close

Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Nusantara Kalau Belum Coba 8 Bubur Khas Indonesia Ini

shutterstock_396063316-min
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bubur adalah salah satu dari sekian banyak kuliner nikmat di Nusantara. Makanan satu ini memang memiliki cita rasa yang unik. Perpaduan tekstur lembut dan padat yang ada di bubur membuatnya berhasil dicintai seluruh kalangan.

Walau makanan ini diadaptasi dari kuliner Tionghoa, sajian bubur di Indonesia cukup unik dan bervariasi. Ada yang menggunakan bahan dasar beras hingga tepung beras, ada yang disajikan dengan kuah kaldu kuning hingga bumbu pecel, ada pula yang punya sensasi rasa gurih hingga manis.

Jangan ngaku kalau kamu pecinta kuliner Nusantara deh kalau belum pernah coba satu dari jajaran bubur khas Indonesia berikut ini.

Bubur Ayam Cirebon

bubur khas indonesia
shutterstock

Kalau bubur khas Indonesia yang satu ini sih pasti sudah sering kamu nikmati. Bubur ayam khas Cirebon ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu kuning, suwiran ayam, kacang kedelai, cakwe, bawang goreng, daun bawang seledri, emping, dan kerupuk.

Biasanya ada pelengkap seperti sate telor puyuh, usus, atau ati ampela. Makanan satu ini sangat mudah ditemukan terutama saat kamu kulineran di tempat jajanan kaki lima.

Bubur Manado

A post shared by iin k dewi (@iinsafez) on


Bubur khas Manado yang punya nama asli bubur tinutuan ini juga nggak kalah populer lho. Bahkan banyak yang bilang kalau ini jadi sajian bubur yang paling menyehatkan sebab dibuat dari beragam jenis sayuran seperti labu kuning, bayam, jagung, kangkung, daun gedi, dan kemangi.

Supaya tambah nikmat, bubur tinutuan ini pun dilengkapi dengan ikan asin, sambal roa, atau perkedel nike. Sarapan pakai kuliner satu ini pasti yummy banget!

Bubur Pecel


Selain dengan kuah kaldu, bubur ternyata juga bisa disajikan dengan pecel lengkap dengan sayur dan kerupuknya lho. Nah, sajian bubur pecel ini akan sering kamu temui saat mampir ke daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gurihnya bubur berpadu dengan pecel kuah kacang yang masih terasa renyahnya serta sayuran yang segar dijamin bikin kamu ketagihan. Nggak akan cukup deh kalau cuma makan seporsi.

Bubur Ase

A post shared by @erna_naranda on


Bubur khas Indonesia yang satu ini memang agak langka dan sulit buat ditemukan. Padahal, makanan khas Betawi ini punya cita rasa yang sangat unik lho. Ase adalah singkatan dari asinan dan semur. Terbayang kan paduan rasa asam pedas dari asinan berpadu dengan semur yang manis dan bubur yang gurih.

Kalau bubur lain biasanya disantap dalam keadaan hangat, bubur ase justru lebih nikmat kalau dimakan saat dingin. Lebih segar rasanya.

Bubur Sumsum


Bubur sumsum jadi salah satu jenis bubur manis yang pastinya sudah sering kamu coba. Berbahan dasar tepung beras, bubur ini punya tekstur seperti sumsum tulang. Biasanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah, biji salak, mutiara, serta ketan hitam. Bubur sumsum sering disajikan sebagai cemilan sore yang nikmat.

Bubur Manggul


Kalau dilihat dari bentuknya, bubur manggul ini mirip sekali dengan bubur sumsum sebab bahannya terbuat dari tepung beras. Tapi, kamu baru bisa mengetahui perbedaannya saat menikmatinya. Bubur manggul punya rasa yang cenderung gurih. Rasa ini tercipta dari serundeng kelapa, kuah santan, dan bumbu udang yang jadi toppingnya. Bubur manggul yang paling terkenal ada di Pasar Atom, Surabaya.

Bubur Kampiun

A post shared by utami h puteri (@utamihp) on

Bubur kampiun yang berasal dari daerah Minangkabau ini pada dasarnya sama seperti bubur sumsum. Hanya saja penyajiannya dibuat lebih lengkap dengan hadirnya kolak pisang, ketan hitam, kacang hijau, cenil, dan srikaya. Ada nilai sejarah di balik nikmatnya bubur khas Indonesia ini.

Bubur kampiun tercipta pada tahun 1960  setelah peperangan. Untuk mengembalikan rasa trauma pascaperang, para tokoh adat membuat lomba kreasi bubur. Nama kampiun ini pun diambil dari kata champion yang berarti pemenang.

Bubur Kanji Rumbi

A post shared by Cut Putri Zakirah (@cutpz) on


Karena berasal dari daerah Aceh, rasa rempah yang kaya akan sangat terasa saat kamu menikmati bubur kanji rumbi. Walau disajikan sederhana dengan topping suwiran ayam atau udang, bubur ini tetap terasa istimewa dengan hadirnya bumbu-bumbu khas Nusantara. Paling pas kalau kamu menikmati bubur ini saat cuaca sedang mendung dan dingin.

Bubur Pedas

A post shared by Makan Makan (@kuliner.aja) on


Walau bernama bubur pedas, cita rasa kuliner satu ini sama sekali nggak “tajam” dan justru sangat gurih. Kuliner khas Melayu ini akan mudah kamu temui di daerah Kalimantan Barat. Karena cara membuat bubur pedas cukup unik dengan menyangrai dan menumbuk berasnya terlebih dahulu, cita rasa yang didapatkan tentulah akan berbeda. Apalagi tambahan bahan seperti kelapa parut, ubi, kangkung, tauge, rebung, pakis, daun kesum, dan daging yang membuat kuliner ini terasa makin istimewa.
Topping berupa teri dan kacang goreng yang crunchy terasa sangat sempurna saat berpadu dengan bubur pedas yang lembut. Jangan lupa berikan sambal dan jeruk nipis ya, supaya bubur pedas terasa makin lazis!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : buburKulinerKuliner Indonesia

4 Comments

  1. Bubur pedas koq nggak masuk? Bubur khas Kalimantan Barat yg berasal dari Kab. Sambas
    Luar biasa enaknya dan dijamin pasti nambah

Leave a Response