close

Mana yang Paling Murah? Kartu Octopus atau Tourist Day Pass buat di Hong Kong!

shutterstock_604328903
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kalau mau ke Hong Kong sudah pasti kamu wajib mencoba beberapa moda transportasi modern seperti MTR. Selain itu juga ada pilihan beberapa transportasi lain seperti Tram dan bus kota. Nah, buat naik itu semua kamu perlu Kartu Octopus atau Tourist Day Pass.

Buat yang pertama kali ke Hong Kong pasti dong itung-itungan mana yang paling murah supaya sesuai dengan bujet traveling. Kartu Octopus ini sama seperti kartu E-Money, Flazz atau Brizzi. Kartu Octopus bisa digunakan untuk membayar ongkos semua transportasi di Hong Kong kecuali taksi.

Selain itu kartu Octopus juga enaknya bisa digunakan untuk belanja di mini market, resto fast food, supermarket, toko kue sampai dengan bertransaksi di sebuah mesin penjual atau vending machine.

Enaknya sih kamu gak perlu repot lagi dengan kembalian atau menyiapkan uang receh ketika mau naik bus kota atau trem. Kadang-kadang tarifnya juga enggak bulet. Misalnya kalau mau naik trem di Hong Kong itu rata-rata sektiar $2.3 dollar Hong Kong. Nah, ribet kan kalau harus cari 3 sen tiap mau naik trem?

Buat turis sebetulnya ada pilihan menggunakan Tourist Day Pass. Apa bedanya? Nah kurang lebih sih kalau kamu baca perbedaan antara Ez Link dan STP di Singapura hampir mirip-mirip lah.

Harga Kartu Octopus 2018

  • Dewasa HK $100, deposit HK $50
  • Anak-Anak HK $20, deposit HK $50
  • Manula HK $20, deposit HK $50

Kartu Octopus ini bisa kamu dapatkan di beberapa stasiun sampai dengan di Bandara Hong Kong. Oh ya, nanti saat refund itu kamu bakal kena biaya administrasi sebesar HK$9. Jadi gak bulet terima deposit HK$50 tapi disesuaikan dengan sisa saldo yang ada termasuk potongan administrasi tersebut.

Kartu Octopus sifatnya fleksibel. Jadi, bakal berkurang sesuai dengan penggunaan. Kalau dananya kurang bisa kamu top up lagi kok. Bisa top up di Sevel, Circle K, atau beberapa mini market dan supermarket. Tinggal tanya aja kok, mudah.

Jadi, intinya kalau kamu pernah pakai beberapa kartu non tunai di Indonesia, penggunaannya dan manfaatnya juga enggak beda jauh kok. Sayang sih kalau di Indonesia gak bisa di-refund kalau ada sisanya.

harga kartu octopus 2018
shutterstock

Harga Kartu Tourist Day Pass 2018

  • Dewasa HK$65 (Tidak ada biaya deposit)
  • Anak-Anak HK$30 (Usia 3-11 tahun)
  • Bebas naik MTR, Bus, East Rail Line First Class dan bepergian dari dan menuju Lo Wu atau Lok Ma Chau stations, kecuali Airport Express
  • Tidak bisa di-refund
  • Bebas naik 24 jam dengan masa kedaluwarsa 30 hari

Nah, kalau Kartu Tourist Day Pass (TDP) Hong Kong ini semacam STP di Singapura. Saat pertama kali di tap di gate MTR atau Bus, saat itulah dicatat waktu penggunaan TDP sampai 24 jam ke depan. Iya cuma seharian aja, setelah melewati mas 24 jam dana bisa di top up dan fungsinya sama dengan kartu octopus biasa cuma tidak bisa di-refund aja ya.

Jadi, kalau mau eksplorasi semua jenis transportasi dengan jarak paling jauh sekalipun kamu bisa pakai kartu TDP ini. Cuma, kalau emang waktunya terbatas misalnya hanya tiga hari di Hong Kong, better sih pakai Octopus biasa aja jadi kamu bayar ongkosnya sesuai dengan penggunaan dan jaraknya saja.

Untuk ongkos MTR, tram dan bus di Hong Kong bervariasi antara HK$2.3 sampai dengan ada yang HK$25. Tarif disesuaikan dengan jarak dan jumlah stasiun yang disinggahi.

Jadi, kalau ada pertanyaan mana yang lebih worth, sebaiknya supaya bisa nikmati jalan-jalan di Hong Kong mending pilih kartu Octopus biasa saja daripada TDP yang cuma bisa dapet akses transport sepuasnya seharian tapi cuma berada di kendaraan dong. Nah, keputusan tetap balik lagi ke selera dan kebutuhan masing-masing.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : appsHong KongOctopus

Leave a Response