dalam area kebun binatang. Pertunjukan di kebun binatang Bandung pun bermacam-macam. Mulai dari pertunjukkan tari-tarian, sampai kesenian khas Jawa Barat.

Sebenarnya jika dilihat lebih dekat, keasyikkan Kebun Binatang Bandung ini tidak hanya bisa dinikmati ketika kalian berada di dalamnya saja. Pada bagian luarnya pun kalain sudah bisa menikmatinya. Misalnya seperti sejuknya udara khas Bandung, lengkap dengan banyaknya penjual jajanan dan makanan khas bandung yang menggugah selera.

(Baca Juga : Kelaparan Di Bandung? Ini Tiga Mie Ramen Paling Populer Di Kota Kembang)

Di bagian luar kebun binatang ini, kalian juga bisa menyewa kuda atau delman untuk sekedar mengelilingi area kebun binatang sambil berfoto-foto. Bermacam-macam souvenir dan juga cinderamata juga bisa kalian beli di tempat ini. Mulai dari tas, mainan sampai kerajinan tangan khas Bandung juga bisa kalian beli untuk oleh-oleh orang rumah.

Nah, untuk kalian yang ingin liburan ke Bandung, sebaiknya segera merencanakan liburan kalian ke kebun binatang keren di Bandung ini ya!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BandungKebun BinatangLiburanSatwa
Reservasi.com

The author Reservasi.com

No Comment

  1. Ulasannya lengkap banget. Itu foto penulis juga kah?..

    Bandung memang salah satu tempat yg banyak daerah wisatanya. Artikelnya bagus, apalagi kalau memang sesuai dengan pengalaman penulis sendiri.

Leave a Response