close

Karyawan Bocorkan 12 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Tak Banyak Diketahui Penumpang

Travel Blog Reservasi – Setiap profesi memiliki rahasia yang tidak banyak diketahui oleh orang lain. Tidak terkecuali para karyawan yang bekerja di sebuah maskapai penerbangan.

Untungnya beberapa diantara mereka mau berbagai rahasia pekerjaan yang mereka lakukan. Beberapa mungkin bukan sudah merupakan rahasia lagi karena sudah pernah bocor di sosial media seperti dilansir dari Brightside pada Jumat (21/4/2017).

1. Tidak Semua Kerusakan Kecil Bisa Segera Diperbaiki

Jangan pernah berpikir bahwa seseorang akan mengizinkan pesawat untuk tinggal landas jika dalam kondisi yang aman. Faktanya, ada daftar beberapa pengecekan yang tak boleh luput dari pemeriksaan demi keselamatan penumpang.

shutterstock

Namun, ada beberapa kerusakan kecil yang tidak memengaruhi keselamatan penerbangan. Kerusakan kecil terebut memang bisa ditunda perbaikannya untuk menghindari penundaan penerbangan.

2. Rahasia pegangan tangan di dekat pintu pesawat

Ada dua buah pegangan tangan di kedua sisi pintu pesawat. Pegangan tangan ini sangat berguna untuk para pramugari dalam keadaan panik.

shutterstock

Ketika pramugari hendak menyiapkan jalur keluar darurat, orang-orang yang panik biasanya dalam kondisi yang tidak beraturan. Agar para pramugari bisa mengarahkan dengan tenang, mereka harus tetap berdiri tegak dengan berpegangan pada kedua pegangan ini.

3. Kapten dan Co-Pilot diberikan makanan berbeda

shutterstock

Mungkin sedikit aneh mengetahui rahasia maskapai penerbangan yang satu ini. Namun, ternyata ada tujuan dibalik pemberian menu yang berbeda ini. Jika salah satu keracunan makanan, masih ada satu orang yang tetap bisa mengendalikan pesawat terbang. Namun demikian, tidak semua maskapai menerapkan aturan ini.

4. Percuma Memasang Gembok pada Koper

Mengunci koper dengan gembok adalah hal yang sia-sia. Karena oknum petugas bisa saja membuka koper tanpa merusak risleting koper. Mereka bisa membuka hanya dengan menusukkan bolpen atau pensil tanpa ketahuan bahwa koper kamu sudah pernah dibuka.

cara bawa bagasi ke kabin pesawat AirAsia
shutterstock

Hal ini tentu bukan lagi rahasia maskapai penerbangan karena kerap kali terjadi kehilangan saat menyimpan barang berharga di bagasi pesawat. Jadi, siapkan dengan segala kemungkinan terburuk dan jangan pernah menyimpan barang berharga di bagasi pesawat kecuali dibawa ke kabin.

5. Alasan kenapa dilarang merokok di pesawat

Ada banyak yang menduga bahwa larangan merokok itu berkaitan dengan alasan seperti berbahaya dan merugikan bagi perokok pasif.

shutterstock

Namun bukan itu yang menjadi landasan, faktanya merokok di pesawat pernah dibolehkan pada masa lalu, dan terbukti tidak menyebabkan kebakaran. Ini sedikit dari rahasia maskapai penerbangan pada masa lalu yang tak pernah diungkap.

Alasan tersembunyi dibalik larangan merokok adalah filter udara yang akan bekerja terus menerus secara non-stop karena harus menyaring racun dan asap secara bersamaan.

6. Alasan kenapa ponsel harus dimatikan

Ponsel tidak dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat hanyalah mitos belaka. Penggunaan ponsel di dalam pesawat mampu menganggu komunikasi radio pilot. Dikhawatirkan pilot tidak bisa menerima informasi penting menyangkut keselamatan penerbangan. Namun memang tidak bisa dimungkiri terkadang ada juga pramugari yang melanggar larangan ini.

7. Karyawan maskapai penerbangan mendapatkan diskon tiket pesawat

Banyak maskapai penerbangan yang memberikan tiket murah pesawat terbang bagi karyawannya, bahkan tiket gratis untuk keluarga atau pasangan mereka.

shutterstock

Ketika seorang karyawan membeli tiket pesawat di perusahaannya sejatinya mereka hanya membayar pajak dan biaya layanan, sementara ongkos penerbangannya diberikan secara gratis.

8. Pintu Toilet Pesawat dapat Dibuka dari Luar

Pintu toliet pesawat dirancang secara khusus sehingga dalam kondisi tertentu pramugari bisa membukanya dari luar meskipun dalam kondisi terkunci dari dalam. Rahasia maskapai penerbangan ini hanya pramugari yang tahu letak tombol rahasianya.

waktu paling tepat ke toilet
shutterstock

Tujuannya bukan untuk melanggar privasi penumpang, melainkan untuk kondisi darurat jika penumpang sakit atau ketahuan sedang merokok di dalam toilet pesawat terbang.

9. Sandaran tangan bisa dinaikkan

Sandarangan yang berada di kursi dekat lorong dan kursi dekat jendela sebetulnya bisa dinaikkan. Sandaran tangan ini bagi beberapa penumpang cukup menggangu karena membuat tempat duduk terasa lebih sempit.

shutterstock

Jangan khawatir karena ada tombol di bagian bawah sehingga sandaran tangan bisa dinaikkan. Biasanya pada saat akan mendarat, pramugari akan mengingatkan untuk mengembalikan posisi sandarangan tangan ke posisi semua untuk keselamatan penerbangan.

10. Kapan waktu terbaik membeli tiket pesawat?

Semua orang percaya bahwa semakin awal melakukan pemesanan tiket pesawat maka akan mendapatkan tiket pesawat yang semakin murah. Namun pada kenyataannya tidak sepenuhnya benar. Karena tiket pesawat murah hanya bisa dibeli untuk orang pertama dalam penerbangan yang sama.

shutterstock

Namun, untuk mendapatkan tiket pesawat lebih murah kamu bisa melakukan reservasi pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu. Biasanya pada hari-hari tersebut harga tiket pesawat bisa sedikit lebih murah dari biasanya.

Masih belum bisa dapat tiket murah? Cek aja Reservasi.com yang kasih promo tiap hari. Dijamin selalu ada promo menarik setiap harinya baik untuk tiket pesawat atau pemesanan hotel terbaik di Reservasi.

11. Bersikap sopanlah dan kamu akan mendapatkan balasannya

shutterstock

Percayalah bahwa pramugari itu adalah manusia biasa yang juga butuh penghormatan. Pramugari akan bersikap bijak dalam menengahi setiap perselisihan di dalam kabin pesawat. Terkadang kamu malah akan diberikan upgrade cuma-cuma jika mendapatkan seseorang memaksa duduk di tempat duduk kamu.

12. Alasan Koper Kamu Hilang di Bandara

conveyor-belt-airport
shutterstock

Kejadian ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Beberapa alasan kenapa koper kamu bisa hilang biasanya karena beberapa hal misalnya seperti salah menempatkan di trolley, salah memberikan kode atau memberikan label penerbangan, label yang lama masih ada, koper jatuh dari trolley atau tersangkut di conveyor belt, hingga proses scanning yang terjadi error. Saatnya kamu baca tips agar koper aman saat terbang.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Aturan PesawatPesawatPesawat Terbang
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response