Ini 7 Kesalahan Saat Booking Hotel yang Sering Dilakukan Traveler

Jangan Ditiru! Ini 7 Kesalahan Saat Booking Hotel yang Sering Dilakukan Traveler

Travel Tips684
Jangan Ditiru! Ini 7 Kesalahan Saat Booking Hotel yang Sering Dilakukan Traveler sumber : shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Sekarang ini, booking hotel untuk traveling bukan jadi hal yang susah. Sebab, kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun cukup dengan menggunakan ponsel atau laptop.

Cukup dengan memilih lokasi hotel, tanggal menginap, dan metode pembayaran, setelah itu kamu sudah bisa menyelesaikan urusan lain yang berhubungan dengan liburan.

Sayangnya, meski mudah dilakukan, kesalahan saat booking hotel juga masih sering terjadi lho. Contohnya saja salah memesan kamar, salah memilih tanggal menginap, tidak membaca informasi hotel dengan teliti, dan masih banyak lagi.

Walaupun remeh, kelalaian seperti ini bisa saja membuat rencana traveling dan mood kamu jadi berantakan. Hasilnya, bukannya menikmati liburan dengan nyaman, kamu justru malah dirundung rasa kesal selama perjalanan.

Nah, supaya hal yang seperti ini nggak kejadian di kamu, simak dulu yuk beberapa kesalahan saat booking hotel yang sering dilakukan oleh traveler berikut ini.

1. Salah Mengatur Waktu Check In atau Check Out

Kesalahan saat booking hotel yang pertama berhubungan dengan pengaturan waktu check in dan check out. Terkadang, traveler yang lupa untuk memperhitungkan jarak tempuh pesawat, khususnya perjalanan ke luar negeri yang butuh waktu seharian.

Hasilnya, mereka jadi harus membayar biaya yang tak perlu karena memilih waktu check in bersamaan dengan waktu keberangkatan. Sebaiknya, sebelum reservasi penginapan, pastikan untuk memeriksa betul-betul kapan pesawat datang dan pergi ya.

2. Tidak Memanfaatkan Fasilitas Kartu Kredit

Kesalahan Saat Booking Hotel
sumber : shutterstock.com

Salah satu cara untuk menghemat biaya traveling adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari kartu kredit seperti diskon pesawat, penginapan gratis, bonus cash-back, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu punya ini sebaiknya dimanfaatkan baik-baik saat liburan deh.

3. Reservasi di Hotel yang Salah

Reservasi di hotel yang salah ini cukup sering terjadi. Kasusnya sih berbeda-beda. Pertama, traveler seringkali terkecoh dengan hotel yang memiliki banyak cabang.

Hal tersebut membuat mereka jadi datang ke penginapan yang sebenarnya tidak direservasi. Kedua, booking hotel di lokasinya tidak strategis sehingga jauh dari pusat kota, bandara, terminal, atau tempat wisata.

Nah, sebelum memesan kamar, jangan lupa perhatikan informasi serta deskripsi hotel secara teliti ya!

4. Tidak Membaca Informasi Secara Detail

Kesalahan Saat Booking Hotel
sumber : shutterstock.com

Sumber utama dari kesalahan saat booking hotel sebenarnya adalah sifat ceroboh si traveler yang tidak membaca informasi atau deskripsi hotel secara detail.

Contoh pertama mengenai masalah lokasi sudah disebutkan di poin sebelumnya.

Yang kedua adalah fasilitas yang ada di penginapan. Sarana seperti ini sangat mempengaruhi mood liburan kamu lho.

Kamu tentu jadi bisa beristirahat atau rileksasi dengan tenang dan nyaman kalau tempat menginap yang dipilih punya berbagai fasilitas yang mumpuni kan?

Jadi, pastikan untuk membaca dengan teliti informasi yang diberikan tentang hotel yang kamu pilih ya.

5. Mengabaikan Review dari Traveler Lain

Setelah melihat foto-foto dan informasi detail tentang hotel di website, hal lain yang tidak boleh kamu abaikan adalah membaca review dari traveler yang sudah pernah menginap di hotel tersebut.

Pasalnya, terkadang apa yang ditulis di kolom deskripsi tidak sesuai dengan kenyataan. Ulasan dan pengalaman dari tamu yang pernah bermalam di penginapan tersebut harus kamu pertimbangkan baik-baik ya.

6. Lupa Membandingkan Harga

Saat booking hotel, jangan cuma terpaku dengan satu situs saja. Wajib hukumnya untuk kamu melakukan riset atau perbandingan harga sebelum memesan kamar agar tidak terkecoh dan harus membayar biaya menginap lebih mahal.

Perhatikan pula promo atau diskon yang bisa kamu manfaatkan. Lumayan kan jadi bisa menekan bujet traveling. Cek selalu Reservasi.com, jaminan harga terbaik ada di sini deh!

7. Memesan di Waktu yang Salah

sumber : shutterstock.com

Booking hotel di musim liburan juga bisa membuat kamu merasa dirugikan. Pasalnya, harga sewanya bisa jadi semakin mahal karena besarnya permintaan.

Oleh sebab itu, kalau memang kamu sudah punya rencana untuk traveling jauh-jauh hari sebaiknya jangan menunda-nunda atau reservasi hotel di dengan waktu yang mepet.

Baca artikel tentang tips lainnya dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Firstrianisa Gustiawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *