close

Kampung Coklat Blitar, Destinasi Keluarga Saat Libur Panjang

kampung-coklat-blitar-featured

Travel Blog Reservasi – Jika anda masih bingung ingin mengisi waktu liburan panjang bersama keluarga, rasanya tempat ini sangat cocok untuk destinasi keluarga selanjutnya. Selain bisa menikmati cokelat yang lezat, kalian juga bisa mendapatkan berbagai macam edukasi tentang cokelat di Kampung Coklat Blitar.

Lokasi Kampung Coklat Blitar ini sangat mudah dicari. Alamatnya berada di jalan Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kampung Coklat merupakan tempat wisata edukatif sekaligus tempat pengembangan kakao terbesar di Jawa Timur.

Sumber foto info-trenggalek.blogspot.co.id
Sumber foto info-trenggalek.blogspot.co.id

Manfaatkan tiket murah ke Surabaya untuk bisa liburan ke Blitar. Setelah turun dari bandara Juanda Surabaya kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan ke Blitar sektiar 3 jam perjalanan.

Baca juga Wisata Pantai Di Blitar Yang Bisa Kalian Kunjungi

Kampung Coklat Blitar

kampung-coklat-blitar-2

Kampung Coklat tidak terlalu jauh dari pusat kota Blitar. Jaraknya kurang dari 10 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit saja. Jika masih bingung tinggal bertanya arah menuju pantai Tambak Rejo, kemudian berpatokan pada kantor kepala desa Plosorejo.

Harga Tiket Kampung Coklat Blitar

Untuk bisa menikmati suasana perkebunan Kampung Coklat Blitar ini setiap pengunjung dikenai tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp. 5.000/orang saja. Namun jika kalian datang dalam jumlah rombongan seperti study tour pelajar dan mahasiswa bisa mendapatkan potongan hingga Rp. 25.000/50 orang.

Paket Edukasi Pelajar TK dan PAUD Rp 17.500/orang

Paket Edukasi Pelajar SD dan SMP Rp 22.500/orang

Paket Edukasi Pelajar SMA dan Mahasiswa Rp 32.500/orang

Tambahan Nasi Kotak Rp 17.500/orang

Tambahan Prasmanan Rp 25.000/orang

Cek paket wisata Kampung Coklat secara lengkapnya disini dan disini.

Kebun Coklat Blitar

sumber foto IG @radya_7
sumber foto IG @radya_7

Kampung Coklat awalnya merupakan sebuah kebun kakao milik keluarga bapak Kholid Mustofa. Luas area perkebunan sekitar 750 meter persegi. Berawal dari kerugian usaha peternakan ayam petelur, bapak Mustofa melihat peluang bahwa kebun kakaonya lebih menjanjikan jika ditekuni dan dikembangkan secara profesional.

Setelah belajar di PTPN XII Blitar, pak Kholid akhirnya menekuni budidaya kakao dengan menggandeng sejumlah rekan yang dibentuk dalam komunitas bernama Gapoktan Guyub Santoso yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2005. Hingga akhirnya pada tahun 2013 komunitas ini mampu memproduksi cokelat olahan dengan cita rasa lokal dengan brand GuSant yang diambil dari kata Guyub Santoso. GuSant memiliki jaringan petani kakao di Blitar hingga 48 kelompok.

Kuliner Olahan Kampung Coklat Blitar

sumber foto IG @dafa_ramadhan11
sumber foto IG @dafa_ramadhan11

Sebagai destinasi wisata edukatif, setiap pengunjung yang datang bisa belajar langsung bagaimana caranya memproduksi olahan cokelat hingga bisa dipasarkan dan dikonsumsi umum. Proses pembelajaran dimulai dari paling dasar seperti pemilihan biji kakao yang unggul. Pengelola Kampung Coklat memiliki niat dan prinsip untuk memajukan petani dan masyarakat.

sumber foto IG @melina_novriza
sumber foto IG @melina_novriza

Selain cokelat, kalian juga bisa menikmati aneka panganan dan kuliner yang menggoda. Berbagai menu makanan disajikan demi memanjakan para pengunjung sambil menikmati suasana Kampung Coklat yang teduh dan rimbun dengan pepohonan.

Baca juga Pantai Kedung Tumpang Ini Bikin Kalian Pengen Ke Pantai Deh Pasti!

Anak-anak bisa mengikuti kelas menghias cokelat. Cokelat-cokelat yang dihias inilah yang dijajakan di Kampung Coklat selain minuman-minuman olahan dari Cokelat dengan berbagai rasa.

Semua spot Kampung Coklat sangat instagramable banget. Namun, kalian tetap harus hati-hati dan menjaga ketertiban juga. Sangat dianjurkan juga untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Selain beberapa tempat foto, Kampung Coklat juga memiliki beberapa spot rekreasi keluarga seperti bermain perahu di kolam buatan dan kolam terapi ikan bagi orang dewasa yang ingin melepas penant sambil menikmati udara segar Kampung Coklat.

sumber foto Ig @gadiz_kecil
sumber foto Ig @gadiz_kecil

Beberapa produk Kampung Coklat bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah seperti permen cokelat, minuman cokelat hingga kue cokelat.

Kampung Coklat memiliki area yang disewakan dan digunakan untuk arisan keluarga, pertemuan keluarga hingga meeting perusahaan. Kampung Coklat memiliki dua area yang dinamakan Forestero dan Criollo. Forestero memiliki konsep yang lebih modern dengan ruangan berpendingin udara. Sedangkan Criollo memiliki konsep yang berpadu dengan alam di ruangan terbuka namun tetap nyaman.

sumber foto @rissa_allainah
sumber foto @rissa_allainah

Harga Forestero Rp 65.000/orang (min 50 orang).

Harga Criollo Rp 60.000/orang (min 50 orang).

Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Kampung Coklat, Sound System, Choco Break, Welcome Drink, Prasmanan, hingga pemandu wisata untuk berkeliling Kampung Coklat.

Sumber @ndorokakung , Kampung Cokelat Featured Image


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Tempat WisataWisata Kuliner

1 Comment

Leave a Response