Jembatan Kelok 9, Karya Arsitektur Teristimewa dari Sumatera Barat - Reservasi Travel Blog

Jembatan Kelok 9, Karya Arsitektur Teristimewa dari Sumatera Barat

Travel Destinations633
Jembatan Kelok 9, Karya Arsitektur Teristimewa dari Sumatera Barat Jembatan Kelok 9, sumber gambar: instagram @oyi_k

Travel Blog Reservasi – Jembatan Kelok 9 jadi salah satu ikon wisata di Sumatera Barat. Kemegahan jembatan dengan jalan berkelok dan lokasinya di perbukitan bisa membuat kamu kagum akan arsitektur teristimewa dari jembatan ini.

Jembatan Kelok 9 adalah jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau, tepatnya terletak di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Koto.

A photo posted by heru (@heruw77) on

Dahulunya, Jembatan Kelok 9 jadi salah satu jalan yang cukup menyeramkan bagi para pengendara karena bentuk jalan yang curam dan berbatasan langsung dengan jurang, namun sekarang justru banyak orang yang ingin melewati Jembatan Kelok 9 ini untuk menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur jalan lintas ini.

Jalur ini merupakan jalur yang paling dekat untuk menghubungkan kota Padang dan Pekanbaru yang jaraknya 350 km. Kelok Sembilan sendiri berada pada jarak 180 km dari arah Pekanbaru, dan dari Payakumbuh berjarak 25 km.

(Baca juga: Batanghari, Tawarkan Eksotisme Sungai Terpanjang di Sumatera)

A photo posted by oyi kresnamurti (@oyi_k) on

Jembatan Kelok 9 diresmikan tahun 2013. Tapi tahukah kamu? Ternyata Kelok 9 memiliki usia yang lebih tua dibanding Negara ini. Kelok 9 dibangun pada masa Kolonial Belanda tahun 1910 dan kurang lebih 104 tahun jauh lebih tua dibanding dengan negara Republik tercinta yaitu tahun 1945.

Usia memang sudah tua, namun bukan berarti konstruksi bangunannya juga tua, terlihat bahwa pembangunan ulang Kelok 9 semakin memperkokoh keberadaan Kelok 9.

A photo posted by oyi kresnamurti (@oyi_k) on

Jembatan Kelok 9 ini dibangun dengan panjang sekitar 2,5 km, tinggi tiang beton mencapai 58 m. Untuk lebar ruas jalannya sekitar 13,5 m. Untuk bangun jembatan yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau ini ternyata menghabiskan dana yang tak sedikit, yaitu 600 Miliar Rupiah.

Jembatan Kelok diklaim dapat menampung 14.000 kendaraan setiap harinya. Jembatan ini memang membentang meliuk-liuk, namun hal inilah yang menjadi ciri khas jembatan Kelok 9 tersendiri.

Jembatan Kelok 9 ini memang tak hanya berfungsi sebagai jalur penghubung antar dua provinsi saja, tapi juga menjadi lokasi wisata. Selepas melewati jembatan Kelok Sembilan ini ada spot menara pandang yang ramai dikunjungi turis.

(Baca juga: Jembatan Tertinggi di China yang Seolah Menembus Langit!)

A photo posted by @anggatheblues on

Dari atas menara, pengunjung bisa melihat jelas seperti apa bentuk Jembatan Kelok 9 dari ketinggian. Kelokan-kelokannya yang rumit pun terpampang dan tentunya bikin kagum.

Di sepanjang menara pandang, berjejer pedagang asongan yang menjual minuman dan makanan kecil. Jadi selagi melihat keindahan Jembatan Kelok 9 kamu bisa melepas lelah sejenak di sekitar menara sambil menikmati minuman hangat dan makanan seperti jagung bakar.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

One thought on “Jembatan Kelok 9, Karya Arsitektur Teristimewa dari Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *