close

Apakah Warga Yogyakarta Butuh Jogja Bay?

jogjabay10
Jogja bay dengan latar gunung IG @jogjatrip

Video by @Fiqih

Travel Blog Reservasi – Yogyakarta kini sudah berubah. Banyak sekali perubahan yang terjadi pada kota tercinta ini. Mulai dari berdirinya beberapa Mall disudut kota hingga wahana permaian air megah, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark yang diklaim terbesar di Asia Tenggara.

Jogja Bay yang dikenal dengan nama lengkap Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark ini memang mengusung tema bajak laut. Keberadaan mercusuar pun menjadi sebuah landmark yang membuat image Jogja Bay semakin lekat pada warga Yogyakarta. Mercusuar inilah yang setiap malam memancarkan cahaya hingga ke tengah-tengah kota. Idealnya mercusuar inilah yang menjadi tanda bagi kapal-kapal agar tidak karam ketika bertemu sebuah teluk.

Baca Juga: Trend Glamour Camping di Kaki Gunung Burangrang, Bandung.

Jogja Bay menunggu kamu IG @anggaakbar11
Jogja Bay menunggu kamu IG @anggaakbar11

Namun mercusuar inilah yang membuat warga Yogyakarta karam di pantai buatan untuk merasakan dashyatnya Tsunami Wave dan wahana-wahana waterpark yang menantang adreanline. Pastikan kalian tidak memiliki gangguan kesehatan seperti jantung atau kejang-kejang jika merasakan euforia terlalu tinggi.

Wahana air yang diresmikan oleh Gubernur Yogyakarta pada tanggal 20 Desember 2015 ini benar saja diserbu oleh para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Berita Jogja Bay benar-benar seperti oase ditengah padang pasir. Warga Jogja butuh tempat wisata yang lebih menantang. Dan kebutuhan itu dijawab oleh Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark.

Pantai Buatan IG @ibnu_harisa
Pantai Buatan IG @ibnu_harisa

Dengan luas areal sekitar 7,7 hektar, Jogja Bay ini berada di daerah Maguwoharjo yang saat ini tengah berkembang dan dilirik sebagai area pemukiman baru karena semakin sempitnya lahan di Yogyakarta. Pembangunan di Yogyakarta memang sangat pesat. Terbukti bahwa waterpark terbesar di Asia Tenggara ini bisa dibangun di kota Yogyakarta yang masih kental dengan nilai-nilai budaya dan warisan Kesultanan Yogyakarta.

Jogja Bay ini memiliki 15 wahana aktraktif yang bisa dinikmati wisatawan. Di antaranya adalah Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coastor, Timo Rider, Jolie Raft River, Brando Boomeranggo, Ziggy Giant Barrel, Mimi Family, Hip Playground, South Beach, Donte Wild River, Kula Playpool, Harbour Theater, dan Grand Lobby.

Asyiknya liburan bersama IG @z_pratama
Asyiknya liburan bersama IG @z_pratama

Namun seperti umumnya di waterpark yang ada di Indonesia, beberapa tidak memperbolehkan wisatawan masuk dengan membawa makanan dari luar. Hal ini dikarenakan Jogja Bay sudah menyediakan beberapa booth makanan khusus di dalam area waterpark.

Kalian bisa membeli makanan atau minuman di beberapa area yang memiliki nama unik seuai dengan tema besar Bajak Laut. Diantaranya adalah Pirate Places, Gili Gili BBQ, Dapur Lawana, Kruger Corner, Pool Bar, The Barrel, Corner Spot dan Sekoci.

Bermain air sepuasnya IG @norel08
Bermain air sepuasnya IG @norel08

Fasilitas lain yang juga disedikan untuk wisatawan di Jogja Bay diantaranya sudah terdapat klinik kesehatan, sehingga jika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan bisa langsung dibawa ke klnik. Petugas dengan sigap akan membantu. Kalian juga tidak perlu khawatir karena Jogja Bay menyediakan pusat Lost and Found. Namun bukan berarti semua menjadi tanggung jawab Jogja Bay. Barang-barang berharga tetap menjadi tanggung jawab pribadi.

Jika kalian berangkat bersama keluarga atau teman yang ingin bermain bersama. Tidak perlu risau karena Jogja Bay juga sudah menyediakan loker yang dapat disewa. Pastikan semua barang berharga disimpan dengan aman di loker yang sudah disediakan.

Pirate Bay Adventure Park Jogja IG @ endanandaa
Pirate Bay Adventure Park Jogja IG @
endanandaa

Bagi ibu-ibu yang membawa anak-anak usia dibawah lima tahun atau tiga tahun, Jogja Bay memberikan fasilitas Nursery Room yang memadai. Jadi para baby akan tetep mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya meskipun sambil berwisata ke Jogja Bay.

Untuk keperluan Ibadah sudah disediakan juga Musholla yang representatif. Setelah berenang, mandi dan makan-makan, kalian bisa berjalan-jalan membeli berbagai souvenir Jogja bay atau sekedar window shopping di Jogja Bay. Untuk titik kumpul ketika bertemu bisa dilakukan di Plaza Lobby yang cukup representatif sehingga kalian bisa sambil menunggu teman-teman yang lain datang.

Landmark Jogja Bay bukan hanya sekedar mercusuarnya saja yang berwarna merah putih. Melainkan juga replika kapal bajak lautnya. Inilah salah satu spot foto yang paling epic karena kalian bisa melihat langsung kapal bajak laut yang dihiasi dengan beberapa meriam yang menyembul di beberapa jendela kapal bajak laut tersebut.

Jogja Bay memang menawarkan keunikan dan pengalaman liburan yang berbeda. Jogja bay bisa menjadi salah satu destinasi liburan bagi keluarga. Salah satu keistimewaan Jogja Bay dibandingkan dengan waterpark yang sudah ada adalah fasilitas rapid rivernya. Rapid River ini kesannya seperti sedang berarung jeram.

Waterpark Jogja Bay IG @danielalfrets
Waterpark Jogja Bay IG @danielalfrets

Selain sebagai pusat hiburan, Jogja Bay juga memberikan edukasi bagi para wisatawannya. Kalian harus mencoba wahana How to Survive in Tsunami dan Earthquake. Para petugas Jogja Bay akan memberikan training bagaimana menyelamatkan diri dari terjangan ombak-ombak besar dan penyelamatan dengan simulasi ombak Tsunami.

Inti dari pelatihan tersebut adalah melatih masyarakat untuk tidak panik dalam kondisi bencana baik itu Gempa Bumi maupun Tsunami. Jogja Bay memberikan pelatihan tersebut secara cuma-cuma sebagai fasilitas yang bisa didapatkan wisatawan.

Jogja Bay juga memiliki fasilitas yang tetep memperhatikan lingkungan. Jogja Bay memiliki fasilitas pengolahan limbah di kawasan barat Jogja Bay. Selain itu, keberadaan Jogja Bay mampu menyerap tenaga kerja hingga 320 orang, dan 80% tenaga kerjanya berasal dari Yogyakarta.

Denah Waterpark Jogja Bay IG @Jogjabay
Denah Waterpark Jogja Bay IG @Jogjabay

Alamat Jogja Bay Yogyakarta

  • Jalan Stadion Utama, Maguwohargo, Yogyakarta 55281.
  • Jika dari Bandara Adisutjipto hanya dibutuhkan waktu sektiar 20 menit dengan jarak kurang dari 10km. Dari jalan Raya Solo tinggal belok kanan ke Jalan Ring Road Utara hingga mengikuti Jalan Stadion.
  • Jika dari Stasiun Tugu Yogyakarata, kalian bisa melalui akses Jalan Suroto ke utara kemudian melewati kompleks UGM dan belok kanan ke Jalan Ring Road Utara. Pastikan kalian belok kiri di jalan Nusa Indah hingga tembus Jalan Jetis. Perjalanan akan memakan waktu lebih lama sekitar 60 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 11 km.
  • Jika dari arah Terminal Bus Jogja Baru Giwangan kalian bisa melalui akses Jalan Ring Road Timur, kemudian mengarah ke Utara melalui Kampus Universitas Atma Jaya dan YKPN. Setelah betemu Jalan Ring Road Utara bisa mengarah ke jalan Tasura.
  • Akan sangat mudah sekali jika kalian tinggal menggunakan GPS melalui Google Maps yang sudah disedikan di akhir artikel.

jogjabay12

Harga Tiket Masuk Jogja Bay

Open Hour Pukul 09.00 AM – 04.00 PM.

Anak-Anak Rp 60.000,-

Dewasa Rp 90.000,-

Lansia Rp 60.000,- (>65 tahun)

Usia dibawah 2 tahun free.

Replika Kapal Bajak Laut IG @fadle_muhammad
Replika Kapal Bajak Laut IG @fadle_muhammad

Do and Don’t at Jogja Bay

  • Anak-anak lebih baik hanya bermain di area Hip Playgroud. (Kedalaman air 0-5 cm)
  • Anak-anak dibawah 6 tahun wajib didampingi oleh pendamping atau orang tua.
  • Semua wisatawan wajib menggunkan pakaian renang.
  • Area South Beach wajib selalu berada dalam ban karena kedalaman kolam 1.8 m. Orang tua harus dalam penjagaan jika bermain diarea South Beach.
  • Tidak diperbolehkan merokok, minum dan makan diarea kolam renang.
  • Tidak diperbolehkan menggunakan tube di area Kula Playpool atau Hip Playground.
  • Kula Playpool memiliki kedalaman air hingga 1.5 m. Anak-anak wajib diawasi oleh orang tua atau pendamping.

Beberapa Review Berdaraskan Ulasan di Google Maps Jogja Bay

Review Positif

  • Sandy Adisutiyono
    • Kumplit, gak perlu bayar pake ban.
    • Anak kecil dapat free pake jaket pelampung.
  • Herfy Syauta
    • Seru banget
  • Supriyanto Agung
    • Sebagai warga jogja, sudah barang tentu merasa bangga khususnya warga maguwoharjo dengan destinasi wisata JBPAW

Review Negatif

  • Dicky Wiryawan
    • Counter tiket dibangun saling membelakangi sehingga saat penuh tidak ada lahan lagi untuk menunggu.
    • Debit air di shower kecil.
    • Musholla kecil
    • Saat opening, wahana terbesar belum beroperasi, terkesan terburu-buru
  • Maya Sari Dyah Melyastuti
    • Ruang bilas hanya ada 8 ruang

Overall Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark memiliki Skor Bintang 4,3 dengan 120 ulasan. (Diakses tanggal 15 Januari 2016, 04.15 PM)

Review tersebut sekaligus menjawab kontroversi apakah Warga Jogja membutuhkan Jogja Bay sebagai Waterpark terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Baca Juga: Warga Bandung Juga Menginginkan Pantai Buatan Seperti Jogja Bay

Sumber Featured Image IG @nayaoktavia99

Liputan Lengkap Net TV – Jogja Bay


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Wisata AirYogyakarta

Leave a Response