close

Jangan Bingung Ketika Mau Booking Hotel, Ini Dia Cara Membedakan Tipe Kamar Hotel yang Ada!

jangan-bingung-ketika-mau-booking-hotel-ini-dia-cara-membedakan-tipe-kamar-hotel-yang-ada1

Travel Blog Reservasi – Kalian pasti sudah tau kalau harga kamar hotel itu pasti bervariasi kan? Harga kamar hotel paling murah adalah mulai dari berapa ratus ribu rupiah sampai lebih dari jutaan rupiah untuk kamar yang cukup mewah. Namun, apakah betul perbedaan sebesar itu layak? Mari kita pelajari perbedaan antar tipe kamar meskipun kamar tersebut mungkin ada di sebuah hotel yang sama.

Standard, Deluxe, Suite…. Kamar Hotel yang Bervariasi, Bagaimana Cara Membedakannya?

Pengelompokan itu umum, bahkan di pasar mobil pun ada pengelompokan sederhana seperti mobil kecil, sedang dan besar. Dan akan menjadi kompleks saat pengelompokan baru seperti mobil compact atau bahkan lebih kecil lagi ditambahkan.

Hal itu juga sama dengan kamar hotel. Awalnya hanya standard, deluxe, suite, superior junior suite. Setiap tipe kamar ditambahkan kata double dan twin di belakangnya atau dengan kelompok deluxe, executive suite, dan lain-lain dibuat berbagai macam kombinasi nama lagi.

Tipe kamar paling standar di hotel adalah Standard room. Seperti arti kata standar, ini adalah tipe kamar paling standar di hotel. Bila tidak termasuk makan pagi, ini bahkan makin menyerupai mobil manual. Karena  harganya murah servis yang disediakan pun hanya yang paling standar.

Besarnya ruangan pun secara umum hanya sekitar 30m2. Dan kebanyakan adalah kamar-kamar yang terletak di lantai-lantai dasar dengan pemandangan yang biasa. Berikutnya adalah kamar deluxe. Seperti arti katar deluks, dibandingkan dengan kamar standar, kamar ini satu level lebih tinggi.

Baca juga 19 Hotel Paling Unik di Seluruh Dunia, Salah Satunya dari Bali

Cara Booking Hotel
Kamar Deluxe

Pertama-tama, perbedaan ukuran kamar. Dengan standar sekitar 40m2, kamar ini lebih luas dibandingkan kamar standar dan terletak di lokasi dengan pemandangan yang bagus. Dan berbagai macam fasilitas telah ditambahkan.

Tentu tidak semuanya lebih bagus dari kamar standar. Setiap hotel memiliki perbedaan dan ada juga hotel yang mengusung servis mewah dimana walaupun besar kamar hampir sama tetapi apakah makan pagi termasuk atau tidak, apakah fasilitas di kamar mandi diganti menjadi yang high level, apakah kapsul kopi disediakan secara gratis juga harus diperhatikan

Hotel berbintang 6 biasanya tidak memiliki standard room dan tipe kamar termurah yang tersedia dimulai dari deluxe room. Ini adalah bukti kepercayaan diri bahwa mereka memberikan servis yang berbeda dari hotel-hotel lainnya.

Selain kamar Standard, ada lagi nama yang juga menunjukan besarnya ruangan, yaitu, kamar Superior. Ruangan yang berukuran lebih luas dari kamar Standard itu disebut Superior, sedangkan kamar yang terletak di lantai lebih tinggi dengan pemandangan yang lebih bagus dari kamar Standard itu disebut Deluxe.

Pembagian seperti ini bisa dianggap sebagai tren di hotel-hotel jaman sekarang. Hal ini dikarenakan adanya tren dimana tipe kamar Standard hilang dan muncul istilah ‘Kamar Superior Deluxe’ di atas tipe kamar Superior.

Oleh karena itu, sekarang perbedaan tipe kamar Standard, Deluxe dan Superior sudah tidak terlalu jelas, akan tetapi perbedaan tipe kamar yang namanya membawa kata ‘Club’ atau ‘Executive’ dan tipe kamar Suite menjadi terlihat lebih jelas.

Mengenali Tentang Kamar Suite Hotel

Lalu, apakah kamar Suite itu? Mari kita lihat artinya di dalam kamus. Kamar suite adalah kamar yang ditujukan untuk kebersamaan sehingga di hotel – hotel, kamar tidur, ruang tamu dan duduk digabung menjadi satu, hanya kamar mandi saja yang terpisah.

Dengan kata lain, bila struktur kamar standard di mana kamar tidur dan kamar mandi seperti one-room, tipe kamar suite dilengkapi dengan ruang tamu dan ruang duduk. Oleh karena itu luasnya ruanganpun amatlah besar. Dengan ukuran paling kecil 50m2 dan paling besar bisa sekitar 300m2. Biasanya ruangan yang berukuran sampai dengan 50m2 disebut Junior Suite dan terdapat di banyak hotel berbintang 4.

Cara Booking Hotel
Kamar Suite

Harga kamar Suite termahal di Indonesia bisa berkisar ratusan juta, atau seharga dengan mobil kecil. Dengan harga rata-rata puluhan juta, kamar Suite harus dibersihkan setiap hari dan dijaga secara berkala walaupun tidak digunakan selama sepuluh bulan dalam setahun karena ini adalah kamar yang melambangkan hotel tersebut.

Mungkin oleh karena itu kata ‘Royal’ atau ‘Presidential’  sering juga dipakai untuk istilah kamar  Suite. Ini berarti tidak hanya dengan ukuran ruangan saja bisa disebut sebagai kamar Suite. Furniture dan segala barang yang berada digunakan pun merupakan barang-barang dengan kualitas terbaik. Bahkan lukisan yang digantung di dalamnya pun bisa saja karya dari pelukis terkenal.

Setiap hotel mengoperasikan kamar Suite dengan nama yang unik, seperti St.Regis New York menghias kamarnya dengan barang-barang bermerk Dior dan disebut Dior Suite, Bentley Suite yang dihias dengan barang dan interior material dari mobil mahal Bentley, dan Tiffany Suite yang didesign dengan warna dan produk dari Tiffany & Co.

Ada juga hotel yang menyediakan buttler service 24 jam seperti raja dan presiden dimana mereka mendapat pelayan pribadi atau bahkan layanan-layanan di luar imajinasi kita dengan tujuan membuat para pengunjung bermalam dengan nyaman.

Bila ‘Club’ Dan ‘Executive’ Ditambahkan Pada Tipe Kamar?

Ada kamar hotel yang tidak bisa digunakan oleh pengunjung biasa, hanya pelanggan VIP saja yang bisa menggunakannya yaitu Club Lounge dan Executive Lounge. Pertama, bila menggunakan kamar yang bernama Club atau Executive sudah pasti memiliki(/diberikan) kualifikasi untuk menggunakan lounge ini. Di lounge ini pasti akan mendapatkan pelayanan khusus untuk VIP seperti proses check in dan check out bisa dilakukan dengan mudah dan bisa menikmati makan pagi tanpa perlu ke tempat ramai.

Cara Booking Hotel
Twin Room Hotel

Kamar-kamar club dan executive biasanya terletak di satu lantai tersendiri dan harus menggunakan kartu akses kamar untuk bisa ke naik ke lantai nya sehingga pengunjung biasa tidak bisa menuju kamar tersebut. Pemandangan dari kamar pun amat bagus dan fasilitas yang disediakan pun merupakan barang-barang berkualitas terbaik sesuai dengan harga kamarnya yang mahal.

Terkadang ada juga waktu dimana harga kamar biasa dan kamar club atau executive tidak berbeda jauh, dan di saat seperti itulah baik memilih pilihan terakhir. Bila menggunakan lounge, akan ada waktu minum teh di sore hari dan alkohol di malam hari secara gratis. Makan pagi pun memang sudah pasti termasuk dalam layanan yang diberikan.

Perbedaan Twin Dan Double, Perbedaan ‘Orang Asing’ Atau ‘Teman Dekat’

Dan satu hal lagi yang sering membuat pelanggan bingung yaitu, twin dan double. Istilah ini untuk menjelaskan kasur yang tersedia di dalam kamar. Twin adalah kembar yang berarti tersedia dua buah kasur di dalam kamar. Kamar twin biasanya digunakan untuk perjalanan bisnis yang berbudget rendah, atau juga liburan dengan teman-teman sesama jenis atau saat bersama dengan ‘orang asing’.

Cara Booking Hotel
Double Room

Kebalikannya, Double berarti kasur berukuran dua kali lipat. Ukuran yang biasa digunakan adalah Queen. Terkadangpun ada juga istilah Double Queen dan Double King yang berarti kasur berukuran Queen atau King. Bila ingin selalu bersama dengan ‘teman dekat’ sudah pasti disarankan untuk memilih ukuran King.

Seperti saat pertama ditemukan, cara membedakan Twin dan Double itu saat mudah tetapi muncullah istilah kamar ‘Family’. Kamar Family pada dasarnya twin tetapi bukan kamar twin dengan dua kasur single  melainkan satu kasur double + satu kasur single yang diperuntukan 3 orang lebih. Sehingga saat satu keluarga berlibur bisa memilih kamar family ini.

Tags : Booking HotelHotelTips

Leave a Response