Kawah Putih Ciwidey, Pesona Keindahan Danau Kawah di Barat Bandung - Reservasi Travel Blog

Kawah Putih Ciwidey, Pesona Keindahan Danau Kawah di Barat Bandung

Travel Destinations338
Kawah Putih Ciwidey, Pesona Keindahan Danau Kawah di Barat Bandung

Travel Blog Reservasi – Kawah Putih Ciwidey! Mungkin ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu fenomenal! Bisa dibilang, kalau tempat wisata yang ada di Bandung Barat ini tidak boleh kalian lewatkan sama sekali! Selain tempat wisata ini menyenangkan, Kawah Putih ini adalah salah satu tempat wisata yang terkenal.

Saking terkenalnya tempat wisata yang ada di Ciwiedey ini adalah salah satu tempat wisata yang pengunjungnya selalu ramai, tak pernah sepi, bahkan cenderung penuh pada musim liburan dan hari besar. Nah, sekarang mari mengenal lebih dekat dengan wisata kawah yang terletak di puncak gunung Patuha ini.

Lokasinya berada di ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah Putih ini memiliki keunikan yang tiada duanya, yaitu pemandangan danau kawah yang berwarna putih kehijauan dan mengandung belerang. Letaknya ada di Gunung Patuha yang totalnya terdapat dua buah kawah.

kawah-putih-adalah-salah-satu-tempat-wisata-favorit-di-bandung-barat

Yang pertama adalah Kawah Putih yang sudah terkenal dan Kawah Saat berada tak jauh, di sebelah barat dari kawah Putih. Dari sejarahnya disebutkan kalau kedua kawah ini terbentuk karena letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abad ke-10 dan abad ke-12.

Sebelum menjadi tempat wisata favorit seperti sekarang, dulu Kawah Putih Ciwidey terkenal sebagai tempat yang angker dan seram. Memang ketika itu tempat ini begitu sepi, hingga tak ada satupun makhluk hidup yang mau melewati tempat tersebut.

Namun mitos tersebut tak berlaku dalam jangka waktu yang lama, karena dipatahkan oleh ilmuwan yang bernama dr. Franz Wilhelm Junghun. Dengan berani dia menembus hutan yang dianggap angker tadi, dan melihat ada apa sebenarnya didalam. Ternyata dia malah menemukan sebuah kawah berwarna putih, yang hingga sekarang dikenal sebagai Kawah Putih Ciwidey. Asap belerang yang keluar dari kawah putih juga yang menjelaskan kenapa hewan tidak berani melintasi daerah ini.

(Baca Juga : Ide Destinasi Liburan Ke Bandung Yang Asik Nan Seru!)

Tempat wisata keren ini lokasinya berada di kecamatan Ciwidey yang berada kurang lebih sekitar 46 kilometer dari pusat kota Bandung. Jika liburan kesini, sebaiknya memulai perjalanan menuju Kawah Putih dari pagi hari. Karena selain jalanan masih sepi, tempat wisata Kawah Putih ini baru dibuka mulai pukul 7.00 pagi sampai pukul 17.00 sore setiap harinya.

kawah-putih-yang-berwarna-mirip-seperti-susu

Ketika sampai di dekat kawah, terlihat danau yang berwarna putih seperti susu dengan hiasan kepulan asap diatas permukaannya. Kadang asap tercampur dengan kabut di sekitar area kawah. Memang warna air di Kawah Putih Ciwidey ini tidak selalu berwarna putih. Sesekali air akan berwarna hijau kebiru-biruan.

Satu yang harus diwaspadai selama kalian berada di Tempat Wisata Kawah Putih. Bau belerang yang tajam! Bagi sebagian orang, mungkin bau menyengat ini akan sangat menggangu. Bahkan bagi yang tidak tahan bau belerang yang kuat ini bisa menyebabkan batuk.

(Baca Juga : Situ Patenggang, Tempat Wisata Di Bandung Yang Romantis)

 

Jadi untuk kalian yang tidak tahan dengan baunya, tidak disarankan untuk berada di area dengan level kadar belerang yang tinggi dalam waktu lama. Maksimal, 15 menit, tidak lebih kalau tidak ingin bermasalah dengan bau belerang. Kalau perlu, gunakan masker untuk mengurangi paparan dari bau belerang.

Selain kawah, tidak jauh dari tempat tersebut, terdapat sebuah goa buatan yang cukup dalam. menurut cerita yang beredar, gua itu dulunya dijadikan sebagai penambangan belerang. Entah benar atau tidak, sekarang gua tersebut terkesan sebagai tempat yang sudah ditinggalkan.

pintu-masuk-menuju-area-kawah-putih

Tiket masuk ke tempat wisata alam Bandung yang indah ini tidak terlalu mahal. Hanya dengan merogoh kocek IDR 15.000 rupiah, kalian sudah bisa langsung masuk menuju area Kawah Putih. Namun, untuk turis asing harga tiket masuk akan berbeda dan jauh lebih mahal daripada tiket untuk turis lokal.

(Baca Juga : Ini Dia 8 Wisata Alam Anti Mainstream Bandung!)

Udara dingin mungkin akan menusuk kulit ketika berada di Kawah Putih Ciwidey yang berada di ketinggian, karena itu sempatkan untuk mampir ke warung yang ada disini, dan mencoba minuman khas yang bernama Bandrek. Bandrek ini adalah minuman tradisional khas daerah Jawa Barat yang bisa memberi efek hangat ke tubuh.

Fasilitas di Kawah Putih Ciwidey ini cukup memadai dan lengkap. Seperti area arkir yang luas juga tersedia, transportasi transit dari area parkir menuju kawah, tempat ibadah, tempat makanan hingga pusat informasi wisata untuk turis.

kendaraan-yang-akan-mengantarkan-dari-parkir-hingga-ke-area-kawah

Cara menuju kawah putih juga sangat mudah. Jika kalian menuju ke Kawah Putih dengan kendaraan pribadi, kalian bisa keluar dari pintu tol Kopo, lalu mengarahkan kendaraan kalian menuju Soreang, dan berlanjut ke arah selatan hingga ke Ciwidey. Diperjalanan, kalian akan melewati Bumi Perkemahan Rancaupas, tempat kemping di Bandung Barat yang menyenangkan.

Kurang lebih setelah lewat 20-30 menit perjalanan dari Ciwidey, kalian akan melihat tanda masuk menuju gerbang tempat wisata Kawah Putih yang ada di sebelah kiri jalanan utam. Dari gerbang, lokasi Kawah Putih sudah tidak terlalu jauh lagi, sekitar 15 menit jika ditempuh dengan kendaraan.

tangga-untuk-naik-dan-turun-ke-area-kawah

Sementara itu, cara menuju Kawah Putih dengan kendaraan umum adalah dengan naik angkot menuju Ciwidey dari terminal Kebon Kalapa atau Leuwih Panjang di Bandung. Angkot tadi rutenya hanya sampai di Ciwidey, saja. Dari Ciwidey untuk menuju Kawah Putih kalian harus naik angkot dengan rute menuju Situ Patengang. Setelah itu kalian hanya tinggal turun di pintu gerbang masuk ke Kawah Putih Ciwidey.

Nikmati saja perjalanan menuju Kawah Putih dengan senang. Karena kalian akan melewati beberapa tempat wisata Bandung barat yang tidak kalah menarik. Misalnya, ada Ranca Upas, kolam renang Cimanggu, hingga perkebunan strawberry tempat dimana kalian bisa memetik buah strawbery sendiri.

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

Di dekat Kawah Putih Ciwidey ada beberapa alternatif tempat menginap nyaman. Misalnya tempat menginap di Kawah Putih Ciwidey yang lokasinya dekat dengan Pemandian Cimanggu. Kalian bisa menginap sekaligus menikmati pemandian air panas dan juga kolam renang yang memang dibuka untuk umum. Di tempat ini juga banyak permainan untuk anak-anak. Sebuah tempat yang tepat untuk acara rekreasi keluarga.

Namun jika kalian mencari tempat yang lebih private, dan bagus, kalian bisa mencoba di penginapan Walini. Di tempat itu terdapat beberapa vila yang indah dengan yang kapasitas penghuni yang cukup banyak. Tarif menginap pun bevariasi, mulai dari IDR 300.000 sampai IDR 750.000. Nggak mahal untuk suasana liburan yang tenang di Kawah Putih Ciwidey!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *